Menikmati Cantiknya Senja di Candi Ijo, Yogyakarta

0
485
Betapa cantiknya senja di Candi Ijo Yogyakarta.

Pasti travelovers juga udah sering banget kan main ke kota yang Istimewa ini. Entah rindu dengan suasananya, rindu dengan keramahtamahan penduduknya, kulinernya dan juga tempat wisata tentunya. Makanya ke Jogja itu nggak cukup satu atau dua kali, asli!

Bicara tempat wisata, ada banyak banget tempat wisata di Yogyakarta yang wajib kalian kunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner, sampai ke wisata belanja pun ada disini. Seperti tempat wisata yang satu ini nih yang sudah nggak asing buat teman-teman yang “doyan” berjalan.

Namanya adalah Candi Ijo. Yaps, pasti udah nggak asing lagi kan di telinga kalian tentang Candi Ijo ini? Dan ini pun kali kedua saya mengunjungi salah satu situs sejarah di Sleman Yogyakarta ini. Bukan tanpa alasan saya mengujungi Candi Ijo ini, selain untuk berkeliling untuk melihat situs yang sarat akan sejarah, Candi Ijo ini pun menjadi tempat yang paling cocok untuk menikmati senja di sore hari, Serius!

Terletak di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Candi Ijo ini memang lokasinya berada di atas perbukitan. Sekitar 40 menit kurang lebih waktu yang ditempuh dari pusat kota menuju Candi Ijo. Sebelum sampai ke Candi Ijo ini, kalian pun akan melewati banyak tempat wisata seperi Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, Tebing Breksi, dan sampailah kalian di Candi Ijo. Lengkap kan, travelovers?

Sebagian sisi Candi Ijo yang menawan.

Kalian cukup memarkirkan kendaraan kalian di sisi sebelah kiri dan kanan candi dan jalan kaki sedikit. Tenang, ada banyak tempat parkirannya kok jadi jangan khawatir yah. Oh iya, cukup merogoh kocek Rp3.000,00 untuk parkir motor dan Rp5.000,00 untuk parkir mobil ditambah Harga Tiket Masuk (HTM) Candi Ijo sebesar Rp5.000,00 untuk wisatawan lokal dan Rp10.000,00 untuk wisatawan asing yang akan berkunjung ke Candi Ijo ini. Sangat murah kan, travelovers?

Travelovers, kalian sudah bisa mengunjungi Candi Ijo ini mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB. Tapi saran saya, kalau bisa kunjungan ke Candi Ijonya pagi atau nggak sore saja, soalnya kalau siang panas banget, wajib memakai topi atau payung. Oh iya, biasanya loket akan dibuka hingga menjelang senja datang, yaitu pukul 17.30 WIB. Makanya usahakan kalian datang sebelum pukul segitu atau selepas sholat Ashar.

Karena bentuknya menanjak dan berundak, makanya selepas sholat Ashar adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi Candi Ijo ini. Langit yang mulai berdamai, bangunan-bagunan candi yang meninggalkan banyak cerita sejarah, hingga penampakan Bandara Adi Sucipto yang selalu sibuk bisa dilihat dari sini.

Dan pemandangan epic yang sebentar lagi akan kalian rasakan yaitu pamitnya matahari menuju peraduannya. Candi Ijo ini merupakan tempat yang cocok untuk menikmati senja yang menguning di angkasa. Makanya, seringnya pengunjung akan ramai datang menjelang senja. Mereka sudah duduk rapi di pelataran Candi Ijo, menikmati pemandangan yang luar biasa cantiknya.

Epic banget kan travellovers Candi Ijonya?

Langit yang mulai menguning, semilir angin, pemandangan perkotaan yang seakan tak pernah sepi, hingga background Gunung Merapi yang dengan jelas terlihat oleh mata dari sini, membuat siapapun yang melihatnya akan terkagum-kagum. Benar kata orang-orang, Candi Ijo merupakan salah satu tempat yang paling cocok menikmati senja di Yogyakarta.

Semakin sore semakin gelap dan semakin syahdu suasananya, Matahari yang sudah kembali keperaduanya digantikan dengan kerlap-kerlip lampu-lampu di perkotaan bak melihat bintang-bintang di langit. Pemandangan yang sangat cantik dan jarang terlihat di perkotaan. Sungguh cantik dan tak terlupakan menikmati senja di Candi Ijo ini.

Travelovers, biasanya selepas azan Magrib petugas mulai menyuruh pengunjung untuk turun karena jam operasional Candi Ijo sudah berakhir. Jadi waktu kita sudah abis untuk menikmati senja. Kalian bisa mencoba untuk menikmati senjanya besok lagi, ya.

Untuk travelovers para penikmat senja, Candi Ijo bisa menjadi salah satu referensi untuk kalian kunjungi, untuk menikmati senja di Yogyakarta. Oke, selamat berlibur ya, travelovers.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.