Menikmati Film Eropa di Europe on Screen (EoS) 2019

0
1793
Erasmus Huis Auditorium.

Voila! Europe on Screen datang lagi. Kalian ada yang sudah datang ke EoS minggu ini?Hmm, Bagaimana film-film eropa yang tayang kali ini? Pasti lebih seru, bukan. Disini saya mau coba berbagi info sedikit mengenai Europe on Screen (EoS).

EoS merupakan salah satu festival film tahunan terbesar di Indonesia. EoS sendiri sudah memasuki tahun kesembilan belas, yang kali ini akan menayangkan 101 film terbaik dari eropa. Melalui film-film yang diputar di EoS, kita bisa belajar mengenal budaya dari benua biru tersebut. Di sini kita akan di sajikan berbagai film eropa dengan berbagai tema dan genre dari berbagai negara di eropa, seperti, United Kingdom, Perancis, Italia, Swedia, Norwergia, Belanda dan negara uni Eropa lainnya.

Spanduk Besar Europe on Screen di Erasmus Huis.

EoS 2019 resmi dimulai pada tanggal 18 april 2019 dan berakhir pada 30 April 2019 (13 hari). EoS 2019 diselenggarakan di 8 kota di Indonesia, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, dan Medan. Serta ada dua penambahan kota, yaitu Bekasi dan Tangerang. Di Jakarta, Bekasi, dan Tangerang, EoS 2019 diselenggarakan di beberapa tempat berbeda, dari pusat kebudayaan, Universitas, hingga Mall.

Seperti Goethe-Institut, Institut Francais Indonesie (IFI), Erasmus Huis, Istituto Italiano, Komunitas Salihara, Ke: Kini Ruang Bersama, Kineforum, Epicentrum XXI Bintaro Jaya Xchange, BINUS Alam Sutera, Universitas Multimedia Nusantara, dan Summarecon Mall Bekasi. Film-film yang diputar di berbagai lokasi ini bisa dinikmati oleh masyarakat umum dan untuk mendapatkan member card dan tiket screening-nya tidak dipungut biaya alias gratis.

Antusias Pengunjung yang sedang Mengantri Tiket Screening.

Agar tidak kehabisan tiket, pengunjung bisa datang satu jam dari jadwal pemutaran untuk mendapatkan tiket screeningnya karena kapasitas venue yang tersedia terbatas. Dan bagi pengunjung yang datang mohon diperhatikan mengenai klasifikasi umur untuk setiap film yang diputar (semua umur, 12+, 17+ atau 21+). Film-film yang ditayangkan di EoS beragam, dari yang Drama, Action, Comedy, Dokumenter, hingga animasi. Untuk temanya sendiri biasanya dilatar belakangi kehidupan, budaya, dan sejarah eropa yang beragam.

Di hari kedua EoS 2019, saya menyempatkan datang ke venue yang berada di daerah Kuningan Timur, Jakarta Selatan, Pusat Kebudayaan Belanda, Erasmus Huis. Film pertama yang saya tonton adalah U-July 22. Film dari Norwegia ini mengisahkan tentang peristiwa terorisme (based on the true event) yang sempat menghebohkan dunia pada bulan Juli 2011. Karena tidak hanya Oslo yang menjadi lokasi target teroris sadis tersebut, pulau kecil Utoya pun menjadi lokasi sasarannya, dimana lokasi tersebut sedang diadakan summer camp oleh ratusan anak-anak sekolah, yang menimbulkan teror mencekam dan ratusan korban jiwa berjatuhan.

Katalog Eos 2019, Member Card, dan Tiket Screening.

Film ini banyak memenangkan penghargaan dan nominasi di ajang perfilman bergengsi seperti, Amanda Awards, Berlin International Film Festival 2018, dan European Film Awards 2018. Film berikutnya ada There Is No Place Like Home dari Italia dan The Interpreter dari Slovakia. Kedua film ini pun menjadi pemenang dan nominasi di ajang perfilman bergengsi di eropa.

Erasmus Huis menyediakan dua layar, ada yang di Erasmus Huis Auditorium indoor dan outdoor. Pengunjung bisa pilih, karena film yang diputar pun akan berbeda di setiap layarnya. Di Erasmus Huis tersedia kafetaria, bagi yang mau makan siang, jajan, atau sekedar mengopi, pengunjung tidak perlu repot keluar gedung.

Erasmus Huis Exhibition.

Bagi yang belum sempat datang ke EoS 2019 masih ada waktu sampai akhir bulan April. Dengan datang dan menonton film yang ditayangkan di EoS sedikit banyak kita bisa belajar mengenal budaya eropa yang kaya dan beragam antara negara yang satu dengan yang lainnya. Dan film-film yang ditayangkan di EoS merupakan film-film yang memang popular, box office (di negara asalnya), menjadi nominasi atau memenangi berbagai penghargaan perfilman bergengsi. Jadi memang benar-benar film yang berkualitas dan layak untuk ditonton.

So, what are you waiting for? Come and enjoy the movie. Ciao.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.