Menikmati Bakso Inovatif Ala Bakso Boedjangan

0
172
Kedai bakso boedjangan.

Meskipun namanya Bakso Boedjangan, jangan diartikan bahwa yang tidak boedjangan alias ‘single’, tidak boleh masuk ya. Semuanya tetap boleh masuk dan menikmati hidangan bakso yang bernama unik ini. Sesuai dengan tagline dari bakso asal Bandung ini, yaitu uratnya nyoss, pedesnya joss, kejunya coss, bakso yang dijual di sini memang tidak main-main. Kualitas bakso yang dijual akan meningkatkan selera.

Bakso ini berbeda dari bakso-bakso lainnya dari segi cita rasa. Baksonya dibuat dengan tekstur bakso yang lembut karena dibuat sendiri. Dagingnya asli terbuat dari daging sapi dengan proporsi antara daging sapi dengan tepung lebih banyak dagingnya. Hal itu bisa dikenali dari warna baksonya yang abu-abu pekat, bukan putih. Kuah baksonya juga khas. Umumnya, kuah bakso hanya terdiri atas satu pilihan. Di sini, kuah bakso terdiri atas dua cita rasa yang bisa dipilih, yaitu kuah tulang dan kaldu gurih serta kuah kluwak rempah pedas.

Untuk menu, tidak perlu khawatir karena warung satu ini menyediakan banyak variasi menu. Namun, menu andalannya adalah bakso telur bebek. Sebenarnya, menu bakso ini dihidangkan di dalam mangkok dengan isian yang tidak terlalu berbeda dengan bakso telur ayam. Ada bakso telur bebek, mie kuning, mie bihun, dua bakso kecil, irisan sawi, rajangan daun seledri, dan bawang goreng. Akan tetapi, hal yang paling membedakan adalah cita rasa telur bebek setelah digigit. Paduan telur bebek dengan daging bakso terasa berbeda dengan telur ayam. Rasanya lebih berat dan pekat, begitu pula kuning telurnya.

Bakso wagyu cincang.

Menu lainnya yang tidak kalah disukai adalah bakso wagyu cincang pedas. Nah, kalau bakso telur bebek itu berisi telur bebek, sedangkan bakso ini menggunakan isian berupa daging wagyu cincang dicampur dengan cabai rawit. Meskipun demikian, rasa pedasnya tidak terlalu tinggi. Kalau mau mendapatkan rasa pedas yang sesuai, kalian bisa memilih kuah kluwak rempah pedas. Kuahnya berwarna sama dengan kuah rawon karena rempah kluwak yang digunakan. Untuk kalian pecinta pedas, kalian bisa memilih menu bakso super pedas. Isiannya bukan lagi cabai rawit dicampur dengan daging cincang. Isiannya sudah berupa kumpulan caabai rawit cincang. Sekali gigit, lidah dan mulut kalian akan terbakar karena sensasi pedas yang diberikan.

Jika kalian bukan pecinta pedas, kalian bisa memilih varian bakso keju. Isiannya sepotong keju sehingga saat daging bakso dibelah menjadi dua, kejunya akan meleleh. Kalau saya, saat menikmati bakso jenis ini, saya memilih menghabiskan kuahnya terlebih dahulu agar lelehan kejunya tidak bercampur dengan kuah baksonya.

Es alpukat durian kelapa.

Tidak hanya menu bakso yang disediakan, kedai ini juga menyediakan variasi menu lainnya. Ada menu black yamin, yaitu mie yang dihidangkan tanpa kuah dan berwarna hitam pekat. Pewarna yang disediakan adalah warna arang masak. Mie yamin jenis lain juga ada, seperti green yamin healthy, yamin kikil pedas, dan mie yamin premium telur ayam kampung. Bahkan, menu nasi goreng juga ada lho di sini. Nasi goreng urat boedjangan memang nasi goreng andalan di kedai ini. Potongan bakso urat digoreng bersama dengan nasi menjadikannya sangat nikmat. Tak hanya nasi goreng, ada menu nasi lainnya yang bisa kalian pilih, seperti nasi bakso teriyaki, nasi bakso saus telur asin, nasi bakso saus mentega, nasi bakso blackpepper, dan nasi kikil bakso pedas cabai hijau.

Kalian bisa menambah menu tambahan untuk menambah cita rasa, seperti ceker, tetelan, pangsit rebus, chicken wing, bakso goreng, dan cireng pandawa. Untuk minumannya bagaimana? Banyak juga yang bisa kalian pilih. Untuk menu andalannya, ada es kelapa, es alpukat kelapa, es alpukat durian kelapa, es durian, dan kelapa, alpukat kerok cokelat melted, es alpukat kelapa cokelat melted, dan ice chocolate.

Interior di kedai ini juga sangat menarik. Nuansanya didominasi oleh warna cokelat dan dindingnya menggunakan batu bata. Ornament yang digunakan juga sangat menarik. Dekorasi yang digunakan secara umum adalah vintage dan dipajang di rak-rak dinding. Ada termos, gelas, teko besi, kaleng kerupuk, dan lukisan jadul.

Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.