Menikmati Hamparan Pasir Putih dan Laut Biru di Pantai Indrayanti

0
77
pantai indrayanti, pantai di gunungkidul

Pantai Indrayanti merupakan salah satu dari banyak pantai di Gunungkidul yang terkenal akan keindahannya. Pantai ini merupakan pantai yang paling populer di kalangan para wisatawan lokal maupun mancanegara. Kabupaten Gunungkidul yang merupakan salah satu wilayah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memang dikenal akan dataran tinggi yang indah dan pantai-pantai dengan pemandangan yang menakjubkan. Mau tahu lebih banyak tentang keindahan pantai yang menjadi objek wisata bahari di Kabupaten Gunung Kidul ini? Simak, ya.

Panorama Pantai

pantai indrayanti, pantai di gunungkidulApa yang bisa dinikmati oleh wisatawan di objek wisata bahari ini? Jawabannya adalah hamparan pasir putih yang berpadu dengan air laut biru yang jernih serta bebatuan besar yang mengelilinginya. Tak hanya itu, para wisatawan juga akan menyaksikan Samudra Hindia yang punya julukan sebagai lautan terhangat di dunia.

Asal Muasal Nama Indrayanti

pantai indrayanti, pantai di gunungkidulNama Indrayanti yang disematkan pada pantai di Gunungkidul ini ternyata ada sejarahnya. Nama Indrayanti di kalangan masyarakat Indonesia umumnya digunakan untuk nama perempuan. Nama pantai ini berasal dari sebuah restoran yang bernama “Indrayanti”. Nama itu diambil dari nama pemilik restoran tersebut yang ternyata seorang perempuan.

Papan nama restoran tersebut terpampang di depan pantai. Karena pantai ini tak bernama, akhirnya orang-orang yang merekomendasikan objek wisata ini menyebutnya dengan nama Pantai Indrayanti. Sebenarnya pantai di Gunungkidul ini memiliki nama resmi yang diberikan oleh Pembab Gunungkidul, yaitu Pantai Pulang Syawal.

Aktivitas Seru di Pantai Indrayanti

pantai indrayanti, pantai di gunungkidulSaat berkunjung ke pantai di Gunungkidul ini, biasanya pengunjung lebih sering menghabiskan waktunya dengan jalan-jalan, duduk di tepi pantai sambil menyaksikan indahnya pemandangan laut lepas, bermain bersama anak-anak di area bermain, atau menjelajahi pantai dengan menggunakan jet ski yang harga sewanya Rp250.000 per 15menit. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati kuliner di kafe atau restoran yang berada di dekat pantai. Tak hanya enak rasanya, makanan seafood di sini juga murah harganya. Untuk penyuka petualangan, mereka bisa berkemah di tepi pantai. Di sini terdapat beberapa lokasi yang bagus untuk berkeman dan menikmati malam yang syahdu.

Objek Wisata Terdekat

Pengunjung yang datang ke pantai ini bisa juga menikmati pantai-pantai lain yang letaknya tak jauh dari Indrayanti. Pantai-pantai di Gunungkidul ini tak kalah indahnya. Sebut saja Pantai Sundak, Pok Tunggal, Sadranan, Krakal, Slili, dan Omadeng, Nandong, semua pantai ini letaknya berdekatan dengan Pantai Indrayanti.

Fasilitas dan Tiket Masuk

Apa saja fasilitas pendukung yang ada di Pantai Indrayanti? Di sini terdapat banyak kafe untuk bersantai sejenak juga tempat makanan yang menjual kudapan khas pantai. Ada juga gazebo serta payung pantai yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk beristirahat. Oh iya, untuk masuk ke pantai di Gunungkidul ini pengunjung dikenakan tiket masuk seharga Rp10.000.

Bagi yang ingin menginap di Pantai Indrayanti, jangan khawatir. Ada beberapa penginapan di sini yang memiliki konsep “Back to Natre”. Penginapan ini ada yang terletak di bawah bukit ada juga yang berupa rumah panggung seperti di Papua.

Lokasi

Pantai Indrayanti terletak di Desa Tepus, Kec. Tepus, Kab. Gunungkidul, Prov. Daerah Istimewa Yogyakarta.  Untuk tiba di sini, wisatawan bisa menggunakan angkutan umum, seperti bus dan Trans jogja. Bisa juga dengan menggunakan pesawat udara ke Bandara Adi Sutjipto. Pilihan lainnya adalah dengan menggunakan kereta api dengan memilih kereta yang menuju Stasiun Kereta Tugu.

Baca juga:

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Indrayanti, JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN! Kalian akan dikenakan denda sebesar Rp10.000 oleh petugas. Sayangi pantai dengan membuang sampah di tempat yang telah disediakan atau bawa dalam tas kemudian buang saat menemukan tempat sampah.

Penulis:

Sansan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.