Menikmati Puncak Rinjani dari Bukit Pergasingan Sembalun

0
879
Pemandangan sawah masyarakat Desa Sembalun.

Selain terkenal dengan pantai dan gilinya, Lombok juga terkenal dengan gunung dan bukitnya. Salah satu gunung tertinggi kedua di Indonesia, adalah Gunung Rinjani dengan ketinggian 3726 mdpl, ada beberapa bukit yang dapat didaki melalui desa Sembalun Lombok Timur. Rinjani merupakan salah satu ikon wisata Lombok yang memang saat ini sedang ditutup akibat gempa bumi yang mengguncang Lombok pada bulan Agustus tahun lalu. Jalur pendakian Gunung Rinjani rusak akibat guncangan gempa bumi yang bertubi-tubi menggoyang Lombok.

Gunung Rinjani menjadi salah satu taman nasional Indonesia yang paling diminati oleh para wisatawan asing maupun lokal. Rinjani sangan cocok apabila dipandang dari sudut manapun akan tetap terlihat cantik dan menawan, hal tersebut menjadikan Gunung Rinjani menjadi salah satu gunung tercantik di Indonesia. Salah satu tempat untuk menikmati puncak Rinjani selama mengalami penutupan paska gempa, para travellers bisa mendaki Bukit Pergasingan Sembalun.

Bagi yang suka ketinggian dan petualangan seperti melakukan camping, saya merekomendasikan Bukit Pergasingan Sembalun untuk menikmati keindahan Rinjani dari sebelah timur. Desa Sembalun yang terletak di Lembah Sembalun memiliki beberapa ikon wisata selain Gunung Rinjani. Ada air terjun, desa wisata adat, dan ada pula taman strawberry yang terletak di Desa Sembalun Lombok Timur.

Perjalanan menuju Desa Sembalun dapat ditempuh selama 3-4 jam perjalanan dari kota Mataram dan Kota Praya, Lombok Tengah. Jika para travellers menggunakan sepeda motor dapat menempuh jarak waktu 4-3 jam saja, namun jika para travellers menggunakan kendaraan roda empat dapat menempuh dalam waktu 4-5 jam.

Pemandangan Sawah Masyarakat Sembalun.

Di samping itu, Sembalun dulunya terkenal dengan hasil pertanian seperti rempah-rempah, bawang putih, cabai, bawang merah, dan tomat. Selain itu, ada juga sayur-sayuran seperti palawija, sayur kol, wortel, dan pakis. Namun, selain pertanian, Sembalun menjadi daya tarik berwisata karena memiliki beberapa bukit. Ada bukit Pergasingan, Bukit Anak Dara, Bukit Selong, dan Bukit Nanggi dan Savana.

Bukit Pergasingan terletak di Desa Sembalun, Dusun Sembalun Bumbung, dengan ketinggian 1800 mdpl. Bukit Pergasingan biasanya ramai dikunjungi pada hari Sabtu untuk bermalam minggu. Bukit Pergasingan pas untuk bermalam saja. Biaya retribusi memasuki wisata Bukit Pergasingan Sembalun adalah sebesar Rp. 10.000 per orangnya. Biaya parkir dan biaya tiket masuk seharga Rp. 10.000 untuk sepeda motor, dan Rp. 20.000 untuk kendaraan roda empat. Jadi, jika para travelers ingin mendaki bukit Pergasingan Sembalun hanya meraup gocek Rp. 20.000-Rp. 30.000 saja untuk per malamnya.

Pemandangan di atas bukit Sembalun sangat menawan. Para travellers dapat menikmati pemandangan Desa Sembalun, sawah para petani di sembalun yang nampak berwarna-warni dengan bermacam tanamannya. Pemandangan persawahan yang ada di Desa Sembalun membuat mata enggan terpejam saat berada di atas Bukit Pergasingan. Selain itu, para travellers dapat menikmati keindahan Puncak Gunung Rinjani yang tinggi menjulam. Rinjani adalah gunung dambaan para pendaki.

Nampak jelas puncak Rinjani dari atas Bukit Pergasingan.

Bukit Pergasingan memiliki trek yang tidak terlalu terjal, dengan berjalan membawa carrier dari shelter selama 4-5 jam saja, para travellers sudah sampai pada area camping di atas Bukit Pergasingan. Jika kebetulan membawa kamera, para pengunjung dapat memotret pemandangan milky way pada malam hari, di sanalah posisi paling strategis. Berada di atas puncak bukit Sembalun kita dapat melihat rasi bintang Crux di sebelah utara.

Selain itu, di atas Bukit Pergasingan Sembalun, para travellers dapat menikmati semilir angin malam yang sepoi-sepoi. Sebelum mendaki Bukit Pergasingan Sembalun, Lombok Timur, saya sarankan untuk membeli peerlengkapan seperti snack, kopi, dan makanan ringan lainnya. Perlengkapan lainnya yang perlu disiapkan adalah daypack atau carrier, tenda dan kompor gasĀ portable untuk alat memasak, serta tentunya jaket serta selimut berhubung di atas bukit pergasingan suhu terendah sampai 18oC.

Pada waktu pagi, para travellers bisa menikmati sunrise. Saat pagi, jangan lewatkan untuk berswafoto bersama teman-teman dengan latar puncak Rinjani. Saya sarankan bagi yang ingin mendaki bukit ini untuk melakukan pemanasan sebelumnya, sebab mendaki bukit dengan ketinggian di atas 1000 mdpl, tentunya sangat menguras tenaga.

Ayo, mendaki Bukit Pergasingan Sembalun!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.