Menikmati Gagahnya Gunung Merapi Dari Kali Talang Klaten

0
141
Menikmati Gagahnya Gunung Merapi.

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung berapi teraktif di dunia. Gunung dengan ketinggian 2.930 meter di atas permukaan laut (mdpl) yang terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta.

“Merapi tak pernah ingkar janji” Istilah inilah yang sangat melekat pada gunung berapi ini. Pesona keindahannya yang tak bisa dipungkiri membuat siapapun terpukau melihatnya. Itulah alasan mengapa Gunung Merapi tak pernah sepi oleh para pendaki. Untuk menuju puncak terdapat 3 jalur yaitu jalur via Selo (Boyolali), Kinahrejo (Sleman) dan Babadan (Magelang). Buat kamu yang pengen menikmati keindahan dan kesejukan Gunung Merapi tapi tidak pandai mendaki jangan berkecil hati. Banyak sekali objek wisata yang berada di sekitar kaki Gunung Merapi yang menyajikan view yang begitu indah. 

Objek wisata Kali Talang merupakan salah satu alternatif untuk menikmati gagahnya merapi. Kali Talang terletak di Desa Balerante, Kemalang, Kabupaten Klaten Jawa Tengah dengan ketinggian sekitar 1.160 mdpl. Berjarak sekitar 4 km dari Gunung Merapi membuat puncak dan kawahnya terlihat begitu jelas. Waktu tempuh dari Kota Klaten menuju Kali Talang sekitar satu jam atau sekitar 30 km.

Spot Foto yang ada di Kali Talang.

Ada beberapa rute untuk menuju objek wisata ini, dan bagi kamu yang tinggal di Solo, Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar dan daerah timur klaten lainnya yang ingin mengunjungi Kali Talang saya sarankan melalui rute via Kecamatan Manisrenggo. Kalau kamu mengunjungi Kali Talang via Deles Indah, jalan yang akan kamu hadapi kurang bersahabat. Ini karena kamu harus melewati sungai aliran lahar hujan Gunung Merapi yang jalannya berdebu dan berpasir. Kamu pun harus berbagi jalan dengan truk tambang apabila kamu melewati jalur ini.

Maka dari itu saya lebih merekomendasikan jalur via Kecamatan Manisrenggo karena jalannya sudah beraspal halus dan bisa dilalui mobil. Untuk rutenya sendiri dari kantor Kecamatan Manisrenggo ambilah jalur ke arah barat. Nanti kamu akan sampai di perempatan yang mana merupakan perbatasan antara Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Dari perempatan ambil kanan ikuti jalan utama sampai sekitar 10 km. Nanti kamu akan menemukan plang-plang yang menuju ke objek wisata Kali Talang jadi gak usah takut nyasar. 

Awan menyelimuti Gunung Merapi.

Harga Tiket Objek Wisata Kali Talang

Untuk masuk Kali Talang kamu hanya dikenakan biaya tiket sebesar Rp 5.000 saja. Harga yang relatif murah untuk menikmati keindahan Gunung Merapi ini. Fasilitas yang ada di sana juga sudah lumayan bagus. Ada toilet, parkiran dan beberapa warung yang menjajakan dagangannya. Dari tempat parkir kamu harus berjalan ke atas sekitar 5 menit untuk sampai ke spot foto yang tersedia di Kali Talang ini.

Oh iya, saya sarankan kalau main ke sini pas pagi ya jangan siang. Kenapa kok pagi? ya karena kalau pagi Merapinya masih keliatan, kalau sudah siang biasanya sudah tertutup awan. Saya sendiri sudah 3x main ke Kali Talang, 2x dapet view Merapi dan 1x zonk karena kesiangan. Padahal pas di jalan merapinya kelihatan, tapi pas nyampe di lokasi Merapinya sudah hilang alias ketutup awan.

Semenjak saat itu saya kalau ke sini berangkat dari rumah jam 05.00 pagi dan sampe di Kali Talang sekitar jam 06.00. Kalau pas hari libur jam segitu biasanya sudah ada orang yang main. Jadi, ya harus antri kalau mau foto. Buat foto prewedding juga bagus loh, hehe. Jadi kapan kalian mau ke sini? yuk ke sini bareng aku. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.