Menikmati Indahnya Bukit Teletubbies Gunung Bagus Paliyan Gunungkidul Yogyakarta

0
1309
Pemandangan Gunung Bagus Paliyan Gunungkidul

Jogja lebih dikenal dengan kota wisata, banyak destinasi wisata yang belum terekspose yang tersebar di seluruh wilayah Jogja. Salah satu kabupaten yang berada di Jogja yaitu Gunungkidul. Kabupaten Gunungkidul ini menyimpan berjuta destinasi wisata yang wajib kalian explore. Selain sebagai surganya pantai, Gunungkidul juga mempunyai beberapa tempat yang menarik untuk dikunjungi. Apalagi bagi kalian yang hobi berpetualang di alam bebas, rasanya merupakan suatu hal yang mudah jika hanya mengexplore sebuah tempat yang belum banyak dikunjungi oleh banyak orang.

Salah satu tempat yang wajib kalian kunjungi adalah Bukit Teletubbies yang berada di area Gunung Bagus Paliyan, Gunungkidul. Areal ini adalah sebuah hutan rakyat perkebunan jagung yang digarap oleh warga sekitar menyerupai sebuah bukit indah di Pulau Sumba. Akhir-akhir ini tempat yang sempat viral di media sosial telah mulai ramai dikunjungi para traveler lokal maupun dari luar kota. Di Media sosial sempat viral, keindahan bukit telettubies yang berada di bagian selatan DI Yogyakarta ini. Sebuah bukit yang hijau terhampar luas menyerupai permadani. Tidak dipungkiri bahwa tempat ini sangat instagramable banget untuk berfoto karena pemandangannya yang begitu indah.

Gunung Bagus Paliyan Bukit Teletubbies nan Indah

Kenapa disebut Bukit Teletubbies? di tempat ini memang menyerupai sebuah latar serial anak “Teletubbies”. Bukit yang seperti di dalam serial Teletubbies memang terlihat sangat indah dan hijau. Begitu pula di Gunung Bagus Paliyan ini. Akan tetapi bedanya disini merupakan hamparan ladang jagung yang mulai menghijau karena memasuki musim penghujan.

Pemandangan ini yang bisa membuat otak dan pikiran jadi fresh. Karena memang salah satu tujuan traveling/piknik adalah menyegarkan pikran otak yang sudah terlalu penuh dengan berbagai macam realita kehidupan sehari-hari. Dengan mengunjungi tempat yang bisa membuat pikiran fresh maka sama saja seperti mengobati hati yang sudah terlalu sumpek dengan realita pekerjaan seminggu ini.

Pemandangan Gunung Bagus Paliyan Gunungkidul
Ladang jagung Gunung Bagus.

Gunung Bagus Paliyan adalah area hutan rakyat yang morfologinya terdiri dari bukit-bukit kecil. Semua lahan di area ini sedang ditanami jagung. menurut warga sekitar area ini sebenarnya memang untuk area hutan jati. Nah, untuk mengisi kekosongan karena pohon jati sudah di babat, maka untuk sementar area ini ditanami jagung varietas unggul. Sehingga saat tumbuhan jagung tumbuh besar, area ini terlihat begitu memukai dan instagramable banget. Menyerupai Bukit Teletubbies yang sering nongol di layar kaca.

Gunung Bagus Paliyan ini adalah sebuah area hutan rakyat milik Dinas Kehutanan DIY. Area ini terletak di kawasan RPH (Resort Pemangkuan Hutan) Desa Giring, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya dekat dari Balai Desa Giring. kumpulan bukit karst kecil yang berkumpul di area ini menambah suasana indah jika kita berada di sana. Dan sekarang, kawasan Gunung Bagus Paliyan ini merupakan spot foto yang paling banyak dicari untuk mendapatkan hasil foto yang bagus. Terbukti dengan viral-nya Gunung Bagus beberapa waktu lalu.

Rute Perjalanan Menuju Gunung Bagus dari Jogja

Jalan menuju Gunung Bagus sudah sangat baik, sudah beraspal halus. Sehingga baik motor maupun mobil bisa melewati area ini. Letaknya sangat dekat dengan Wisata Pantai Baron, sehingga selain mengunjungi Pantai Baron, kalian bisa mengunjungi Gunung Bagus pada perjalanan pulangnya. Akan tetapi jika ingin mendapatkan suasana sepi dan fresh, sebaiknya memilih waktu pagi hari untuk mengunjungi Gunung Bagus ini.

