Menikmati Pertunjukan Tari di Pura Saraswati Ubud

0
1571
Pura Saraswati.

Sudah berapa kali kalian mengunjungi Bali? Mungkin ada yang belum, ada pula yang sudah tak terhitung berapa kali berkunjung ke Bali, bukan? Nah, kalau sedang berlibur ke Bali, kira-kira hal apa yang tidak boleh terlewatkan? Menurut saya, jangan sampai kalian melewatkan pertunjukkan tari Bali yang digelar di berbagai tempat. Biasanya tarian ini dipertunjukkan di beberapa pura desa dengan jadwal yang berbeda-beda setiap harinya. Sehingga setiap pura akan menampilkan tarian yang berbeda dalam waktu yang bersamaan.

Seperti di Ubud misalnya, salah satu pertunjukan tari digelar di Pura Saraswati atau yang biasa juga dikenal dengan sebutan Pura Kolam Teratai, karena banyaknya teratai di kolam depan pura tersebut. Terlebih saat musim penghujan, teratai akan tumbuh subur menjulang tinggi.

Lokasi pura ini tidak sulit ditemukan, karena berada di pusat keramaian Ubu, tak jauh dari pasar seni Ubud. Pura ini buka pada pukul 07:00 – 17:00, untuk melihat tarian yang digelar di sini pengunjung bisa membeli tiket di gerbang masuk pura. Tak perlu khawatir dengan harga tiketnya yang mahal, karena harga untuk pertunjukkan tarinya cukup terjangkau, yaitu sebesar Rp. 80.000 saja. Cukup murah untuk pertunjukkan tari selama kurang lebih satu jam.

Pemandangan Saat Senja di Pura Saraswati.

Di depan Pura Saraswati terdapat pula kafe yang bernama Café Lotus. Dari kafe ini anda bisa melihat pertunjukan tari yang digelar di pura secara langsung, karena letak kafe menghadap persis ke area pertunjukkan tari. Namun, pengunjung kafe harus memesan makanan atau minuman seharga minimal Rp. 200.000.

Pertunjukan tari dimulai pukul 19:30, dan selambat-lambatnya 30 menit sebelum pertunjukan, pengunjung diharapkan sudah datang. Jika terlambat, maka jangan harap bisa menemukan tempat duduk dengan posisi yang pas melihat pertunjukannya. Pernah suatu ketika menonton pertunjukan tari di Istana Ubud dan datang tepat pukul 19:30, yang terjadi adalah kami kebingungan mencari tempat duduk bahkan untuk berdiri saja masih terhalang pengunjung internasional yang rata-rata cukup tinggi.

Tak ada salahnya juga untuk datang saat matahari terbenam, terutama di Pura Saraswati. Momen matahari tenggelam di sana cukup cantik untuk diabadikan sembari menanti pertunjukkan dimulai. Membawa minuman maupun makanan ringan ke dalam lokasi pertunjukkan diperbolehkan, tapi jangan lupa untuk membuang sampah setelah pertunjukkan selesai.

Salah Satu Aksi dari Penari.

Pertunjukkan biasanya dimulai dari masuknya satu grup orang yang memainkan musik. Grup tersebut menyapa penonton terlebih dahulu kemudian memainkan musik selama setidaknya 10-15 menit. Alunan musik khas Bali mulai berdendang kemudian satu per satu penari mulai masuk. Oh iya, tak perlu bingung dengan alur cerita pertunjukkan tarinya karena di tiket yang kita beli merupakan brosur yang menceritakan singkat tentang cerita tarian yang ditunjukkan. Jadi jangan lupa untuk membaca brosurnya ya.

Biasanya dalam pertunjukkan tari terdapat beberapa lakon yang muncul satu persatu terlebih dahulu, ini adalah bentuk untuk mengenalkan diri kepada penonton. Kemudian setelah semua lakon muncul satu persatu, mereka akan muncul bersamaan dengan lakon lainnya untuk menampilkan cerita yang dibawa. Banyak dari cerita tarian tersebut diambil dari Ramayana, Mahabarata. Jadi bagi kalian yang pernah menonton seri Mahabarata yang ada di televisi, menonton pertunjukkan tari ini akan menjadi lebih seru. Bahkan untuk beberapa pertunjukkan ada yang mengajak pengunjung untuk menari bersama di panggung. Beberapa pengunjung terlihat kaku, namun beberapa yang lain sangat menikmati gerakan menarinya.

Setelah pertunjukkan usai pun pengunjung diperbolehkan berfoto bersama para penari. Pengunjung diberikan kesempatan selama sekitar 10 menit untuk berfoto dengan para penari. Kesempatan ini tentunya tidak disia-siakan pengunjung. Bagaimana? Seru bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.