Menikmati Keindahan Pesisir Pantai dan Kota Pattaya dari Ketinggian, Khao Pattaya View Point, Thailand

0
386
Pemandangan titik tertinggi Khao Pattaya View Point.

Pattaya adalah salah satu kota wisata yang banyak dikunjungi wisatawan saat berlibur di Negara Thailand. Kota ini dikenal sebagai daerah alternatif wisata pantai yang tidak harus menyebrang pulau seperti daerah wisata pantai terkenal lainnya, yaitu Koh Samui atau Phuket. Terdapat satu tempat yang sangat identik menggambarkan Kota Pattaya, tempat tersebut sering digunakan pada brosur liburan atau panduan perjalanan Kota Pattaya. Tempat yang merupakan pemandangan berbentuk garis lengkung pesisir pantai yang berbatasan dengan kota di sekitarnya, tempat tersebut bernama Khao Pattaya View Point.

Pattaya View Point merupakan sebuah bukit yang terletak di selatan Pantai Pattaya. Di tempat ini kita dapat menyaksikan pemandangan pesisir pantai yang berbatasan dengan kota, sungguh pemandangan yang indah. Jarak dari Bangkok ke Pattaya adalah 150 KM atau sekitar 3 jam perjalanan menggunakan bus. Dari Bandara Don Mueang terlebih dahulu menuju Terminal Bus Mo Chit yang memiliki rute perjalanan bus menuju Pattaya, bus beroperasi pada pukul 05.00 hingga 20.00 waktu Bangkok, tarif bus yang dikenakan sebesar 150 bath.

Monumen Prince Chumphon “Bapak Angkatan Laut Kerajaan Thailand”.

Sesampainya di pusat Kota Pattaya, terdapat beberapa alternatif kendaraan untuk menuju ke Pattaya View Point yaitu menyewa motor sebesar 500 bath selama 1 hari atau dengan menaiki songthaew untuk mengantarkan berkeliling Pattaya dengan tarif sebesar 500-1000 bath bergantung pada lama perjalanan dan jumlah tempat yang ingin dikunjungi. Sesampainya di area Pattaya View Point, jika menggunakan kendaraan seperti songtheaw kita harus menaiki bukit terlebih dahulu sekitar 200 meter dari lokasi drop off, jika menggunakan kendaraan pribadi bisa langsung menaiki bukit karena di atas tersedia parkiran yang cukup luas bagi pengunjung.

Orang lokal biasa juga menyebut lokasi ini dengan nama “Khao Phra Tum Nak” atau “Khao Phra Bath” nama tersebut harus diingat saat menaiki songthaew atau taksi sebagai referensi bila sopir tidak mengerti tujuan yang dimaksud. Ketika sampai di lokasi salah satu landmark terpenting dari tempat wisata ini adalah Prince Chumphon Monument yang dikenal sebagai “Bapak Angkatan Laut Kerajaan Thailand”. Prince Chumphon adalah pangeran pertama yang dikirim ke Inggris untuk menjadi cadet Royal Navy. Perjuangannya untuk memajukan dan memoderenisasi Angkatan Laut Thailand, membuat Prince Chumphon menjadi sosok yang sangat dihormati warga Thailand dan menjadi “The Father of Royal Thai Navy”. Oleh karena itu tempat ini sering didatangi warga dan pelaut yang berdoa sebagai tanda penghormatan.

Kapal yang Berlalu Lalang di Lautan Pattaya.

Pemandangan yang disuguhkan lokasi ini cukup spektakuler, kita dapat melihat bagian Jomtien Beach bersebelahan dengan Pattaya Beach. Yang menarik adalah kita dapat menikmati pemandangan gedung-gedung tinggi dan kapal-kapal kecil yang berlalu-lalang pada bagian teluk. Dari lokasi ini kita dapat melihat hamparan pemandangan Pattaya Bay yang membentang dari Hai Pier sampai ujung pantai yang berbatasan dengan Naklua Bay. Setiap sudut dari lokasi ini bisa dikatakan instagrammable dan cocok bagi wisatawan yang memilki hobi dunia fotografi.

Untuk dapat menikmati pemandangan ini, tidak ada biaya yang perlu dikeluarkan alias gratis. Pattaya View Point buka pada pukul 07.00 sampai 20.00 waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada sore menjelang malam hari untuk menikmati pemandangan matahari terbenam dan keindahan lampu kota malam. Setelah menikmati pemandangan Kota Pattaya terdapat satu lokasi yang masih satu kompleks dengan Pattaya View Point yaitu Kuil Wat Khao Phra Bat, di dalam kuil tersebut terdapat replika tapak kaki Buddha yang konon berusia 200 tahun, telapak kaki tersebut dikatakan besar sekali, selain itu terdapat juga beberapa patung Buddha dan bangunan yang berbentuk Mondop.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.