Menikmati Kesejukan di Hutan Pinus PAL 16 Cikole

0
869
Hutan Pinus PAL 16 Cikole.

Polusi udara di perkotaan menjadi masalah utama dengan bertambahnya pengguna kendaraan bermotor, bertambahnya pabrik-pabrik, hingga berkurangnya pepohonan di kota-kota besar. Mungkin beberapa tahun ke depan udara sejuk adalah sebuah barang langka. Maka, tidak aneh apabila banyak orang yang beranjak dari kota ke tempat-tempat berlatar hutan untuk sekadar rekreasi. Lembang adalah salah satunya, nama salah satu kecamatan di Kabupaten Bandung Barat ini sangat ramai dikunjungi oleh orang dari berbagai daerah untuk berwisata. Selain itu, memang banyak objek wisata berlatarkan alam bebas, banyak juga objek wisata lainnya yang kekinian, sehingga banyak dikunjungi orang di akhir pekan.

Akses menuju daerah Lembang ini juga tidak sulit, hanya saja memang ketika akhir pekan, macet pasti datang melanda, maklum hal ini sering terjadi karena banyak pengunjung yang berasal dari luar daerah yang berwisata ke daerah ini. Cikole Lembang salah satunya, seperti halnya pasar wisata dari sepanjang jalan Lembang hingga Subang, di daerah ini memang banyak berjajar objek wisata, di daerah Cikole ada tempat wisata yang terbilang baru yaitu Hutan Pinus PAL 16 Cikole.

Warung dan Tempat Bersantai di Hutan Pinus PAL 16 Cikole.

Hutan Pinus PAL 16 Cikole ini berada di pinggir, jalan berdekatan dengan Objek Wisata Taman Wisata Alam, Tangkuban Perahu. Udara sejuk yang berlatarkan hutan pinus di daerah ini membuat kita merasa segar kembali setelah beraktivitas. Hutan Pinus PAL 16 Cikole ini menawarkan beberapa fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung. Mulai dari tempat nongkrong bagi para pengunjung yang datang hanya untuk sekadar ngobrol, atau pengunjung yang datang untuk berswafoto, karena lokasinya yang dekat dengan jalan raya ini memudah pengunjung untuk mengakses tempat wisata ini. Bahkan ketika sedang perjalanan menuju arah Subang, kalian bisa berhenti terlebih dahulu di Hutan Pinus PAL 16 Cikole ini untuk beristirahat.

Suasana hutan pinus di daerah ini membuat kita ingin berdiam berlama-lama, di Hutan Pinus PAL 16, Cikole, ini kita bisa berkemah baik sendiri maupun berkelompok. Untuk listrik pada malam hari juga tidak perlu merasa kesulitan, baik dari penerangan maupun fasilitas listrik juga ada disini. Kemudian, apabila persediaan perbekalan kalian kurang, jangan khawatir, karena tersedia warung untuk jajan atau memenuhi persediaan yang kurang saat berkemah. Atau, kalian juga bisa pergi dulu ke pasar ataupun tempat belanja setempat jika kekurangan persediaan makanan saat berkemah karena lokasinya yang memudahkan mobilitas saat berkemah. Tapi, bagi anda pecinta alam atau yang sering berkegiatan di alam bebas diharapkan sudah bisa mengatur persediaan sehingga tidak kekurangan persediaan bahan makanan saat berkemah.

Area Camping di Hutan Pinus PAL 16 Cikole.

Di Hutan Pinus PAL 16 Cikole ini memang dibangun dengan kondisi yang tidak mengubah jauh kondisi hutan pinusnya, yang justru ini menjadi ciri khas tempat ini. Terdapat banyak spot berfoto yang bisa kalian gunakan untuk sendiri ataupun beramai-ramai.

Seperti biasa, apabila kalian datang ke objek wisata berlatarkan alam bebas, pastikan untuk tidak membuang sampah sembarangan atau meningggalkan sampah di sana, karena selain berwisata juga kita harus bisa menjaga kelestarian alam, atau anak cucu anda tidak akan bisa merasakan keindahan alam yang anda nikmati saat ini. Alangkah baiknya apabila kalian berkemah di sana dan menghasilkan sampah yang banyak, maka yang harus kalian lakukan adalah menanyakan ke petugas yang berjaga di objek wisata agar sampah yang dihasikan bisa dikelola oleh pengelola dan tidak berceceran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.