Menikmati Kuliner Andalan Purwakarta, Sate Maranggi Hj. Yetti Cibungur

0
206
Sate dikombinasikan dengan sop kambing yang sangat lezat!

Jauh sebelum aku lahir, ibuku memutuskan untuk merantau dari kota kelahirannya, Subang, menuju kota Bogor. Mengadu nasib dengan harapan kelak anak-anaknya dapat memiliki kehidupan yang jauh lebih baik dari apa yang beliau jalani. Ditengah perantauannya, ibu bertemu dengan ayah yang merupakan warga asli Bogor dan menikah dengannya. Semenjak menutuskan menikah, ibu mengunjungi Kota Subang hanya di hari-hari tertentu, seperti saat Hari Raya Idul Fitri. Meskipun hanya berjarak sekitar 160 km atau sekitar 3 jam perjalanan, aku selalu menikmati suasana mudik menuju Kota Subang setiap tahunnya.

Dulu sebelum Tol Cipularang dan Cipali dibangun, akses menuju Kota Subang harus terlebih dahulu melewati Kota Purwakarta dengan exit pintu Tol Sadang. Ada satu lokasi di Purwakarta yang merupakan tempat makan favorit keluarga kami sambil beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan. Tempat tersebut adalah Sate Maranggi Hj. Yetti Cibungur. Kuliner asli Purwakarta ini sekarang sudah sangat terkenal. Bahkan, menurut beberapa artikel, telah menjadi salah satu jajanan kaki lima favorit versi World Street Food Congress 2016.

Suasana keramaian di restoran setiap harinya.

Terakhir kali berkunjung ke sana sudah banyak perubahan besa. Saat ini pun restoran Maranggi Hj. Yetti berdiri megah dan menjadi tempat yang sangat nyaman untuk menyantap kenikmatan sate maranggi. Setelah sampai, kita akan disambut oleh para pramuniaga yang sigap mencatat pesanan. Di dalamnya terdapat pondok-pondok yang menampilkan masing-masing satu menu makanan khusus. Satu pondok dijaga oleh satu pramuniaga sehingga penyajian makanan di sini menurutku sangat efisien dan tergolong cepat untuk menampung pengujung lebih dari seribu orang setiap harinya.

Sate maranggi khas Cibungur disajikan dengan sambal tomat segar yang menggugah selera. Sepintas, sambalnya tidak begitu terlihat pedas karena lebih banyak komposisi tomat dibanding cabai. Namun, kita harus berhati-hati karena ternyata tomat tersebut telah dicampur ulekan rawit yang sangat pedas. Bagi para pecinta pedas, sambal tomat ini sempurna untuk melengkapi kenikmatan sate maranggi.

Seporsi Sate Maranggi Sapi yang menggugah selera!.

Terdapat tiga jenis sate yang dijajakan di sini, yaitu sate ayam, sate kambing, dan sate sapi. Menurut pendapatku pribadi sate sapi merupakan sate yang paling enak. Dagingnya sangat empuk dikombinasikan dengan bumbu yang menyerap sempurna. Oh ya, kabarnya restoran sate maranggi ini bisa menghabiskan 500 kg daging dalam sehari!

Selain sate maranggi, kita juga dapat memesan aneka menu lainnya yang tidak kalah lezat, seperti ikan gurame bakar, ayam bakar, sop sapi atau kambing, gule sapi atau kambing, pepes, sayur asem, gado-gado, nasi tutug oncom, tutut, dan cobek nila. Sementara untuk minumannya, es kelapa di tempat ini menurutku adalah es kelapa paling enak yang pernah aku nikmati. Pokoknya pasangan yang cocok untuk menikmati sate maranggi.

Untuk seporsi sate maranggi yang berisi 10 tusuk, kita harus membayar sebesar Rp. 40.000, sedangkan untuk es kelapa dibanderol dengan harga Rp. 15.000. Kisaran harga makanan lainnya berada pada angka Rp. 20.000 – Rp. 50.000.

Sate dikombinasikan dengan sop kambing yang sangat lezat!

Restoran ini tepatnya terletak di Jalan Jl. Raya Cibungur, Purwakarta. Akses menuju ke sana tergolong mudah. Dari arah Jakarta kita harus menuju Cikampek dan lanjut Tol Cipularang. Nah, saat memasuki Tol Cipularang, jalan agak perlahan sebab kita akan keluar tol di exit yang pertama kali kita temui, yaitu di KM 76, namanya Exit Sadang (tulisan di plang-nya: Keluar Sadang, Purwakarta, Subang). Keluar pintu tol, lurus saja ikuti jalan kira-kira 500 meter sampai menemui lampu merah kemudian belok ke arah kiri. Rumah Makan Sate Maranggi Cibungur letaknya sekitar 2 km dari lampu merah tersebut, tepatnya berada di sebelah kanan jalan dan di bawah rindangnya pohon-pohon jati. Selamat Menikmati!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.