Menikmati Kuliner Timur Tengah di Sunan Ampel Surabaya

0
556
Nasi kebuli dan Briani yang lezat.

Makanan khas Timur Tengah sangat banyak sekali jenisnya. Salah satu kuliner Timur Tengah yang paling terkenal adalah dari Arab Saudi, negara yang terkenal sebagai tempat suci bagi Muslim dari seluruh dunia.

Membahas mengenai kuliner Timur Tengah khas Arab, ternyata banyak sekali penggemarnya. Tidak hanya memiliki aroma yang kaya akan rempah-rempah di setiap menu yang dimasak, lezatnya cita rasa dan padu padan masakannya selalu membuat lidah ingin mencicipinya lagi. Selain itu sudah dijamin ke halalannya, jadi tidak perlu khawatir.

Kalau kamu ingin berburu kuliner khas Timur Tengah, khususnya dari Arab, daerah Sunan Ampel Surabaya, Jawa Timur adalah kawasan yang perlu kamu datangi. Di sana ada banyak kedai-kedai masakan Arab yang berjejer di sepanjang jalan sebelum memasuki wisata religi Sunan Ampel.

Tampak depan depot AlMutlik.

Berhubung saya mengunjunginya pada saat tahun baru, maka kedai-kedai masakan Arab banyak yang tutup. Beruntungnya, ada salah satu depot makanan Arab yang buka yakni, Depot Al Mutlik yang beralamat di Jl. KH. Mas Mansyur No. 94, Ampel, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Depot Al Mutlik ini menyajikan masakan Timur Tengah dengan menu yang lengkap, mulai dari nasi kebuli ayam / kambing, nasi briani, kambing bakar/oven, nasi kabsah, nasi buchori, nasi tomat, nasi goreng kambing/ayam, kambing guling, dan rawon.  Sedangkan untuk snack-nya ada roti Maryam, kebab sapi, kebab kambing, samosa, dan pastel. Karena beragam menu yang ditawarkan, semakin banyak pilihan yang pengunjung punya untuk mencicipi kuliner khas Timur Tengah di depot ini.

Nasi Kebuli Kambing ala Depot Al Mutlik

Dari sekian menu yang ditawarkan, saya memutuskan untuk memilih nasi kebuli daging kambing dengan jenis nasi panjang. Nasi kebuli di depot ini sedikit berminyak, dengan cita rasa rempah khas Timur Tengah yang kuat. Yang saya suka adalah daging kambingnya.

Sebelum memesan, saya sudah sedikit was-was karena takut tidak empuk. Untungnya, ekspektasi saya benar-benar tidak sesuai dengan realita. Dua daging kambing yang dihidangkan bersama nasi kebuli benar-benar empuk dan terasa sekali bumbunya. Sajiannya juga lengkap, ada acar, sambal, dan kismis. Satu porsi nasi kebuli kambing dibanderol dengan harga Rp. 30.000. Benar-benar terjangkau dan bikin ingin mencicipinya lagi.

Nasi briani dan daging kambingnya yang empuk.
Nasi Briani ala Depot Al Mutlik

Sekilas hampir mirip dengan nasi kebuli. Mulai dari nasi panjang yang digunakan, penyajian, dan sama-sama menggunakan daging kambing. Dari kedua ini yang membedakan adalah warna dan cita rasanya. Jika di nasi kebuli ada kismisnya, di nasi briani tidak ada. Untuk soal rasa, sama-sama enaknya. Rasa rempahnya tidak terlalu kuat, namun rasa masih tetap lezat untuk dinikmati. Untuk harga satu porsi nasi briani adalah Rp. 30.000, sama dengan nasi kebuli daging kambing. Tidak rugi sekali untuk mencoba kuliner dari depot ini karena daging kambingnya sangat empuk dan lezat.

Untuk harga perporsi sebagian besar di depot ini berkisar Rp. 30.000 untuk jenis nasi khas Arab yang menggunakan daging kambing. Kalau menggunakan daging ayam akan sedikit lebih murah. Sedangkan untuk snacknya, berkisar Rp. 6.000 hingga Rp. 14.000 untuk kebab kambing. Sedangkan untuk minuman, harganya terbilang standar. Mulai dari Rp. 4.000 hingga Rp. 15.000 untuk satu gelas jus kurma.

Menikmati lezatnya nasi kebuli.

Untuk tempatanya cukup strategis karena berada di pinggir jalan sehingga sangat mudah dicari. Tempatnya pun terbilang nyaman jadi pengunjung bisa lebih leluasa menikmati hidangan masakannya. Sayangnya, depot Al Mutlik tidak terlalu besar sehingga, jika sedang ramai, pengunjung harus rela antre berjam-jam hanya untuk mendapatkan tempat duduk.

Nah buat teman traveler yang berada di daerah Sunan Ampel Surabaya, tidak ada salahnya untuk mencicipi kuliner khas Arab di depot ini. Selain harganya terjangkau, daging kambingnya juga lezat sekali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.