Menikmati Keindahan Africa Van Java Bernama Taman Nasional Baluran

0
1543
Taman Nasional Baluran.

Memasuki zona libur pendek lebaran, apakah kamu sudah punya rencana untuk traveling atau sekedar jalan-jalan menghirup udara bebas, travelovers? Tentu asyik sekali, ya, explore tempat-tempat wisata di Indonesia bersama keluarga besar ataupun orang-orang terdekatmu. Jika kamu bosan dan ingin mencoba tempat wisata dengan sensasi baru, maka kamu perlu mencoba untuk jalan-jalan menuju perbatasan Kabupaten Situbondo dengan Kabupaten Banyuwangi, yaitu Taman Nasional Baluran.

Tempat ini mendapat julukan sebagai Africa Van Java oleh para pengunjung. Pastinya julukan tersebut membuat banyak orang penasaran bagaimana rasanya bermain dan merasakan keindahan Taman Nasional Baluran seperti yang terlihat pada salah satu music video Raisa pada lagu Jatuh hati ini. Taman ini merupakan kawasan yang didominasi oleh sabana, kamu bisa menyaksikan banyak satwa seperti rusa, kijang, banteng, macan tutul, kera, dan masih banyak satwa lainnya. Jika travelovers ingin menyaksikan sabana hijau, maka datanglah pada saat musim penghujan, berkebalikan jika ingin merasakan seperti di Texas, maka kamu bisa menyaksikannya saat musim kemarau tiba.

Taman Nasional Baluran merupakan salah satu taman nasional di Indonesia yang terletak di empat wilayah sekaligus, yaitu Banyuputih, Situbondo, Wongsorejo, dan Banyuwangi, dan sedikit informasi, nama Baluran diambil dari nama gunung yang ada di daerah ini, yaitu Gunung Baluran yang akan menjadi background alam ciamik saat kamu berkunjung.

Pemandangan Gersang di Savana Bekol.

Perjalanan saya mulai dari Kabupaten Jember dengan sepeda motor dari pusat kota, berbekal google maps sebagai penunjuk arah dengan perkiraan waktu perjalanan sekitar 3-4 jam, dengan melewati kota Bondowoso lalu menuju ke Situbondo lewat Jalan Pantura. Rentang waktu tersebut tidak begitu membosankan, karena banyak pemandangan menarik yang dapat dilihat, apalagi setelah melewati Jl. Situbondo-Banyuwangi dan kawasan perhutani dengan pemandangan yang menakjubkan. Namun, kalian perlu hati-hati juga karena banyak kera berkeliaran di kawasan ini.

Apabila kalian malas membawa kendaraan sendiri, taman ini juga bisa ditempuh dengan menggunakan bus jurusan Banyuwangi yang akan berhenti tepat di pintu masuk. Tapi, kalian masih membutuhkan transportasi menuju ke dalam wisata Taman Nasional Baluran yang berjarak kurang lebih 12 Km menuju ikon dari tempat ini, yaitu Savana Bekol. Biasanya ada ojek yang menawarkan jasanya dengan harga sekitar Rp. 50.000 per orangnya. Nah, biaya retribusi untuk wisatawan lokal weekdays dipatok dengan harga Rp. 15.000 dan weekend Rp. 17.500, serta biaya parkir roda dua Rp. 5000, sedangkan roda empat Rp. 10.000, cukup murah, kan?

Setelah melewati Evergreen, maka sampailah di kawasan Savana Bekol yang memiliki view menakjubkan dengan background Gunung Baluran. Tentu kamu wajib mengabadikan momen pemandangan seperti rak yang berisi rangka kepala banteng tergantung, tempat tersebut merupakan salah satu spot incaran, karena selain menjadi ikon Taman Nasional Baluran juga instagramable.

Pantai Bama di Kawasan Taman Nasional Baluran.

Selain itu, terdapat juga sebuah pohon kokoh berdiri yang menurut saya terlihat seperti the tree of life yang juga menjadi spot andalan di Taman Nasional Baluran ini. Namun, sekali lagi kalian perlu mawas diri terhadap barang-barang yang kalian bawa, karena banyak kawanan kera yang biasanya sigap merebut barang bawaan, dan jika beruntung kamu bisa melihat dari dekat rusa dan banteng yang berkeliaran di kawasan ini, namun ingat untuk selalu hati-hati ya, travelovers.

Setelah puas bermain di area Savana Bekol, kamu dapat menghabiskan sisa waktu di Pantai Bama yang berjarak kurang lebih 3 Km dari Savana Bekol. Pantai Bama memiliki pemandangan yang tidak kalah keren dengan beberapa ayunan dan juga gazebo yang bisa digunakan untuk istirahat dan bersantai. Terdapat beberapa aktivitas air yang bisa kamu lakukan seperti snorkling dan naik perahu. Asyik, kan? Nah, untuk waktu berkunjung sendiri dimulai dari pukul 08.00 – 16.00 WIB, namun jangan khawatir, jika kalian ingin menikmati senja sekaligus bermalam, telah tersedia beberapa cottage sekitar Pantai Bama yang dapat kamu sewa untuk bermalam.

Jadi, tunggu apalagi, travelovers? Yuk, kunjungi dan explore Taman Nasional Baluran!

Cheerio!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.