Menikmati Masakan Madura di Warung Suramadu

0
188
Nasi Cumi.

Hidup di Surabaya pastinya tidak akan lepas dari pengaruh Madura. Jelas karena jarak antara Surabaya dan Madura yang berdekatan dan sekarang semakin dimudahkan dengan adanya akses kendaraan melalui jembatan Suramadu. Salah satu pengaruh paling kental adalah bidang kuliner. Sekarang, masakan Madura sudah hampir menyebar di seluruh bagian Surabaya, tidak hanya terbatas di daerah tertentu saja seperti dulu. Menurutku pribadi, penyebaran ini juga ditunjang oleh kemudahan memesan makanan melalui aplikasi online yang secara tidak langsung juga membuat penjual lebih berani membuka cabang yang lebih banyak.

Masakan Madura yang paling dikenal adalah Nasi Madura (nasi campur), Nasi Cumi, dan Nasi Bebek Goreng. Salah satu warung yang terkenal enak dan menyediakan ketiga menu andalan Madura tersebut adalah Warung Suramadu – Bu Ana. Pusat warung ini berada di Jalan Kalibutuh No.6. Namun, kali ini aku menikmati dari cabangnya yang berada di Surabaya Barat tepatnya di Citraland. Namanya saja warung tetapi fasilitasnya tidak sesederhana konsep warung. Warung ini buka mulai pagi jam setengah 7 dan tutup jam setengah 4 sore.

Tiap hari Warung Suramadu ini selalu diisi oleh antrian para supir ojol. Bahkan seringnya jumlah ojolnya mengalahkan jumlah orang yang makan di tempat. Apalagi di hari kerja. Harus banyak bersabar mengantri. Makanan dan menu yang disajikan bisa langsung dilihat di rombong display. Pemesanan juga langsung disampaikan di situ. Untuk Nasi Campur bisa dibeli dengan harga 21.000 rupiah, nasi cumi 24.000 rupiah, dan nasi bebek 22.000 rupiah. Menu selain ketiga itu juga tersedia. Harga yang ditawarkan di cabang Citraland ini lebih mahal ketimbang harga di warung yang pusatnya. Hal ini terjadi karena memang harga sewa tempat di Surabaya Barat lebih mahal. Taraf hidup juga di Surabaya Barat juga lebih tinggi. Jadi, tidak salah harga makanan juga mengikuti kondisi ini.

Rombong Display.

Aku memesan Nasi Madura dan Nasi Cumi untuk makan siang kali ini. Pelayanan di sini cepat sekali. Cocok buat orang kantoran yang hanya memiliki sedikit waktu beristirahat. Selesai memesan, penjual akan langsung mengambil piring plastik lalu melapisinya dengan daun pisang. Dilanjut mengambil nasi dan lauk sesuai pesanan. Untuk minuman bisa dipesan di dalam.

Nasi Madura atau nasi campur Warung Suramadu terdiri dari lauk udang goreng yang ukurannya lumayan besar bagiku, empal, babat, dan paru. Dilengkapi dengan mie goreng, taburan serundeng dan sambal pencit. Bagi yang tidak menyukai jeroan (babat dan paru) bisa minta diganti dengan lauk yang lain. Nasi Cumi terdiri dari lauk cumi hitam saja. Untuk pelengkapnya sama dengan nasi campur. Cumi yang disajikan kecil-kecil dan empuk. Pas untuk sekali suap dan empuk digigit. Supaya lebih pas untuk menjadi warga Indonesia, jangan lupa mengambil krupuk yang sudah disiapkan di wadah besar di atas meja.

Aneka Lauk Pauk.

Untuk porsi yang disajikan, cukup dan sesuai dengan harga yang ditawarkan. Aku pribadi paling suka dengan udang gorengnya. Bagi yang suka pedas, sambal pencitnya ini kurekomendasikan dicoba. Kecut, segar, pedasnya mantab dan pas untuk mengimbangi rasa lauknya yang dominan rasa asin.

Lokasi tempat makannya enak, tidak terpapar sinar matahari, serta sirkulasi udaranya baik. Anginnya di sini kencang. Jadi, kalian bisa menikmati makanan yang disajikan dengan sempurna. Tidak perlu bingung berkeringat karena kepanasan. Cukup berkeringat karena kepedesan saja. Kekurangannya hanya banyak lalat sewaktu aku makan dan tidak ada lilin sebagai penghalau. Jadi sewaktu makan, tangan sibuk bergerak mengusir lalat. Ke depannya alangkah baiknya disediakan lilin yang bisa membantu kenyamanan konsumen.

Itulah salah satu ceritaku menikmati kuliner Madura. Semoga artikel ini berguna dan bisa menginspirasi kalian khususnya warga Surabaya yang bingung dengan rutinitas masakan yang itu-itu saja. Selamat menikmati.

Salam Nikmat Kuliner Nusantara!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.