Menikmati Kelezatan Pempek Rama yang Legendaris

0
143
Pempek Rama, buka setiap Senin - Sabtu.

Setiap daerah tentunya memiliki makanan khas masing-masing, seperti pempek. Makanan yang terbuat dari daging ikan yang digiling lembut dan dicampur dengan tepung kanji ini adalah makanan khas Palembang. Kalau kamu ke Palembang, tentunya kamu akan berburu kuliner yang satu ini. Tetapi, bagaimana kalau kamu lagi di Bandung? Sesekali kamu juga harus mencoba untuk berburu pempek di Bandung karena kota ini juga punya pempek yang legendaris lho!

Kedai Pempek Rama, Legendaris Sejak 1988

Pempek Rama, sesuai dengan namanya memang terletak di Jl Rama No. 28, Bandung.  Ketika aku tiba di jalan ini, ternyata tampak beberapa kedai pempek lain, termasuk Pempek Pak Raden. Mungkinkah dulunya di jalan ini memang kawasan tempat tinggal orang Palembang yang pindah ke Bandung? Entahlah. Yang pasti  Kedai Pempek Rama ini memang sudah cukup lama berada di kawasan ini, sejak  tahun 1988, dan menjadi salah satu kuliner legendaris di Kota Kembang.

Meski sudah 31 tahun, kedai pempek yang buka sejak pukul 09.00 WIB setiap hari kecuali hari Minggu ini hampir tidak pernah sepi pengunjung. Kalau kamu ingin menikmati pempek di sini, ada baiknya kamu menghindari jam-jam makan siang karena bisa dipastikan kamu akan kesulitan mendapatkan tempat parkir.

Pempek Rama, sejak tahun 1988.

Kedai Pempek Rama ini tidak terlalu besar, tapi juga tidak sempit. Paling tidak, bisalah menampung sekitar 40 pengunjung. Katanya cabang barunya yang di Lengkong Besar lebih nyaman. Mungkin lain kali aku harus mendatangi cabang ini, tapi sekarang ini, aku review yang di Jalan Rama dulu ya!

Nikmatnya Pempek di Pempek Rama

Setelah memarkirkan kendaraan, aku pun langsung melangkahkan kaki menuju Kedai Pempek Rama. Tempatnya tidaklah mewah, cukup sederhana. Begitu masuk ke dalam kedai, di sebelah kanan tampak etalase yang menjajakan aneka pilihan pempek. Lapar mata, aku pun mulai memilih. Oh ya, ini adalah kunjungan kali pertama aku ke sini.

Varian pempek yang ditawarkan di sini memang banyak sekali. Mulai dari kapal selam, adaan, adaan udang, selam kecil, pempek tahu, pempek keriting, pempek pistel, hingga pempek panggang, semua tersedia di sini. Sayangnya, untuk pempek panggang ini tidak selalu tersedia. Padahal aku penasaran sekali dengan pempek panggangnya. Selain pempek, di sini juga tersedia makanan khas Palembang lainnya seperti tekwan dan mie celor. Hayooo, kamu juga mulai lapar mata seperti aku kan?

Untuk kali ini aku akhirnya hanya memesan pempek kapal selam kecil dan adaan udang saja. Pempek kapal selam memang salah satu yang favorit di tempat ini, sementara aku memesan adaan udang karena pensaran sih. Belum pernah sebelumnya makan pempek adaan udang, biasanya kan ikan.

aneka pilihan pempek.

Usai memesan, aku pun mencari tempat duduk sambil menanti pesanan datang. Cuka sudah disediakan di meja. Apalah artinya pempek tanpa cuka, bukan? Ada dua cuka yang tersedia di meja, yang pedas dan tidak. Kamu bisa memilih sesuai selera kamu.

Soal rasa, harus aku akui, pempek pesanan aku lezat dan gurih. Nagih sih pastinya. Bahkan menuliskannya kembali bikin aku ingin mencicipi hidangan itu lagi. Harga yang ditawarkan menurutku harga yang wajar untuk pempek sih, mulai dari Rp 5.000 – Rp 25.000,  tergantung jenis pempek yang kita pesan.

Gimana? Kamu ingin juga mencicipi Pempek Rama ini? Kalau lagi di Bandung jangan lupa berkungjung ke Jl Rama no 28, Bandung. Kedai Pempek Rama ini buka setiap Senin – Sabtu, dari jam 09.00 – 20.00 WIB. Next time ke Bandung aku juga mau mampir lagi ah!Semoga berjodoh sama pempek panggangnya. Oh dan harus coba es kacang merahnya sekalian! Kemarin menyesal lupa memesan ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.