Menikmati Eksotisme Pantai Ora di Timur Indonesia

0
773

Indonesia Timur memang kaya akan pulau-pulau dengan pantainya yang indah. Salah satu pulau wilayah timur yang dikenal memiliki pantai yang Indah adalah Maluku. Apakah Kamu pernah mendengar Pantai Ora?

Memang pantai ini belum seterkenal Pantai Seminyak atau pantai-pantai lain di Bali tetapi keindahannya tak kalah dari pantai-panta tersebut. Pantai yang sudah menjadi bahan tulisan di Travel Blog Indonesia dan masuk dalam paket travel ini terletak di Pulau Seram, di Maluku Tengah, tepatnya di ujung barat teluk Sawai bersebelahan dengan Desa Saleman dan Sawai, di ujung hutan Taman Nasional Manusela. Pantai ini diberkahi dengan pasir putih juga air yang jernih dan ombaknya yang tenang. Selain itu, Pantai Ora juga kaya dengan terumbu karang yang berpadu dengan biota laut yang terdiri dari beragam jenis.

Keindahan Pantai Ora sering disamakan dengan pantai-pantai di mancanegara, seperti Pantai Boracay di Filipina, pantai di Maladewa atau Maldives dan Pantai Bora-Bora yang berada di Samudera Pasifik. Walaupun baru terkenal baru-baru ini, Pantai Ora sukses menarik kedatangan sekitar 500 turis tiap tahunnya dan terus meningkat. Umumnya wisatawan asing yang mengunjungi Pantai Ora berasal dari Jepang, Belanda juga Amerika Serikat.

Aktivitas Wisata di Pantai Ora
Diving dan Snorkeling
Diving di Pantai Ora (Instragram/@iphaano)

Karena terkenal akan keindahan taman bawah lautnya, air lautnya yang jernih seperti kaca, juga pantainya yang bersih membuat pengunjung dapat melihat bebatuan dari atas. Taman bawah laut yang indah itu juga menjadi tempat yang menarik untuk diving dan snorkeling. Tak perlu menyelam dalam-dalam untuk bisa menikmati pemandangan bawah lautnya. Kurang dari 2 meter, kamu sudah dapat menyaksikan hamparan terumbu karang dan ikan warna-warni. Bagi kamu yang ingin diving ataupun snorkeling, spot terbaik adalah yang berdekatan dengan tebing.

Wisata Kuliner
Bapeda (flickr.com/Fandi Ahmad Armayuzar)

Ketika traveling, hal lain yang asyik untuk dilakukan adalah wisata kuliner. Jika kamu berlibur ke Pantai Ora, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas daerah Maluku. Kamu harus mencoba makanan pokok penduduk Maluku, bapeda, yang disantap dengan ikan. Selain menikmati makanannya, kamu juga bisa menyaksikan langsung proses pembuatan sagu.

Wisata Budaya
Desa Saleman (Instagram.com/v.pattiasina)

Hal lain yang menarik saat pergi jalan-jalan ke daerah wisata adalah mengenal adat budaya penduduk setempat. Desa Saleman dan Desa Sawai merupakan desa yang mengapit Pantai Ora. Kedua desa tersebut dikenal juga sebagai desa adat atau negeri adat. Desa Saleman dan Sawai merupakan surga bagi para penikmat semua hal yang berbau kebudayaan tradisional. Jika kamu tertarik untuk mengenal suku asli yang ada di Maluku, berkunjunglah ke Kepualauan Seram karena di sini kamu bisa bertemu dengan suku Alifuru, Hoaulu dan suku-suku asli lainnya.

Berkemah
Kemah di tepi pantai (Instagram.com/explorealamjogja)

Berkemah adalah salah satu aktivitas yang banyak dilakukan oleh para backpacker. Jika kamu adalah salah satu backpacker yang tertarik untuk berkemah, kamu bisa mendirikan tenda di tepi pantai yang berdekatan dengan tebing. Berkemah di tepi pantai sambil mendengarkan deburan ombak menambah keasyikanmu traveling di Indonesia bagian timur ini.

Menjelajahi Goa
Goa Laut (Instagram.com/myperfectbodyismytemple)

Jika kamu tertarik untuk menjelajahi goa yang ada di Pantai Ora, kamu bisa mengunjungi Goa Laut. Goa ini terletak di Desa Saleman. Lebih tepatnya berada di antara Tebing Hatupia dan Pantai Ora. Waktu tempuh dari Desa Saleman sekitar 15-20 menit sedangkan dari Pantai Ora sekitar 5-10 menit. Untuk bisa sampai di Goa Laut, kamu harus menaiki perahu motor atau speedboat. Jika berminat untuk berfoto di dalam goa, kamu harus menyelam dahulu, tentunya dengan mengenakan jaket pelampung, sebelum muncul di dalam goa. Ingin berfoto dengan pose mengambang? Bisa tapi juru foto harus mengambil foto dari atas tebing.

Traveling di Indonesia memang tak akan pernah bosan karena akan selalu bermunculan tempat wisata baru yang layak untuk kunjungi. Bagi kamu berencana liburan ke daerah timur Indonesia, pastikan untuk tidak melewatkan Pantai Ora.

 

Penulis: Siti Hasanah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.