Menikmati Hamparan Hijau Rawa Danau dari Ketinggian

0
1505
Kantor Balai Besar Sumber Daya Alam Rawa Danau.

Travelovers, Rawa Danau merupakan cagar alam yang terdapat di Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Cagar alam ini merupakan salah satu hutan air tawar terbesar yang ada di Pulau Jawa. Luasnya mencapai 2.500 ha dan panjangnya sekitar 10 km. Cagar alam ini merupakan rumah bagi berbagai macam flora, seperti pohon gaharu, gintung, bungur, dan lainnya.

Berbagai macam fauna juga dapat kamu temukan di sini jika kamu menyusuri Rawa Danau ini dengan menggunakan sampan, seperti musang air, lutung, monyet ekor panjang, babi hutan, burung elang, burung kuntul, burung raja udang, ular sanca, kura-kura, buaya, biawak, ikan gabus, ikan sepat, dan yang lainnya.

Lokasinya memang agak jauh dari pusat kota, yaitu sekitar 32 km dari Alun-alun Kota Serang menuju Desa Batukuwung, Padarincang. Secara administrasi pemerintahan, Cagar Alam Rawa Danau ini terletak di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Padarincang, Kecamatan Pabuaran, dan Kecamatan Mancak. Jika kamu ingin menyusuri Rawa Danau ini, sebaiknya datang dan berkonsultasi terlebih dahulu dengan pegawai Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kota Serang. Jadi, perjalanan kamu akan terasa aman, karena akan mendapat pantauan dari pegawainya tersebut.

Pemandangan Cagar Alam Rawa Danau dari Ketinggian.

Travelovers, Cagar Alam Rawa Danau, atau Rawa Dano dalam bahasa setempat, memang bukan destinasi wisata yang family friendly. Menyusuri sungai dan hutan di rawa danau ini hanya cocok bagi anak-anak milenials yang berjiwa petualang dan untuk para pecinta alam. Tapi, kamu jangan khawatir tidak dapat menikmati suguhan alam yang luar biasa ini. Karena, kamu masih bisa menikmati hamparan hijau Rawa Danau dari ketinggian, yaitu dengan mendatangi Kantor Balai Besar Sumber Daya Alam-nya yang berlokasi di Desa Luwuk, Kecamatan Mancak.

Kantor Pusat Informasi Kabupaten Serang ini berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Serang dengan menggunakan jalur melalui Jalan Raya Mancak. Nah, di dekat kantor inilah ada tempat wisata yang disediakan untuk kamu menikmati pemandangan luasnya alam Rawa Danau yang dikelilingi oleh gunung-gunung yang melingkupinya. Memang tempatnya sangat sederhana, tidak banyak fasilitas yang disediakan oleh tempat ini.

Tetapi, hamparan hijau Cagar Alam Rawa Danau akan cukup jelas terlihat jika kamu berdiri di area ini. Ditambah, suasana tenang dan nyaman serta lingkungan yang hijau dan sejuk menjadi point plus jika kamu mengunjungi tempat wisata ini. Sambil menikmati makanan dan minuman yang bisa kamu beli di warung-warung sekitar sini, akan semakin membuat kamu betah duduk berlama-lama untuk melihat hamparan luas Rawa Danau yang juga berperan sebagai area penyediaan air untuk wilayah di sekitarnya. Rawa Danau ini juga berfungsi sebagai reservois bagi wilayah setempat.

Kantor Balai Besar Sumber Daya Alam Rawa Danau.

Ada beberapa pedagang air kelapa muda dan minuman hangat yang bisa kamu nikmati selagi memandangi alam Rawa Danau dengan ditemani kicauan burung yang sering hinggap di atas pohon-pohon pada sekitar tempat ini. Menurut saya, tempat wisata ini sangat dibutuhkan bagi masyarakat Kota Serang dan kota-kota di sekitarnya, seperti Kota Cilegon dan Tangerang. Karena, seperti yang kita ketahui bahwa suhu udara di Kota Serang yang terkenal dengan makanan khasnya rabeg dan nasi sumsum ini cukup panas. Apalagi di kota Tangerang dan Cilegon yang terkenal sebagai kota industri.

Jadi, Travelovers, untuk kamu yang hanya ingin menikmati Cagar Alam Rawa Danau dari ketinggian, kamu bisa datang ke tempat wisata yang dekat dengan Kantor Pusat Informasi Cagar Alam Rawa Danau ini. Hamparan Hijau Rawa Danau yang sebagian besar tertutupi oleh air ini akan segera kamu nikmati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.