Menikmati Pesona Gunung Bromo

0
235
Pemandangan gunung batok di lokasi pemandangan sunrise, bormo tengger.

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Pulau Jawa yang menyuguhkan keindahan bentang alamnya seperti pegunungan. Terdapat berbagai macam wisata alam di Jawa Timur seperti Gunung Rinjani, Gunung Kelud, Pegunungan di Batu Malang dan yang tak kalah terkenalnya adalah Gunung Bromo. Gunung Bromo terletak di 4 daerah kabupatan yakni Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Malang. Destinasi ini merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi ketika teman-teman berkunjung ke Jawa Timur khususnya ke daerah Malang.

Nama Gunung Bromo diambil dari bahasa Sanskerta yakni Brahmana yang artinya Dewa. Suku Tengger menyebutnya dengan Brama. Gunung ini merupakan gunung berapi yang masih aktif, sehingga terdapat kawah belerang di tengahnya. Pemandangan pegunungan yang berbeda dari gunung biasanya. Terdapat hamparan pasir yang luas, rerumputan yang luas seperti dibukit Teletubbies, kawah bromo, dan pemandangan sunrise yang luar biasa indahnya menjadikan Bromo dikenal bukan sekedar bagi wisatawan lokal, melainkan bagi wisatawan asing atau mancanegara.

Gerbang Selamat Datang di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Keindahan sunrise di sekitar kawasan Bromo merupakan keindahan yang luar biasa. Menunggu sunrise diselimuti hawa dingin menjadi kenangan yang tak terlupakan. Sedikit demi sedikit, semburat cahaya muncul dari balik deretan pegunungan di kawasan Bromo. Untuk menikmati sunrise kita harus tiba di Bromo setidaknya pukul 03.00 dini hari. Setibanya di kawasan parkiran atau terminal, akan ada penyewaan jip yang bisa digunakan untuk berjalan-jalan ke sunrise, kawasan Bromo, bukit Teletubbies dan lain sebagainya.  Tenang saja, ada pak sopir jip yang akan mengantarkan kita dan bisa juga menjadi tour guide kita. Penyewaan jip ini berbeda-beda mulai dari Rp500.000 untuk satu jip. Kita bisa menggunakan jip untuk 4-6 orang.

Setelah puas menikmati pagi dan sunrise di Gunung Bromo, maka kita melanjutkan perjalanan ke gunung inti seperti Gunung Batok dan Gunung Bromo. Perjalanan menggunakan jip terasa banget sensasinya karena medan yang naik turun dan berpasir. Akan lebih seru jika sopir jipnya ngebut. Sesampainya di parkiran jip kita harus menaiki tangga di Gunung Bromo untuk melihat kawah dari jarak dekat. Jika kondisi aman kita bisa melihat kawah, hati-hati jika akan hujan karena belerang bisa naik dan baunya menyengat juga buat sesak nafas. Jangan lupa membawa masker jika ingin mellihat kawah. Jika kalian malas naik tangga, kita bisa menyewa kuda untuk menaiki gunung.

Barisan Jip yang mengantar ke Gunung Bromo berada di Bukit Telletubies.

Pemandangan di Gunung Bromo memang benar-benar indah. Kita bisa menikmati bukit Teletubbies di mana perbukitan diselimuti oleh rerumputan yang luas. Tempat ini sangat fotogenik sekali. Kawasan bukit Teletubbies tidak jauh dari gunung inti. Tapi tetap saja, untuk menuju ke sana kita harus menggunakan jip.

Ada yang perlu diingat ketika berkunjung ke Bromo yakni biaya toilet yang mahal dan jarang ditemukan. Jadi, sebisa mungkin untuk mengontrol hasrat ingin ke toilet ya… sekali ke toilet Rp5.000 karena suhu di sana sangat dingin jadi ingin bolak-balik ke toilet. Jadi untuk meminimalisir hal tersebut kontrol pola minum dan jangan minum manis terlalu banyak.

Di kawasan Gunung Bromo, terdapat beberapa warung yang menjual jajanan, jadi jangan takut kelaparan. Jajanan yang disuguhkan berupa bakso, mie goreng atau rebus, mie cup, nasi pecel, kopi, jahe hangat, dan lain sebagainya. Harga jajanan di sana masih tergolong wajar sebagai tempat wisata. Aku sendiri ketika berkunjung ke sana membawa termos kecil tempat air panas. Lebih menghemat pengeluaran daripada harus membeli air panas di sana.

Kawah Gunung Bromo.

Perjalanan menjelajahi Gunung Bromo membutuhkan waktu hampir seharian. Mulai dari menikmati sunrise pukul 03.00 dini hari, kemudian mengelilingi semua kawasan di Bromo hingga menjelang sore hari. Setelah puas menikmati keindahan kawasan Bromo Tengger Semeru, kita kembali ke parkiran menggunakan jip yang sama lagi. Karena banyak sekali jip disana, jadi kita perlu mengingat plat nomor, warna jip dan nama sopirnya. Jangan lupa meminta nomor telepon bapak sopirnya.

Jangan lupa membeli oleh-oleh dari Bromo berupa bunga abadi atau bunga edelweiss. Harganya sangat murah, mulai dari Rp10.000. Ukuran dan warna dari bunga edelweiss juga beragam. Tenang saja, bunga edelweiss ini sudah dibudidayakan oleh warga sekitar jadi kita tidak melanggar aturan perlindungan edelweiss karena edelweiss yang tidak boleh dicabut adalah edelweiss asli yang ada di puncak gunung. Oleh-oleh lain kita bisa membelinya dikawasan oleh-oleh Batu Malang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.