Menikmati Akhir Pekan di Coban Pelangi

0
350
Gerbang air terjun Coban Pelangi.

Coban Pelangi yang berada sejalur dengan jalan menuju Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Malang, Jawa Timur, memang tak dapat disangkal keindahannya. Bukan hanya kesegaran air terjunnya, tetapi pelangi yang muncul akibat pembiasan cahaya matahari yang melewati tetes-tetes percikan air terjun bagai hujan. Tidak salah jika kemudian air terjun ini dinamakan Coban Pelangi.

Berada di dalam cekungan atau tengah-tengah bukit, membuat sang pelangi tidak muncul sepanjang hari. Namun hanya muncul di antara pukul 10.00 sampai sekitar pukul 12.00 bila cuaca cerah dan matahari bersinar. Akan tetapi, meskipun tidak bertemu dengan sang pelangi, setiap sudutnya menarik untuk diabadikan dalam bidikan kamera. Ada banyak spot instagenik yang bisa dengan mudah Sobat dapatkan.

Coban Pelangi terletak di Dusun Ngadas, Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Harga tiket masuk per orang Rp15.000 rupiah dan parkir motor Rp5.000/motor. Dari pos atau tempat parkir, diperlukan jalan kaki sekitar 15 sampai 20 menit untuk sampai di air terjun. Ada beberapa warung makan di jalur menuju air terjun. Warung-warung ini rata-rata menyediakan mie instan, gorengan, dan minuman botol maupun minuman hangat.

Wanawisata Coban Pelangi bisa juga dijadikan salah satu rest area setelah kita mengunjungi Bromo. Wisata ini bisa dinikmati berbarengan dengan explore ke Bromo, karena hanya membutuhkan sekitar 30 menit dari bukit Teletubbies di Kawasan Wisata Bromo.

Peta di Area Coban Pelangi.

Waktu itu hari Sabtu, saya memutuskan pergi mengunjungi air terjun Coban Pelangi bersama seorang kawan. Keinginan saya mengunjungi Coban Pelangi muncul ketika saya melintasinya usai dari Bromo pada bulan Juli lalu. Dan bersyukur, kurang dari dua bulan keinginan itu telah terwujud. Hehe.

Kami mengendarai motor dan berangkat dari rumah sekitar pukul 10.00. Kami tidak membawa persiapan khusus karena tujuan kami hanya mengunjungi air terjun saja untuk mengisi akhir pekan. Dan kami bermodalkan Google Maps untuk memandu hingga tiba di tujuan. Yang menjadi kenangan dalam perjalanan kami kemarin adalah ban motor bocor dua kali! Awalnya ban depan dan setelah dua per tiga perjalanan giliran ban belakang yang bocor! Hahaha! Untungnya masih ada tambal ban.

Si cantik Coban Pelangi.

Selain kita dimanjakan oleh air terjun yang menawan, kita juga disuguhi dengan pemandangan alam yang asri dan udara yang segar. Sungai yang menjadi aliran air terjun dan kita lewati dalam perjalanan bisa menjadi tempat yang menyenangkan untuk beristirahat sambil bermain air. Tempat ini cocok bila berwisata dengan keluarga, terutama bila membawa anak kecil.

Sambil berbincang santai sembari menuruni bukit, tak terasa kami telah tiba di air terjun. Melihatnya muncul di balik daun tamanan paku-pakuan memberi sensasi seperti menemukan harta karun atau memenangi sebuah kuis. Hehe. Alirannya deras dan kolam air terjunnya cukup dalam. Di sekelilingnya juga ditumbuhi tamanan liar yang rimbun sehingga pengunjung dilarang bermain air di area air terjun. Namun, percikan airnya bisa kita rasakan sejak dari radius sekitar 50 meter dari air terjun.

Jalan menuju lokasi air terjun.

Setelah puas menikmati kesegaran percikan air terjun dan berfoto, kami memutuskan untuk pulang. Akses jalan menuju air terjun sudah sangat baik dan tertata meskipun sudutnya cukup menanjak sehingga saat kembali ke atas, diperlukan tenaga lumayan cukup. Namun jangan khawatir, ada jasa ojek yang bisa mengantar pengunjung kembali ke atas, tarifnya hanya Rp15.000. Tapi jika ingin sambil berolah raga dengan tracking, sepanjang jalan juga ada kayu-kayu yang bisa difungsikan sebagai bangku untuk istirahat sejenak.

Selain air terjun, di Wanawisata Coban Pelangi juga terdapat “Rainbow Hill”. Tempatnya sejalur dengan jalan kaki menuju air terjun. Namun untuk ke Rainbow Hill perlu membayar lagi Rp10.000. Di sini, kita bisa bersantai dan berfoto dengan latar si Coban Pelangi dan barisan bukit di sisinya.

Menarik sekali kan, mengunjungi Coban Pelangi?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.