Menikmati Pemandangan Bendungan Jatigede di Puncak Damar

0
1525
Pemandangan dari Puncak Damar.

Halo sobat traveler semua, setelah pada artikel sebelumnya saya membahas destinasi wisata tentang Kampung Buricak Burinong yang berada di Cisema, Desa Paku Alam. Sekarang saya akan membahas salah satu destinasi wisata yang terbilang cukup menarik tentunya bagi travelers yang menyukai pemandangan keindahan alam. Keindahan alam yang dimaksud adalah Bendungan Jatigede Kabupaten Sumedang, Jika di Kampung Buricak Burinong kita dapat menikmati pemandangan bendungan dan langsung menyentuh air Bendungan Jatigede, bahkan sampai kita bisa menaiki perahu yang ada di Kampung Buricak Burinong, maka di destinasi wisata ini menawarkan sesuatu hal yang berbeda. Tempat yang saya maksud adalah Puncak Damar.

Puncak Damar merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di wilayah Bendungan Jatigede, Kabupaten Sumedang. Puncak Damar ini merupakan destinasi wisata yang berdekatan dengan destinasi wisata yang sudah saya bahas sebelumnya, yaitu destinasi wisata Kampung Buricak Burinong. Tapi tentunya di Puncak Damar ini menawarkan sesuatu yang berbeda. Sesuai namanya, Puncak Damar berada pada dataran yang lumayan tinggi sehingga di sana disediakan view deck untuk menikmati Bendungan Jatigede dari ketinggian.

Puncak Damar.

Tempat ini menjadi favorit bagi para travelers yang mencari suasana pemandangan Bendungan Jatigede dari view deck yang tentunya Instagramable. Akses untuk menuju lokasi pun tidak terlalu jauh, hanya sekitar 15 – 30 menit untuk sampai ke Puncak Damar dari alun-alun Situraja (bila anda ingin berkunjung dari arah sumedang kota). Memang tempat ini bisa diakses oleh kendaraan roda 2 maupun kendaraan roda 4 tapi tetap harus berhati-hati karena saat ketika anda sudah hampir sampai ke lokasi, jalan lumayan naik turun dan licin karena berpasir dan berdekatan dengan jalan proyek.

Pada Puncak Damar ini mata kita disuguhkan dengan pemandangan indah Bendungan Jatigede yang pada bagian sampingnya berderet pohon-pohon seperti halnya pohon tembakau yang berada di pinggir laut. Pada bagian atas view deck yang ada di Puncak Damar ini juga kita bisa melihat pulau-pulau kecil yang ada di tengah Bendungan Jatigede, jika anda penasaran ingin melihat lebih dekat pulau-pulau tersebut pun anda tidak perlu khawatir, karena Puncak Damar ini berdekatan dengan Kampung Buricak Burinong yang tentunya di sana anda bisa menaiki perahu untuk melihat lebih dekat pulau-pulau kecil yang terlihat di view deck Puncak Damar tadi.

Tempat Berkumpul Sambil Menikmati Pemandangan.

Pasti sebagian orang penasaran dari mana munculnya pulau-pulau yang terlihat itu. Sebenarnya karena ini merupakan bendungan yang sengaja dibuat, beda halnya dengan danau yang terbentuk dengan alami, jadi pulau-pulau tersebut bagi yang tahu proses sebelum Jatigede ini ada pasti tahu bahwa pulau-pulau tersebut terbentuk dari bukit-bukit yang ada di wilayah genangan Bendungan Jatigede tersebut. Ketika musim kemarau seperti sekarang ini memang biasanya volume air yang menggenang Bendungan Jatigede ini sedikit surut, oleh karena itu, pulau-pulau yang berada di tengah-tengah air genangan bendungan Jatigede pun terlihat jelas.

Lebih nikmat apabila sambil menikmati kopi dan mengobrol dengan teman sambil menikmati pemadangan bendungan Jatigede. Memang saat pertama ramai destinasi wisata Puncak Damar ini baru ada beberapa warung, tapi sekarang saya kembali ke tempat ini ada tempat yang cukup nyaman untuk dipakai nongkrong bersama teman-teman baik pagi hari maupun sore hari saat waktu liburan. Untuk tempat parkir pun tidak perlu khawatir, karena di lokasi ini memiliki tempat parkir yang luas bagi kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Bagi anda yang ingin pergi berkunjung ke Puncak Damar ini, untuk tetap bisa menjaga kebersihan dan mentaati setiap aturan yang ditetapkan pengelola.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.