Menikmati Kesejukan Hutan Kota di Wonogiri

0
320
Pemandangan Kompleks PLTA dari Puncak Hutan.

Wonogiri merupakan kota kabupaten yang berada di ujung timur selatan Provinsi Jawa Tengah, berbatasan dengan Pacitan dan Yogjakarta. Wonogiri memiliki kontur yang berbukit-bukit dan bertanah kapur. Sehingga setiap musim kemarau hampir selalu menderita kekeringan dan panas.

Oleh karena itu, Wonogiri mempunyai sebuah hutan yang berada di sebelah selatan kota yang bersatu dengan proyek Bendungan Serbaguna Gajah Mungkur Wonogiri untuk membuat suhu turun beberapa derajat. Masyarakat Wonogiri lazim menyebut tempat ini Plaza. Tempat gratis ini terbuka 24 jam bagi semua lapisan masyarakat. Di dalamnya tersedia fasilitas lengkap seperti musholla, toilet dan tempat berteduh.

Apa saja yang dapat kalian temukan di sana? mari kita simak.

Hutan Kota yang Lebat Sebagai Habitat Monyet
Jalan Menuju Hutan Kota Yang Sudah Beraspal.

Hutan ini sangat lebat. Yang menjadi habitat monyet-monyet kelabu bersarang dan mencari makan. Tidak seperti monyet di tempat lain yang sering usil menjarah tas atau makanan pengunjung, disini mereka berperilaku lebih sopan. Mereka hanya mengawasi gerak-gerik pengunjung dari ranting-ranting pohon sambil teriak-teriak. Mereka tidak akan turun mendekati kita. Kita dilarang untuk mengganggu mereka, karena termasuk hewan yang dilindungi.

Pemandangan paling indah tentu saja di puncaknya. Untuk menuju kesana, kalian dapat menggunakan berbagai macam kendaraan baik roda dua atau empat. Jalannya sudah beraspal, meskipun tidak mulus. Konturnya agak naik sehingga kalian harus berhati-hati melewatinya. Ketika hampir sampai puncak jangan mengeluh jika kendaraan kalian baret karena banyak perdu yang tumbuh di pinggir jalan.

Di puncak hutan, kalian dapat melihat betapa luasnya Waduk Gajah Mungkur Wonogiri yang berwarna kehijauan. Selain itu terpampang jelas kompleks bangunan PLTA Wonogiri di kejauhan. Di sini juga terdapat juga tower yang dulunya berfungsi sebagai relay stasiun televisi. Namun sekarang keadaannya menyedihkan tak terawat.

Di tempat yang strategis terdapat gazebo yang nyaman untuk beristirahat dan menikmati kesejukan udara yang penuh dengan oksigen.

Pernah Menenggelamkan Banyak Desa
Prasasti Transmigrasi.

Ketika proyek pembangunan waduk ini berjalan, terdapat 51 Desa yang harus menerima kenyataan akan tenggelam. Maka dari itu pemerintah saat itu memberikan solusi mentransmigrasikan mereka secara menyeluruh dengan cara Bedhol Desa.

Sebagai bentuk peringatan kepada generasi selanjutnya, pemerintah membangun sebuah prasasti yang terletak di sebelah timur hutan. Prasasti ini berbentuk tiga petani yang melambaikan tangan ke arah waduk dengan roman muka sedih. Hal ini sebagai perlambang mereka mengucapkan selamat tinggal kepada desa mereka untuk bertransmigrasi ke luar Jawa dengan asa yang baru.

Selain itu, di sekitar patung terdapat amphieteater mini yang menghadap ke arah patung. Kalian dapat menggunakannya untuk istirahat sehabis perjalanan atau menikmati angin sepoi-sepoi yang berhembus dari arah selatan.

Jika kalian merasa lapar atau haus, tidak usah khawatir karena di sekitar tempat ini terdapat beberapa warung yang menjajakan beragam menu. Kalian harus mencoba pecel khas-nya Wonogiri.

Menjadi Tempat Mancing Favorit
Silo Sebagai bagian dari PLTA.

Karena merupakan salah satu bagian dari waduk Gajah Mungkur, maka hutan kota ini menjadi tempat paling favorit untuk melakukan hobi memancing. Areanya yang tidak terbatas terbentang dari timur ke barat menjadikan kalian bebas menikmatinya dimana saja. Setiap waktu kalian akan menemukan orang yang sedang memancing, entah itu mereka gunakan sebagai mata pencaharian atau sekedar iseng menghabiskan waktu.

Kalau punya cukup uang, kalian dapat menyewa beberapa perahu nelayan yang terparkir untuk memancing sampai ke tengah waduk. Biaya sewanya bervariasi, tergantung keahlian kalian menawar.

Pengunjung yang datang bukan hanya dari masyarakat sekitar, banyak pula yang datang dari luar kota seperti Klaten, Solo atau Sragen. Mereka biasanya datang berombongan dengan teman sekantornya atau yang punya hobi yang sama. Mereka kadang juga melakukan pesta kecil-kecilan di pinggir waduk yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan kegiatan memancing, bahkan malah ada yang membeli ikan kemudian dimakan bersama disana.

Itulah sedikit tentang hutan kota yang berada di kota Wonogiri. Selain menawarkan kesejukan dan pemandangan hijau yang tidak kalian temukan di kota, tempat ini juga menawarkan aktivitas lain untuk menghilangkan rasa penat. Atau kalian cukup berleha-leha disini sudah cukup untuk membuat perasaan menjadi lebih rileks.

Jam Buka
Setiap Hari 08.00 - 17.00 WIB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.