Menikmati Pesona Alam Bersama Keluarga di Pantai Tikus Emas Bangka

0
230
Pantai Tikus Emas.

Pantai Tikus Emas terletak sekitar 38 kilometer dari Bandara Depati Amir melalui jalur lintas timur atau sekitar 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Lokasinya tergolong mudah untuk ditemukan, kita juga dapat menggunakan bantuan Google Maps untuk menemukan rute tercepat untuk ke sana. Saya pergi dengan teman kantor saya yang kebetulan orang asli Bangka dengan menggunakan mobil pribadi.

Sebenarnya, waktu pertama kali mendengar nama Pantai Tikus Emas, terus terang saya agak geli. Dari sekian banyak nama yang ada mengapa mengambil nama Tikus untuk nama sebuah tempat wisata seperti pantai. Eits, tapi jangan salah sangka dulu, meskipun namanya menggelitik ternyata pantai ini sangat indah banget loh. Tak heran pantai ini pernah menjadi salah satu destinasi acara My Trip My Adventure edisi Bangka.

Patung Tikus Emas.

Sesampainya di lokasi, tidak jauh dari jalan masuk menuju pantai, sobat traveler akan disambut dengan patung tikus berwarna emas yang manis. Ternyata asal usul nama tikus tersebut dikarenakan dahulunya di pantai ini banyak dihuni oleh hewan pengerat tersebut. Wah, geli-geli juga mendengarnya. Syukurlah menurut warga itu cerita dahulu sebelum pantai ini dikelola oleh penduduk setempat.

Berbeda sekali dengan namanya yang identik dengan hewan pengerat, pantai ini sangatlah indah. Pantai ini memiliki hamparan pasir halus dengan airnya yang berwarna biru jernih, nampak dari kejauhan. Di bawah sinar terik matahari hamparan pasir putih dan laut birunya terlihat sangalah indah. Kebetulan waktu pertama kali saya pergi ke sana tidak terlalu banyak orang yang datang karena memang bukan hari libur. Serasa seperti milik pantai pribadi. Begitu tenang, biru dan bersih. Tidak banyak sampah yang berserakan. Pihak pengelola pantai menyediakan beberapa tong sampah besar di beberapa spot dan peringatan membuang sampah sembarang, hal itu juga yang membuat pantai ini bersih dan nyaman.

Hamparan Pasir Putih Pantai Tikus Emas.

Bukankah sangat tidak nyaman jika alam yang indah ini tercemari oleh perbuatan-perbuatan manusia yang tidak bertanggung-jawab. Sekarang ini sampah plastik banyak mencemari lautan kita yang dapat mengganggu ekosistem alam. Jadi, sobat traveler usahakan di mana pun kita berada agar tidak membuang sampah sembarangan ya! Buanglah mantan pada tempatnya.. eh sampah.

Oh ya sobat traveler, selain pantainya yang masih alami dan indah, di sekitar pantai banyak ditumbuhi pepohonan pinus yang menjulang tinggi loh. Sehingga, pengunjung pantai dapat berteduh dari teriknya matahari di bawah jajaran pohon pinus tersebut. Kita juga bisa memasang hammock untuk bersantai diantara pepohonan menikmati angin pantai.

Pantai Tikus Emas ini, selain dengan alamnya yang sudah bagus dan terawat dengan baik, pihak pengelolapun juga menyediakan banyak fasilitas lainnya seperti voli pantai, rumah makan, Flying Fox, All Terrain Vehicle (ATV), Jet SkiBanana Boat, lengkap dengan persewaan tenda dan alat pemanggang. Tak heran kalau tempat ini menjadi salah satu pantai terfavorit untuk berlibur dengan keluarga atau teman.

Permainan Jet Ski.

Jika sobat traveler lapar atau kehausan dan ingin menikmati es kelapa di siang hari. Tak jauh dari bibir pantai, masih di dalam area Pantai Tikus Emas terdapat sebuah warung yang menyediakan makanan dan minuman. Bagi yang suka jajanan ringan, tenang saja di sana pun juga sudah tersedia. Jadi sobat traveler tidak perlu kelaparan seusai bermain di pantai.

Karena keasrian pantainya yang masih alami dan jauh dari hiruk pikuk kota. Pantaslah jika Pantai Tikus Emas ini, mendapat predikat sebagai salah satu pantai primadona yang ada di Bangka yang wajib dikunjungi jika sobat traveler sedang bepergian di Kota Bangka. Selain Pantai juga banyak wisata lainnya yang tak jauh dari sini. Seperti Vihara Dewi Kwan Im yang terkenal dengan air suci yang konon dapat membuat awet muda. Tidak percaya? Kalian bisa buktikan sendiri. Yuk main ke Pulau Bangka!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.