Menikmati Ketenangan Alam di Situ Cikedal

0
998
Ketenangan Alam di Situ Cikendal.

Lokasinya berada di Desa Babakan Lor, Kecamatan Cikedal, Provinsi Banten. Jadi, kalau Travelovers mau berlibur atau hanya menghabiskan akhir pekan ke Kawasan Tanjung Lesung, Pantai Carita, atau Pantai Anyer memakai arah jalan dari Gerbang Tol Serang Timur dan menuju Kabupaten Pandeglang, kamu akan melewati Situ Cikedal ini.

Mampir sebentar ke situ ini untuk beristirahat, menurut saya, ide yang sangat tepat. Situ ini benar-benar akan menjadi the best spot untuk kamu beristirahat setelah perjalanan jauh. Saya saja ketika akan ke Beach Club Tanjung Lesung atau Pantai Carita, seringnya berhenti dan berdiam dulu di sekitar situ ini. Pada pagi hari, lingkungannya sangat sunyi dan keadaan alamnya masih alami. Kedua hal tersebut yang bisa membuat badan dan pikiran menjadi lebih rileks. Oleh karena itu, saya bahkan bisa betah berlama-lama untuk nongkrong di sini. Tidak adanya campur tangan pemerintah setempat untuk lebih mengembangkan situ ini sebagai tempat rekreasi atau menjadi sarana olahraga malah menguntungkan lingkungan situ menjadi lebih bersih.

Situ berasal dari Bahasa Sunda yang berarti danau. Situ atau danau merupakan cekungan besar yang digenangi oleh air tawar atau air asin. Kemunculan situ ini bisa terjadi karena adanya aliran sungai didekatnya atau karena adanya mata air. Tapi, Situ Cikedal ini berfungsi sebagai reservoir atau tempat menyimpan cadangan air dan sebagai irigasi. Makanya perairan dan lingkungannya sangat dijaga dengan baik.

Pemandangan Situ Cikendal dari Sudut yang Berbeda.

Memang tidak banyak yang bisa dilakukan di Situ Cikedal ini. Seperti yang saya sebutkan tadi bahwa situ ini tidak digunakan untuk olahraga atau permainan air. Tapi, di sekitar sini, Travelovers masih bisa melihat beberapa bapak yang mencari ikan dengan menggunakan rakit bambu. Kayaknya bakal seru jika kamu ikut mancing bersama si Bapak dengan menaiki rakit bambu sambil mengelilingi situ yang memiliki luas area sekitar 28.00 ha.

Tidak susah untuk menemukan lokasi Situ Cikedal ini. Jika kamu melajukan kendaraan kamu dengan kecepatan yang sedang, sebelum memasuki Kecamatan Labuan, di sebelah kanan jalan akan terlihat jernihnya air dan hijaunya pepohonan, nah itulah Situ Cikedal. Area parkirnya cukup luas dan dibatasi oleh pagar besi berwarna biru. Kamu bisa langsung memarkirkan kendaraan kamu di sekitar tepian situ. Asalkan kamu harus tetap hati-hati ketika akan berjalan-jalan di sekitarnya, karena situ ini tidak dijaga oleh penjaga dan jarangnya aktivitas warga sekitar di pagi hari.

Untuk menggelar tikar sambil menikmati makanan dan minuman kayaknya ide yang tepat untuk dilakukan di situ ini. Beberapa pedagang makanan juga ada di sekitar pintu masuk Situ Cikedal, seperti pedagang bakso dan mie ayam. Memang situ ini cocok untuk tempat beristirahat sejenak sambil menikmati makanan yang dibeli di sekitar situ atau yang dibawa dari rumah, terutama sambil menikmati ketenangan alamnya.

Area Parkiran di Situ Cikendal.

Malah, berfoto dengan background Situ Cikedal akan membuat foto kamu lebih instgramable! Tidak aneh jika menjelang sore, akan ada banyak anak remaja yang membawa kendaraannya, baik motor ataupun mobil, untuk nongkrong dan berfoto di sekitar area situ. Hanya butuh angle foto yang tepat, kamu akan seperti berada di tempat yang terpencil dan tidak tersentuh oleh tangan manusia. Kenyataannya, situ ini berada di dekat lingkungan warga dan menjadi tempat favorit bagi anak-anak muda dan warga sekitar.

Nah, Travelovers, yuk mampir ke Situ Cikedal! Sebelum berpanas-panasan di Beach Club Tanjung Lesung atau Pantai Carita, nikmati dulu ketenangan alam dan bersihnya lingkungan di sekitar situ! Situ ini mungkin bisa menjadi tempat yang memorable bagi kamu sebelum datang ke tempat-tempat wisata di sekitarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.