Menikmati Pantai Dengan Cara Anti-Mainstream

0
848
Warga Lokal Menjemur Ikan Kecil.

Laut Indonesia memiliki luas daerah yang lebih besar dibandingkan dengan daratannya dengan perbandingan 3:2. Berarti dari Sabang sampai Merauke kita bisa menemukan sangat banyak wisata laut yang indah, pantai adalah salah satunya. Wisata pantai adalah salah satu wisata laut yang paling mudah untuk diakses dan dinikmati, semua umur dan kalangan pasti suka main di pantai. Itulah kenapa pantai selalu penuh oleh wisatawan ketika musim liburan.

Siapa bilang main ke pantai cuma hanya bisa bermain di pinggirannya saja? Padahal di pantai kita dapat melakukan banyak hal menarik. Kalian bosan wisata ke pantai dengan cara yang begitu-begitu saja? Berarti kalian harus mencoba eksplorasi pantai cara ini!

Menikmati Seafood Segar

Lelang Ikan di Tepi Pantai.

Makanan laut atau seafood adalah hal yang tidak bisa dilewatkan begitu saja ketika jalan- jalan ke pantai. Banyak pilihan tempat makan yang bisa kita pilih sesuai dengan selera, mulai dari restoran bintang lima sampai warung kaki lima. Tapi, menurut saya, ada cara makan seafood yang anti-mainstream.

Pada pagi hari, pesisir pantai pasti dipenuhi oleh perahu nelayan, di beberapa pantai, nelayan langsung melelang hasil laut di sisi pantai, jadi kita bisa membeli langsung hasil laut di pesisir pantai. Nah, kita bisa langsung membeli hasil laut yang baru didapat nelayan. Lalu, kita bisa mencari juru masak dan rumah makan sederhana di sisi pantai untuk memasak bahan yang sudah kita beli.

Di pantai Timur Pangandaran, saya pernah membeli cumi-cumi dan ikan yang sedang dilelang. Nelayan yang baru saja sampai di sisi pantai memberi harga yang murah, hanya Rp. 60.000, saya bisa membeli sekantong penuh seafood segar. Saya langsung mencari rumah makan sederhana untuk memasak makanan saya, dan rasanya nikmat sekali!

Ikut Kegiatan Nelayan

Nelayan di Pantai Bungso.

Sisi pantai ketika pagi hari biasanya dipenuhi nelayan. Nelayan-nelayan ini baru pulang melaut dari malam hari dan sedang merapihkan jala pada pagi hari. Kalau kamu bosan wisata yang begitu-begitu saja, kamu bisa ikut para nelayan untuk merapikan dan menarik jala. Ini adalah kegiatan yang sangat seru!

Suatu hari, saya sedang berjalan jalan di pesisir pantai daerah Cilacap, bernama Pantai Bungso. Saya sedang menikmati pagi hari, menikmati udara segar, dan angin laut pagi. Ketika sedang menikmati, saya melihat seorang bapak setengah baya menarik jala. Saya memperhatikan dan mengambil beberapa foto ketika bapak nelayan sedang menarik jala, lalu saya menghampiri dan berbincang. Sambil berbincang, saya ikut bantu menarik jala, lumayan berat dan keras.

Akhirnya, saya dan bapak bisa menarik jala. Bapak mendapat ikan-ikan kecil dan beberapa ikan ukuran besar. Wajah si bapak terlihat sumringah sekali karena mendapat ikan. Setelah itu, kami terus ngobrol sampai si bapak ke tempat pelelangan ikan untuk menjual hasil tangkapan. Memang, cerita perjalanan yang menarik adalah hal mahal.

Jalan Jalan ke Pasar Ikan

Udang dan Seafood di Sisi Pantai.

Umumnya, pantai pantai di pesisir selalu berdampingan dengan tempat lelang ikan atau pasar ikan. Biasanya jarak tidak terlalu jauh, karena nelayan nelayan biasa menjual hasil tangkapannya disana. Pagi hari sampai siang, pasar ikan selalu menarik untuk kita kujungi. Banyak pedagang ikan dan hasil laut yang lainnya. Lalu, kita juga bisa melihat kegiatan warga lokal yang sedang bekerja. Mulai dari menjemur ikan sampai berjualan. Ah! Pasar ikan selalu menarik untuk kita jelajahi dan amati.

Jadi itulah cara cara anti-mainstream yang bisa kita lakukan untuk menikmati pantai. Tertarik mencoba? Yuk, kita ke pantai!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.