Menikmati Lezatnya Kuliner Khas Jambi di Rumah Makan Bu Salma

0
546
Masakan khas Jambi di RM Bu Salma.

Sama seperti daerah lainnya, Jambi juga memiliki kuliner nusantara khas nan lezat. Salah satunya adalah tempoyak ikan patin yang memiliki cita rasa asam, manis, dan pedas. Tempoyak itu sendiri merupakan bumbu dari daging durian yang difermentasikan. Jadi bau asam dari hasil pengendapan itu yang menjadi khas dari masakan ini. Tempoyak biasanya memang dimasak dengan aneka ikan sungai, namun yang paling enak disantap biasanya tempoyak ikan patin.

Selain tempoyak, ada juga pindang ikan. Masakan berkuah bening ini memiliki cita rasa yang gurih, kaya akan rempah. Sama seperti tempoyak, pindang enaknya dimasak dengan jenis ikan sungai, bisa ikan gabus, toman, dan patin. Jika memasaknya dengan cara yang benar, tidak akan menimbulkan bau amis. Justru kaldu ikan akan menambah nikmat pada kuah pindang.

RM Bu Salma.

Jangan heran jika kamu juga menemukan tempoyak dan pindang di beberapa daerah di pulau Sumatera, hal ini tentu karena nenek moyang kita yang merantau dan menyebarluaskan resep andalannya. Namun meski begitu tentu saja setiap daerah memiliki cita rasa khasnya masing-masing.

Salah satu tempat makan yang konsisten menyajikan kuliner khas Jambi adalah Rumah Makan (RM) Bu Salma. Pindang dan Tempoyaknya mampu membuat pelanggan datang lagi dan lagi. Padahal lokasinya tidak begitu terlihat dari pinggir jalan besar. Tempatnya juga cukup sederhana. Namun jangan heran yang datang ke sini banyak yang memakai mobil-mobil keren.

Uniknya lagi di sini disediakan teko dan wadah di setiap meja. Bagi yang baru pertama kali datang ke sini mungkin akan berpikiran bahwa teko tersebut adalah air minum. Ternyata bukan itu fungsinya, melainkan sebagai cuci tangan. Caranya tuangkan air teko dan cuci tangan kita, air bekas cucian tangan akan mengalir pada wadah yang disediakan. Tapi jika ingin cuci tangan langsung di bawah keran air juga disediakan.

Tempat duduk dengan kain batik jambi.

Ada dua jenis tempat duduk di sini, yaitu berbentuk lesehan atau kursi. Kebanyakan pengunjung lebih memilih yang lesehan, dengan alas duduk bermotifkan batik Jambi.

Untuk menunya juga beragam, tidak hanya tempoyak dan pindang. Ada gulai ayam, ayam goreng, brengkes, sayur asam, cah kangkung, sambal terasi, dan teri cabe ijo. Sedangkan minumannya ada air jeruk (hangat/dingin), es teh, es kelapa muda, dan kopi hitam khas Jambi.

Sewaktu saya kesana bersama keluarga kami memesan nasi putih dengan tempoyak, pindang, cah kangkung, sambal, dan teri cabe ijo. Dengan cuaca yang cukup panas, kami memesan minum es jeruk dan air kelapa muda. Tentu saja saya jadi nambah nasi lagi sangking enaknya.

Semua masakan yang saya pesan bumbunya sangat terasa. Rasanya juga tidak jauh berbeda dengan tempoyak yang biasa mama saya masak. Jadi, setelah makan di sini, saya merasa seperti makan di rumah. Apalagi konsepnya RM Bu Salma ini dengan dinding terbuka jadi meskipun siang hari cukup panas, angin sepoi-sepoi tetap terasa menyejukan.

Tempoyak ikan patin.

Untuk harganya, saya rasa masih terjangkau. Seporsi tempoyak dihargai Rp15.000 saja, sedangkan pindang Rp17.000. Ketika saya makan dan minum di sana untuk empat orang, ditambah kerupuk, total yang harus dibayarkan adalah Rp128.000 saja. Harga yang sesuai dengan kualitas rasa makanannya.

Sedikit kekurangan yang saya rasakan adalah pelayanannya tidak terlalu ramah. Memang tidak jutek, namun seharusnya bisa lebih ramah. Untuk waktu penyajian tidak terlalu lama, kok. Tambahan lagi, seandainya interiornya dibuat sedikit lebih modern mungkin akan lebih banyak mendatangkan pelanggan.

Meskipun begitu, saya tetap merekomendasikan RM Bu Salma sebagai tempat makan yang wajib dikunjungi jika kamu berkunjung ke kota Jambi. Alamat RM Bu Salma ada di Jl.Yusuf Singadekane, Sungai Putri, Danau Sipin, Kec. Telanaipura, Kota Jambi, Jambi (depan Grapari Tsel).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.