Menikmati Keindahan Kota Nganjuk Dari Puncak Bukit Watu Lawang

0
160
Spot foto sarang burung raksasa.

Nganjuk merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang sedang gencar-gencarnya melakukan promosi di bidang wisata. Kota ini memiliki banyak pilihan destinasi wisata mulai dari air terjun hingga pengunungan. Salah satunya adalah Watu Lawang atau biasa juga disebut dengan Bukit Watu Lawang. Tempat wisata ini terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk. Sesuai dengan namanya, Watu dalam Bahasa Jawa berarti batu dan Lawang berarti pintu, maka bukit ini diibaratkan sebagai pintu yang mengantarkan pengunjung menuju tempat yang menyimpan banyak bebatuan.

Untuk bisa sampai di kawasan wisata Bukit Watu Lawang, dari pusat kota biasanya membutuhkan waktu hingga satu jam dan bisa ditempuh menggunakan kendaraan bermotor. Untuk lebih mudahnya, kawasan wisata ini terletak bersebelahan dengan kawasan wisata Air Terjun Sedudo. Tak perlu takut bosan di perjalanan karena di sepanjang jalan menuju Bukit Watu Lawang juga tersedia panorama indah pegunungan dan dataran tinggi. Akses jalan juga sudah dibangun dengan sebaik mungkin sehingga tidak ada lagi jalan berlubang dan sejenisnya. Kawasan wisata ini masih belum banyak diketahui khususnya wisatawan dari luar Kota Nganjuk. Oleh karena itu, tempat ini bisa menjadi rekomendasi yang cocok bagi kalian yang masih mencari destinasi wisata untuk liburan.

Panorama air terjun bertingkat.

Tiket masuk Bukit Watu Lawang ini sangat terjangkau yaitu hanya Rp 5.000 per orang. Sedangkan biaya parkir untuk sepeda motor adalah Rp 5.000 dan Rp 10.000 untuk mobil. Kawasan wisata ini buka mulai dari pukul 07.00 WIB dan tutup pada pukul 16.00 WIB waktu setempat. Ketika berkunjung ke sini, pengunjung harus berjalan kaki menapaki tanah dan beberapa tangga buatan yang sudah disediakan. Di perjalanan menuju puncak bukit, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan hutan yang tidak terlalu lebat sekaligus spot foto dengan tulisan-tulisan yang instagramable. Sangat cocok untuk anak-anak muda yang senang berburu foto di tempat yang bagus.

Sekitar 15 menit berjalan kaki pengunjung sudah bisa mencapai puncak Bukit Watu Lawang. Dari atas bukit ini pengunjung bisa melihat indahnya Kota Nganjuk ditemani dengan semilir angin yang sejuk. Tersedia juga spot foto utama, yaitu sarang burung raksasa yang tak kalah indah dengan latarbelakang panorama Gunung Ngliman. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa mendapatkan panorama air terjun bertingkat yang berjumlah tujuh. Semuanya sangat indah dengan dilengkapi pemandangan hijau di sekelilingnya yang merupakan lereng bukit Gunung Wilis.

Spot foto sarang burung raksasa.

Karena tempatnya yang luas, Bukit Watu Lawang ini juga bisa digunakan untuk piknik atau camping dan pengunjung bisa bebas memilih tempat untuk mendirikan tenda di atas bukit. Biasanya pengunjung sengaja bermalam untuk mendapatkan suasana sunset ataupun sunrise. Sangat pas jika dinikmati dengan segelas kopi atau teh untuk menghangatkan tubuh karena suhu yang dingin. Juga ditemani dengan keluarga maupun teman-teman.

Jika sudah puas menikmati pemandangan Bukit Watu Lawang, pengunjung juga bisa menjajaki kuliner yang ada di warung-warung warga. Warung-warung ini terletak persis di sebelah bukit sehingga tidak perlu turun lagi ke bawah. Menu yang tersedia juga sangat beragam mulai dari makanan berat seperti nasi pecel hingga jajanan ringan seperti gorengan yang tentunya juga dengan harga yang sangat terjangkau. Sungguh kombinasi wisata yang sangat sayang jika dilewatkan begitu saja apalagi jika tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Jadi bagaimana? Seru banget kan berkunjung ke Bukit Watu Lawang? Kalau kamu sedang ada di Kabupaten Nganjuk, jangan lupa berkunjung ke sini ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.