RPH Desa Giring, Paliyan, Gunungkidul
RPH Desa Giring, Paliyan, Gunungkidul.

Jika kalian berasal dari Jogja, rute perjalanan menuju Gunung Bagus sangatlah mudah, Rute paling cepat adalah melewati Jl Wonosari – melewati Bukit Bintang Pathuk – Bunderan Siyono Wonosari ambil arah ke kanan(arah selatan) –  melewati Jl Kyai Legi – Perempatan lampu merah pancuran kemudian ambil arah ke Jl Ki Ageng Giring – melewati Jl Ki Ageng Giring – smpai di pertigaan Wereng ambil arah kanan menuju Jl Raya Wonosari-Paliyan – kemudian mentok pertigaan menuju jalan Giring Singkil – terus lurus meleati jalan Giring Singkil sejauh 3Km. Area Gunung Bagus Paliyan tepat berada di jalan Giring Singkil yang merupakan sebuah ladang jagung di kawasan RPH Giring.

Fasilitas Umum dan Harga Tiket Masuk

Area RPH Gunung Bagus ini belum menjadu sebuah destinasi wisata, tapi keindahan alamnya bisa dikatakan sebuah tempat wisata. Sehingga di Gunung Bagus ini belum ada tiket masuk untuk masuk ke areanya. Namun, ada retribusi parkir yang dikelola secara baik oleh warga setempat. Untuk kendaraan roda 2 cukup mengeluarkan Rp.2000 sekali parkir. Dan untuk kendaraan roda 4 cukup mengeluarkan Rp.3000 sekali parkir.

Untuk fasilitas umum memang belum begitu terpenuhi, karena memang hanya dikelola oleh warga setempat. Fasilitas kamar mandi sudah ada, kalian hanya pelru mengeluarkan Rp.2000 untuk sekali menggunakan kamar kecil tersebut. Fasilitas lainnya adalah tempat parkir dadakan yang sederhana sudah tersedia. Jangan cemas, karena warga setempat akan menjadi petugas parkir yang senantiasa menjaga kendaraan anda dengan aman. Hal ini juga bisa menambah perekonomian warga setempat.

Spot Selfie dari Atas Bukit

Di Gunung bagus ini terdapat beberapa spot selfie yang bisa dijadikan latar belakang. Memang kalau sudah diedit dengan software, hasil foto akan lebih memuaskan, karena warna hijau yang solid ini menggugah visual mata ketika melihat hasil foto berlatar belakang bukit di Gunung Bagus Paliyan ini.

Pemandangan Gunung Bagus Paliyan Gunungkidul
Pemandangan Gunung Bagus Paliyan Gunungkidul.

Pemandangan yang sangat luar biasa jika kalian berada di atas bukit ini dan pastinya bisa menghasilkan foto yang indah sesuai selera kalian. Untuk naik ke atas bukit, masyarakt juga sudah menyiapkan pagar pembatas sehingga aman bagi semua kalangan, dan jangan merusak tanaman jagung ya, satu hal yang harus diingat, jangan buang sampah sembarangan. Disini sudah disediakan tong sampah di titik tertentu. Mari kita selalu jaga kebersihan dimanapun, tempat yang bagus ini tidak pantas untuk dikotori. Kita sebagai manusia sudah seharusnya menjaga kebersihan.

Tujuan pilihan untuk keluarga anda

Areal Gunung Bagus ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama teman dekat, maupun keluarga kecil kalian. Selain untuk merefreshkan pikiran, bermain ke Gunung Bagus ini bisa membuat hati menjadi lebih terjaga moodnya. Jadi setelah melihat penjelasan diatas, Kapan kalian berkunjung ke tempat satu ini? Ayo ajak keluarga, teman, dan sahabat terdekat anda ke Gunung Bagus, Untuk membuktikan bahwa pemandangan disini tidak kalah dengan pemandangan pegunungan dan bukit hijau di Sumba. Selamat berjalan-jalan teman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.