Menikmati Sejuknya Curug Jeglong, Kendal

0
398
Curug jeglong yang asri.

Pada tulisan kali ini, saya akan mencoba mendeskripsikan tentang wisata alam yang sangat potensial untuk dikunjungi dan juga untuk dikembangkan menjadi salah satu opsi tempat berlibur untuk anda yang sedang membutuhkan ketenangan dan kenyamanan. Terlebih bagi kalian yang suka berfoto ria atau sekadar ingin menikmati keindahan alam Indonesia tercinta. Tempat tersebut terletak di salah satu kabupaten yang berada di Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Kendal.

Barangkali ada yang sedang berkunjung atau menetap di Kendal, maka tidak ada salahnya jika mencoba untuk mengunjungi salah satu tempat yang akan saya deskripsikan melalui tulisan ini, yaitu sebuah tempat wisata alam yang memang belum terlalu dikenal oleh khalayak masyarakat Indonesia, namun sangat cocok untuk dikunjungi sebagai tempat wisata. Tempat tersebut bernama Curug Jeglong. Wisata alam ini terletak di Kabupaten Kendal, Kecamatan Plantungan, dan berada di Desa Bendosari, Dusun Jeplak. Uniknya, walau Curug Jeglong berada di Desa Bendosari, namun letak Curug Jeglong sendiri lebih dekat dengan desa tetangga, yaitu Desa Jati. Sehingga jika anda dari arah kecamatan Plantungan, maka anda akan melewati desa Jati terlebih dahulu, lalu beberapa meter kemudian anda akan menemukan Curug Jeglong. Selain itu, Curug Jeglong juga terletak pada perbatasan Kendal dan Batang yang hanya dibatasi oleh sungai dan jembatan yang melintang.

Akses masuk menuju loket pembayaran terbilang mudah, anda dapat menggunakan kendaraan roda dua dan bisa masuk langsung ke tempat parkir curug tersebut. Sebelum memasuki tempat parkir anda harus membayar biaya masuk curug, lalu setelah itu anda akan diarahkan menuju tempat parkir yang terbilang luas. Dari tempat parkir, anda dapat menemukan toilet, mushola, serta warung yang menyediakan berbagai jajanan. Jadi jangan khawatir jika kalian lupa membawa bekal dari rumah.

Setelah itu, dari tempat parkir anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat sejuk, yaitu pohon pinus yang berjajar. Dari situ, anda dapat bersantai menikmati indahnya alam, karena terdapat banyak kursi yang siap diduduki. Selain itu, jika anda mempunyai hammock anda dapat memasangnya di situ, atau terkadang pengurus curug memasangkan hammock juga untuk para pengunjung bersantai ria. Selain itu, anda masih dipuaskan oleh tempat berfoto ataupun swafoto yang dapat memanjakan galeri foto anda. Tentu ini menjadi surga bagi para fotografer. Ada spot foto ornamen berbentuk lambang cinta, ada jembatan yang menyajikan beribu pemandangan, juga ada spot foto kayu yang berbentuk lambang cinta menempel di pohon yang siap dijadikan spot foto.

Dari atas, anda telah disuguhkan dengan pemandangan-pemandangan alam yang luar biasa tentunya. Tapi, belum sampai di situ saja keindahan yang ada di Curug Jeglong. Jika anda ingin menikmati sejuknya air terjun, maka anda harus melakukan tracking ke bawah dengan track yang terbilang lumayan enak dan tidak terlalu berat. Terlebih, sepanjang jalur tersebut anda selalu disuguhkan oleh hijaunya hutan yang ada di sekeliling area tersebut. Kurang lebih sekitar 15 menit, anda akan sampai pada Curug Jonggrang, yaitu curug pertama yang akan anda temui jika anda melakukan tracking ke bawah. Curug tersebut terbilang kecil dan kedalamannya sekitar 7 m.

Curug jeglong yang asri dan sejuk.

Setelah puas dengan Curug Jonggrang tersebut, anda masih bisa dapat menyaksikan curug yang berada di bawah serta sungai yang menjadi perbatasan Kendal dan Batang. Dari Curug Jonggrang, anda melakukan tracking lagi ke bawah, melewati jembatan, dan setelah itu anda akan melihat curug dengan tinggi yang lumayan membuat anda tercengang! Dihiasi tebing-tebing yang sangat tinggi sehingga sangat berbahaya jika berdiri di atas situ. Namun, keindahannya tentu tak boleh dilewatkan begitu saja.

Mata anda tentu sudah sangat puas dengan semua pemandangan yang telah disajikan. Namun, belum lengkap rasanya jika mengunjungi wisata alam Jeglong, namun belum sampai di bawahnya, yaitu tempat sungai yang mengalir dan juga sebagai pembatas antara Kendal dan Batang. Hanya dengan sedikit melakukan tracking dari curug tersebut, maka anda akan melihat dan merasakan bagaimana sejuk dan derasnya aliran sungai tersebut. Di situ, ada jembatan yang melintang yang dapat dijadikan jalan untuk menuju ke daerah sebrang, atau bisa disebut daerah Batang. Di sungai itu sendiri biasa dilakukan kegiatan alam seperti tubbing.

Pemandangan-pemandangan di sekitar Curug Jeglong memang sangat mengagumkan tentunya. Wisata alam ini menjadi tempat rekomendasi yang tepat bagi seluruh wisatawan untuk menikmati hari libur. Tempat wisata ini juga masih dalam proses perkembangan untuk menjadi lebih baik tentunya. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika kita membantu proses tersebut dengan mendatanginya dan menjaga kelestarian alamnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.