Menikmati Keindahan Gili-Gili dari Atas Bukit Medang Sekotong Barat, Lombok

Bukit Medang Sekotong Barat.

Pemandangan cantik dari atas Bukit Medang memang memanjakan mata para traveler. Saya saja sampai tak mau berkedip barang seperdetik pun melihat ciptaan Tuhan dengan warna biru laut dari Pantai Medang dan sederet gili di bawahnya.

Pada awal April lalu, kami memutuskan untuk menghabiskan Sabtu malam kami di Bukit Medang Sekotong Barat. Saat itu juga saya langsung membuat rencana untuk mengajak teman-teman menginap dan bermalam minggu di atas Bukit Medang Sekotong Barat. Jarak dari Gerung Lombok Barat ke Sekotong bagian barat hanya berjarak 1 jam perjalanan saja, dengan jarak kira-kira 23 km, sontak saya menawarkan kepada temen-teman untuk bermalam di sana. Memang saya suka mancing di Pantai Medang ini di kala senggang. Namun, tujuan saya untuk menikmati keindahan laut tempat memancing dari atas Bukit Medang akhirnya tercapai juga.

View Gili dari Puncak Bukit Medang Sekotong.

Tanpa pikir panjang, kami sepakat untuk bermalam di sana. Dengan jumlah rombongan yang tak sedikit, kami bersebelas berangkat ke Sekotong Barat dari Gerung Lombok Barat setelah menyiapkan peralatan kemah, masak, dan masalah logistik lainnya, lalu kami memutuskan untuk menggunakan sepeda motor. Pada perjalan, kami dihadapkan dengan hujan yang sangat lebat, sehingga kami memutuskan untuk singgah di sebuah toko baju di samping Pelabuhan Lembar Lombok Barat. Sore semakin gelap, hingga maghrib menjelang, kami masih ditahan oleh hujan yang masih mengguyur wilayah Lembar. Pukul 18.12 WITA, kami memutuskan untuk sholat maghrib di salah satu masjid dekat Pelabuhan Lembar Lombok Barat.

Selapas sholat maghrib, kami melanjutkan perjalanan dengan tekat yang kuat, kami menembus hujan yang tak terlalu deras malam itu. Hingga sampai di daerah Sekotong Barat, tepat di depan Kantor Camat Sekotong, kami memutuskan untuk singgah di salah satu mini-market untuk membeli kopi sachet, karena kami baru ingat bahwa kopi belum dibeli. Jarak antara mini-market Sekotong Barat dengan Bukit Medang hanya tinggal 10 km saja, kami melanjutkan perjalanan hanya menempuh waktu 12 menit. Berhubung jalanan sepi, kami sedikit mempercepat laju motor hingga ke lokasi parkir.

Pada pukul 20.12 WITA, kami akhirnya sampai di Rumah Kepala Dusun Desa Medang dan disambut oleh Pak Ramli yang cukup humoris. Beliau heran kami datang malam-malam hanya untuk menaiki bukit Medang. “Kalian ini nekat, udah hujan plus malam-malam gini, masih ada aja orang nekat kayak kalian”, kata Pak Ramli. Kami sontak tertawa. Hahaha.

Paragliding di Bukit Medang Sekotong Barat.

Setelah kami sepakat menitipkan motor di rumah beliau, kami diantar ke lokasi kemah. Jalanan yang basah selepas hujan, membuat kami harus melambatkan langkah kaki. Untuk kedua kalinya Bukit Medang kedatangan tamu yang berkemah ungkap pak Ramli. Setelah mendaki selama 1 jam ke puncak Bukit Medang lewat jalan setapak, kami akhirnya sampai di puncak Bukit Medang.

Bukit Medang tidak memiliki biaya retribusi masuk, hanya membayar parkir Rp. 5.000 saja. Murah kan, travelovers? Selain samping murah, Bukit Medang juga memiliki spot untuk paragliding. Kawan-kawan dari My Trip My Adventure Jakarta pernah melakukan paragliding di Bukit Medang dengan landasan tepat di pesisir Pantai Medang. Bukit Medang juga memiliki view yang lumayan unik, ketika malam hari, pada bagian timur, para travelers dapat menikmati puluhan lampu kapal yang bercengkrama berjejer di pelabuhan Lembar. Ketika pagi, di sebelah selatan, para travelovers dapat menikmati view pemandangan bukit-bukit di Sekotong Bagian Barat. Pada sebelah Barat, travelovers dapat menikmati view gili-gili yang ada di Sekotong Barat. Diantaranya adalah Gili Nanggu, Gili Sudak, Gili Rengit, Gili Kedis, dan Gili Gede. Sedangkan pada bagian utara, travelovers dapat menikmati puncak Gunung Agung Karangasem Bali jika sedang tidak berawan. Bukit medang cocok untuk lokasi menikmati sunset maupun sunrise.

Ayo, ke Bukit Medang Sekotong Barat!