Menikmati Pesona Danau Toba dari Dataran Tinggi Sipinsur

0
1610
Sunrise di Danau Toba.

Keindahan alam Danau Toba memang tidak bisa dipungkiri lagi. Danau Toba yang merupakan danau kaldera terbesar di dunia, terletak di provinsi Sumatera Utara yang dulunya merupakan hasil letusan supervolcano yang mengakibatkan 2/3 bumi menjadi gelap, sudah berubah menjadi penampakan alam yang sangat indah. Memang sudah sepantasnya Danau Toba menjadi salah satu program prioritas Kementrian Pariwisata Indonesia, bukan hanya alamnya saja yang mempesona, namun terdapat banyak kearifan lokal yang dapat ditemukan di sekitar wilayah Danau Toba. Selain Geopark Kaldera Toba, terdapat 16 Geosite lain yang tidak kalah menarik pada wilayah ini.

Sebagai contoh, kali ini saya akan menikmati pesona Danau Toba dari dataran tinggi Sipinsur yang merupakan salah satu dari 16 Geosite tadi. Wisata Sipinsur berlokasi di kabupaten Humbang Hasundutan (HUMBAHAS). Pertama kali menginjakkan kaki di pintu masuk Sipinsur saja, saya sudah disambut oleh udara dingin nan sejuk, pohon-pohon pinus, dan juga deretan rumah. Berjalan ke dalam menyusuri pohon-pohon pinus, saya bisa melihat pemandangan panorama Danau Toba yang luar biasa indah.

Saya bisa melihat langsung dari dataran tinggi Sipinsur bentuk fisik Danau Toba yang luas dengan air berwarna biru di kelilingi perbukitan hijau. Bukan hanya itu, dari sini juta terlihat pulau Sibandang yang merupakan pulau di tengah Danau Toba, dari kejauhan, nampak juga Pulau Samosir yang terlihat memanjang. Walaupun langsung berhadapan dengan jurang, tak perlu takut, karena ada pagar pembatas yang dibuat untuk keamanan para pengunjung, dan pastinya pemandangan Danau Toba yang sangat indah.

Bersantai di Area Perkemahan Sipinsur.

Selain bisa puas menikmati pemandangan alam Danau Toba, wisata Sipinsur merupakan tempat yang cocok untuk mengadakan kegiatan camping. Nah, kebetulan sekali saya juga berencana untuk berkemah pada kunjungan kali ini, dengan posisi tenda yang dikelilingi oleh pohon pinus, sangat menarik sekali sebagai spot foto. Bukan hanya itu, terdapat juga beberapa hammock yang diikatkan pada pohon pinus.

Sensasi bersantai di antara pohon pinus sambil menikmati udara segar memang sungguhlah nikmat. Pada wisata Sipinsur juga sudah mempunyai fasilitas yang memadai seperti kamar mandi, mushola, tempat sampah, dan terdapat satu bangunan terbuka yang biasanya digunakan sebagai tempat pertunjukan musik tradisional batak.

Memakai Kain Ulos, Tradisional Batak.

Kalau kalian beruntung, kalian juga bisa ikut menikmati musik tradisional batak, karena biasanya pertunjukan musiknya hanya ada ketika weekend, weekday, dan jika ada acara di Sipinsur sendiri. Beruntungnya, saya bisa ikut menikmati pertunjukan musik batak dan juga bisa memakai ulos yang merupakan pakaian tradisional orang batak.

Selain itu, di kawasan ini juga terdapat sebuah harta karun untuk para pecinta kopi, selain sebagai destinasi wisata, Sipinsur juga merupakan penghasil Kopi Lintong. Bagi kamu pencinta kopi sudah bukan hal asing lagi mendengar nama Kopi Lintong, yang terkenal dengan kenikmatan rasa maupun aromanya. Untuk melihat langsung bentuk fisik pohon dan buah Kopi Lintong, kalian hanya perlu berjalan selama 5 menit dari area wisata Sipinsur dan melihat tanaman kopi milik masyarakat Humbang Hasundutan.

Kopi Lintong dari Humbahas.

Walaupun Sipinsur berada di atas bukit, kamu tidak perlu naik-turun bukit untuk jalan menuju lokasinya, karena sekarang aksesibilitas kesana sudah mulus. Untuk transportasi menuju wisata Sipinsur disarankan untuk memakai kendaraan pribadi, baik menggunakan sepeda motor maupun mobil. Untuk transportasi umum memang ada, namun kita harus nyambung lagi dengan menyewa kendaraan untuk sampai ke wisata Sipinsur. Waktu tempuh untuk menuju Wisata Sipinsur menghabiskan sekitar 6 jam, jika kamu berangkat dari kota Medan. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena aksesibilitas ke sana benar-benar udah mulus.

Ayo sukseskan Danau Toba sebagai Geopark warisan dunia dengan tidak membuang sampah sembarangan!

Jadi, tunggu apalagi ayok visit Sipinsur!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.