Menikmati Keindahan Kota Yogyakarta dari Ketinggian Puncak Becici

1
1007
Suasana Hutan Pinus di Puncak Becici.

Kabupaten Bantul, merupakan salah satu kabupaten yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta ini memiliki beragam objek pariwisata dan kaya akan kebudayaan. Daerah Bantul diciptakan dengan keindahan alam yang sangat menawan, mulai dari daerah pantai sampai pegunungan. Walaupun terkenal dengan Pantai Parangtritis yang indah, Bantul juga mempersembahkan cara lain menikmati keindahan alamnya, yaitu Puncak Becici.

Berada di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Bantul, Puncak Becici berada di ketinggian 380 mdpl dengan dikelilingi kawasan hutan pinus seluas 4,4 hektar. Puncak Becici menawarkan pengalaman lain ketika mengunjungi Bantul, menikmati pemadangan dari ketinggian memberikan sensasi seakan-akan berada di negeri awan. Perjalanan menuju Puncak Becici memakan waktu sekitar 1 jam dari pusat Kota Yogyakarta. Jalanan yang dilalui pun cukup mudah, karena sudah diaspal, walaupun ada beberapa jalan yang berlubang. Sebelum berangkat menuju Puncak Becici, pastikan kendaraan kalian dalam keadaan prima, karena walaupun jalanan sudah di aspal, tanjakan dan kelokan yang ada di Bantul cukup ekstrem.

Pemandangan selama perjalanan ke Puncak Becici pun tidak kalah indah. Kalian dapat berhenti di pinggir jalan untuk sekedar berfoto, namun tetap patuhi peraturan yang ada. Untuk menuju ke Puncak Becici, kalian cukup mengikuti papan nama yang ada di jalan atau menggunakan peta online. Pada depan pintu gerbang Puncak Becici, terdapat tulisan yang cukup besar, sehingga kalian dapat melihat dari kejauhan. Lahan parkir yang berada di Puncak Becici mampu menampung kendaraan mulai dari mobil, mini bus, sampai bus ukuran besar. Untuk masuk ke wilayah Puncak Becici, kalian harus membayar Rp. 15.000 per orang dan Rp. 4.000 untuk biaya parkir mobil.

Wahana Flying Fox di Puncak Becici.

Pada depan gapura masuk, terdapat list kegiatan apa saja yang dapat kalian lakukan di Puncak Becici. Tidak hanya itu, kalian juga dapat menyewa perlengkapan jika tidak memilikinya. Tertulis di list bahwa kalian bisa berkemah, flying fox, dan masih banyak kegiatan menarik lain. Biaya sewa peralatan pun tergolong murah, untuk menikmati flying fox, kalian hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 15.000 untuk sekali naik.

Kawasan Puncak Becici dikelilingi oleh hutan pinus yang tertata rapi. Banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara berlomba-lomba untuk mendapatkan foto terbaik. Aktivitas yang banyak dilakukan oleh wisatan selain berfoto adalah piknik bersama keluarga, kemah, dan outbound. Lahan yang cukup luas sangat memungkinkan untuk menampung jumlah wisatawan yang banyak. Pada kawasan wisata Puncak Becici terdapat layanan umum yang cukup memadai, mulai dari kamar mandi, tempat ibadah, aula pertemuan, dan tempat makan. Di depan pintu utama kalian akan menemui banyak sekali warung makan dan toko oleh-oleh khas Yogyakarta.

Kawasan Puncak Becici.

Untuk menuju ke puncak, kalian akan diarahkan ke lajur kiri dan bagi yang ingin melaksanakan ibadah akan menuju ke arah kanan. Informasi dalam kawasan ini sangat jelas, terdapat papan penunjuk arah tempat, sehingga wisatawan tidak takut tersesat. Puncak Becici dikelilingi oleh bangku-bangku taman yang dapat kalian gunakan untuk sekadar makan dan menikmati keindahan alam. Dari Puncak Becici, kalian dapat melihat Kota Yogyakarta, Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Menurut pengelola Puncak Becici, pemandangan paling indah yaitu ketika matahari akan tenggelam dan malam hari.

Puncak Becici sendiri buka dari pukul 07:00 – 21:00. Wisatawan dapat menikmati indahnya gemerlap lampu Kota Yogyakarta dari ketinggian. Jika kalian ingin berkemah di kawasan Puncak Becici, pastikan sudah mengurus perizinannya kepada pihak pengelola. Camp ground yang ada di Puncak Becici pun memiliki pemandangan yang tak kalah apik.

Jangan salah, mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama, pernah berkunjung ke Puncak Becici! Dalam rangka menarik minat wisatawan mancanegara untuk mengunjungi Yogyakarta, sang mantan presiden lengkap dengan istri dan keluarga melakukan piknik kecil-kecilan di Puncak Becici. Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul pun mengungkapkan bahwa Bantul merupakan kota yang layak untuk dikunjungi sebagai objek wisata, karena memiliki banyak tempat menarik dan kebudayaan yang unik.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.