Menikmati Legitnya Sale “Anggur” Pacitan

0
735
Kemasan Sale Pisang yang Menyerupai Buah Anggur.

Oleh-oleh khas Kota Pacitan yang satu ini namanya adalah sale. Sale yang dimaksud di sini bukan berarti barang yang mendapat diskon, tetapi nama jajanan yang dibuat dari olahan buah pisang. Yups, buah pisang. Lantas, kenapa namanya sale anggur? Let’s check it out!

Sale pisang adalah salah satu jajanan atau camilan yang sangat digemari di kota yang terkenal dengan sebutan kota seribu satu goa ini. Jajanan ini bahkan sudah menjadi ciri khas yang wajib dicoba dan dibawa pulang sebagai oleh-oleh jika berkunjung ke sana. Berbagai varian olahan sale pisang bisa dengan mudah dijumpai di pusat oleh-oleh yang ada di Kota Pacitan. Dari berbagai macam jenis sale baik yang digoreng, digoreng tepung, maupun dipanggang atau di oven, tetap saja yang paling populer dan menjadi primadona adalah sale anggur.

Mengapa sale pisang yang satu ini disebut sale anggur? Tak lain dan tak bukan adalah karena bentuknya yang dikemas seperti buah anggur. Sale pisang ini dikemas dengan sangat ciamik dan cute persis dengan buah anggur. Dibungkus dengan plastik dan kertas warna-warni membuat tampilan pisang ini sangat mencuri perhatian. Cocok sekali untuk dijadikan buah tangan. Sentuhan kreativitas pada kemasan sale anggur lah yang membuat sale ini menjadi buah tangan yang wajib dibawa pulang jika berkunjung ke Pacitan.

Sale Anggur Sebelum Dikemas.

Sale anggur ini diproduksi oleh beberapa industri kecil atau industri rumahan yang ada di Pacitan dan dipasarkan di pusat oleh-oleh maupun di sekitar tempat pariwisata seperti pantai, goa dan kawasan pemandian air hangat. Pembuatan sale anggur sendiri sebenarnya tergolong tidak rumit. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan pemilihan pisang yang tepat. Untuk sale anggur, jenis pisang yang digunakan adalah pisang awak. Jenis pisang ini sangat melimpah dan sering dimanfaatkan untuk berbagai olahan jajanan dan camilan. Pisang awak yang dipilih adalah pisang yang sudah benar-benar matang, karena tentu saja akan berpengaruh pada cita rasa sale anggur. Dengan memilih pisang yang sudah masak, maka sale yang dihasilkan akan terasa lebih legit dan manis.

Setelah memilih pisang yang dirasa benar-benar sudah masak, pisang tersebut kemudian dikupas dan diiris tipis memanjang. Lalu, irisan pisang tersebut ditata dan disusun di atas sebuah anjang. Anjang sendiri adalah alat yang digunakan untuk menjemur sale yang terbuat dari anyaman bambu. Sebenarnya tak hanya sale, anjang juga dimanfaatkan untuk menjemur krupuk dan rengginang atau yang biasa disebut krecek di Kota Pacitan.

Kemasan Sale Pisang yang Menyerupai Buah Anggur.

Pisang yang telah diiris tipis dan disusun di atas anjang kemudian dijemur di bawah sinar matahari selama kurang lebih 2-3 hari. Hal ini dilakukan untuk mengeringkan pisang tersebut sehingga kadar air dalam pisang berkurang dan pisang akan terasa manisnya. Setelah proses penjemuran, pisang kemudian dipanggang di dalam oven. Proses pemanggangan pisang berfungsi untuk membunuh kuman. Jika sudah pada tahap ini maka pisang siap untuk dikemas dan dikonsumsi.

Dalam proses pengemasan, pisang yang sudah dipanggang kemudian digulung membentuk bulatan-bulatan kecil. Lalu pisang dibungkus dengan plastik. Pisang yang sudah dibentuk bulat seperti bola dan dibungkus plastik kemudian ditutup dengan kertas warna-warni. Sekali lagi, pisang dibungkus plastik agar terlihat rapi. Setelah itu, bola-bola sale pisang dirangkai menyerupai buah anggur dan diberi sedikit hiasan. Hasilnya sale pisang benar-benar terlihat seperti buah anggur. Sangat cantik. Dengan kemasan yang menarik dan rasanya yang manis, sale anggur Pacitan sangat patut untuk dicoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.