Menikmati Keindahan di Pantai Selatan

0
2438
Anak kecil yang sedang berlari - lari di sekitar pantai.

Halo travellovers. Jika sudah membahas tentang keindahan di bumi pertiwi kita, tidak akan habis rasanya. Indonesia terdiri dari beberapa pulau dan sebagian besar yaitu lautan. Banyak sekali pantai–pantai yang eksotis di Indonesia ini. Disini saya akan mengajak kalian untuk berkenalan dengan salah satu Pantai Selatan yang dimiliki oleh Kabupaten Pacitan, yaitu adalah Pantai Pancer Door.

Mungkin untuk para pencinta traveling atau mungkin untuk masyarakat sekitar Pacitan atau mungkin yang sudah pernah berkunjung ke Pacitan sudah tidak asing dengan pantai ini. Pantai ini menunjukkan pemandangan indah.

Lokasi Pantai Pancer Door ini sekitar 3,2 km dari pusat kota sekitar 5 – 10 menit jika menggunakan kendaraan bermotor. Kondisi jalan yang bagus dan salah satu pantai yang letaknya dekat dengan pusat kota. Pantai Pancer Door ini terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Pacitan. Pantai Pancer Door ini langsung berbatasan dengan muara Sungai Grindulu dan Pantai Teleng Ria. Muara sungai Grindulu ini sering dijadikan untuk nelayan memancing. Setiap tahun juga diadakan Lomba Dayung Perahu. Yang membedakan antara Pantai Pancer dengan Pantai Teleng Ria adalah ombaknya yang besar. Ombak yang besar inilah yang sering digunakan peselancar untuk berselancar. Di sekitar pantai ini juga ada penginapan atau homestay untuk tamu yang ingin bermalam di Pantai Pancer Door.

Spot foto di Pohon Cemara.

Tidak hanya pantai saja yang bisa anda nikmati, disana juga ada Geopark Gunung Sewu dan Taman Pancer Door. Di Pantai Pancer Door juga sering digunakan sebagai tempat berkemah bagi adik–adik yang sedang melakukan perkemahan. Maka dari itu Pantai Pancer Door ini juga dinamakan “Bumi Perkemahan Pancer Door”.

Suasana pagi hari yang disuguhkan sangat indah. Sunrise di pantai ini pun sangat bagus dan indah. Jika pada pagi hari setiap hari Minggu atau libur, terkadang masyarakat sekitar memilih Pantai Pancer sebagai destinasi weekend. Pada hari Minggu, pantai Pancer dipenuhi oleh masyarakat untuk sekedar berolahraga, berlibur ataupun hanya bermain dan menikmati pemandangan pagi hari. Orang-orang yang berjualan disana pun juga terbilang banyak, dari ada yang berjualan kedai kopi kecil-kecilan, warung nasi dan banyak lagi. Banyak juga orang dari luar Pacitan untuk berlibur ke Pantai Pancer Door bersama sanak keluarga atau rombongan yang ingin bertamasya.

Senja di Pantai Pancer Door.

Di sore hari, Pantai ini juga menunjukkan senja atau sunset yang tidak kalah bagusnya. Setiap sore pasti ada pengunjung hanya untuk bersantai sambil menikmati secangkir kopi dan bercengkrama dengan temannya. Dan sering juga di waktu pagi maupun sore hari, pantai ini juga ramai di penuhi oleh orang yang sedang berolahraga, seperti berlari, bersepeda, skateboard dan volleyball. Ada juga pohon–pohon cemara yang biasanya juga dijadikan spot foto untuk masyarakat disini.

Tiket masuk yang disuguhkan juga tidak terbilang mahal. Hanya Rp 5.000 untuk sekali masuk dan biaya parkir sebesar Rp 2.000. Tidak mahal bukan? Rute untuk mengunjungi Pantai Pancer Door tidak susah, cukup melalui jalur masuk ke Pantai Teleng Ria sebelum loket masuk silahkan ambil jalan belok kiri, ikuti jalannya sampai menemukan tikungan pintu masuk ke Pantai Pancer Door. Atau melalui jalur lain jika dari Kota Pacitan anda bisa melewati jalur menuju Perumnas Barehan, ikuti saja jalur utama menuju ke arah Pantai Pancer Door dan akan menemukan pintu masuk.

Dan jangan lupa, selalu jaga lingkungan disekitar kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.