Menikmati Candi Gedong Songo yang Eksotis

0
1391
Spot Wajib Bagi Pengunjung.

Hari itu kami memutuskan untuk berwisata di Bandungan Semarang. Untuk menikmati buah durian sekaligus melihat kemegahan Candi Gedong Songo yang Eksotis itu.

Perjalanan kami mulai dari Solo menuju Ambarawa melalui jalan utama. Jalan aspal yang halus membuat kami menikmati perjalanan itu dengan rasa bahagia. Namun, ketika memasuki Bandungan, lebih tepatnya Pasar Wisata Bandungan, jalanan sudah mulai macet parah. Beragam moda transportasi mulai dari Bus besar, bus travel, mobil pribadi dan motor tumplek blek jadi satu di jalanan sempit nan berliku menuju ke arah Candi. Kami harus cukup bersabar untuk memberikan jalan kepada kendaraan lain yang mau lewat.

Perjalanan Menuju Bandungan.

Sebelum mencapai Candi Gedong Songo, jalanan akan mulai menanjak naik dan beberapa kelokan tajam. Di sisi jalan terdapat objek wisata taman bunga yang indah yang bisa kalian gunakan untuk selfie dengan latar belakang banyak bunga yang sedang mekar. Taman ini bernama Taman Bunga Celosia.

Loket Pintu Masuk Candi.

Harga tiket masuk yang hanya 10.000 untuk lokal dan 75.000 untuk turis asing menjadikan tempat ini sangat ramai. Mulai dari anak-anak pramuka yang berkemah, sampai dengan rombongan ibu-ibu PKK berwisata di tempat ini. Jadi, hindarilah berkunjung pada hari libur dan weekend untuk mendapatkan hasil foto yang kece.

Kompleks candi ini sangat luas, tidak seperti Candi lain yang hanya satu tempat itu saja. Namun Candi Gedong Songo ini tersebar dimana-mana. Kalian akan membutuhkan waktu yang lama untuk mengitari semua Candi yang berjumlah 6 ini. Jarak antar satu Candi dengan yang lain juga sangat jauh, apalagi jalanan yang menanjak, menuruni lembah. Tapi, tenang saja teman. Ada bapak-bapak yang menawarkan jasa untuk naik kuda kok,kalian cukup merogoh kocek sebesar 50.000 untuk bisa berkeliling tanpa keluar keringat.

Candi Gedong 1 sebagai candi pembuka untuk jajaran candi selanjutnya.

Candi Gedong 1 merupakan candi pertama yang akan kalian temui dari jajaran candi itu. Karena merupakan candi paling dekat dengan pintu masuk dan paling mudah dijangkau, maka spot ini sangat ramai. Untuk mengambil foto dengan pose kece pun kalian harus mengantre dengan pengunjung lain yang punya keinginan sama.

Dari tempat ini sebenarnya sudah menyajikan pemandangan yang indah khas pegunungan, tapi jika kalian kurang puas, kalian dapat menyusuri jalan yang sudah di cor untuk naik agar mendapatkan view yang lebih eksotis. Yang menjadi primadona adalah Candi Gedong III yang sering digunakan oleh acara-acara TV. Sedangkan antara Gedong III dan IV terdapat area yang luas, sering digunakan anak-anak pramuka melakukan kegiatan. Karena juga dekat dengan sumber mata air.

Candi Gedong 1 Yang Penuh Pengunjung Ingin Berfoto.

Tidak hanya mengenai candi, di dekat pintu masuk Candi terdapat beberapa spot foto yang instagenic banget bernama Ayana yang ditandai dengan balon udara yang melayang-layang. Dengan membayar 25.000 kalian dapat berfoto kece, tapi harus bayar 5.000 per spot. Fasilitas yang ada berupa bubble, lounge dan masih banyak lagi yang disediakan khusus untuk foto-foto. Dengan latar belakang pemandang alam pegunungan akan menambah kesempurnaan foto kalian.

Di sekitar Candi terdapat banyak penyedia penyewaan tikar. Tikar-tikar ini dapat kalian gunakan untuk bersantai bersama teman atau keluarga sambil menikmati sejuknya udara gunung Ungaran. Ada juga penjaja makanan asongan yang hilir mudik menjajakan makanan dan minuman.

Oleh-oleh murah yang dapat kalian beli untuk orang tercinta.

Setelah kalian puas menikmati, dalam perjalanan ke tempat parkir, kalian dapat membeli beberapa oleh-oleh khas Candi Gedong Songo, seperti kaos, kerajinan tangan dan bahkan ada juga durian kalau lagi musimnya. Eh ya di bandungan juga terdapat banyak kebun yang menjual durian.

Itulah Candi Gedong Songo yang eksotis dan menantang jiwa kalian untuk berpetualang. Harap menyiapkan kendaraan yang prima untuk mencapai destinasi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.