Mengupas Tuntas Barang Wajib Para Traveler, Sunscreen Atau Sunblock. Apa Bedanya?

0
1444
Jenis-Jenis Sunscreen (sumber: freepik.com)

Sunscreen, sunblock atau tabir surya adalah barang wajib bagi traveler. Apalagi kamu seorang traveler yang sering berkelana ke destinasi super panas. Tabir surya sebagai item penting saat traveling karena selain fungsinya yang melindungi kulitmu agar tidak menjadi gelap karena terbakar sinar matahari, tabir surya pun mencegah resiko penuaan dini, kanker kulit dan resiko kulit lainnya. Barang ini krusial jika dilewatkan. Lalu apa bedanya sunscreen dan sunblock? Bukankah keduanya sama saja?

Jika kalian mengetahui jika tabir surya memiliki dua jenis yang disebut chemical sunscreen dan physical sunscreen, mungkin istilah sunscreen dan sunblock akan membantumu. Mungkin ini juga membingungkan bagimu. Apa yang membedakan sunscreen dan sunblock?

Sunscreen atau chemical sunscreen adalah lotion yang bekerja sebagai filter sinar matahari. Saat kulit terpapar sinar matahari, lotion sunscreen akan menyerap panas matahari sebelum mencapai lapisan kulit. Sementara sunblock atau physical sunscreen adalah “tameng” kulitmu dari paparan sinar matahari. Karena pada saat kita apply sunblock ke kulit, sunblock akan bekerja dengan cara memantulkan sinar UVA dan UVB.

Dari segi tekstur, perbedaan physical dan chemical sunscreen cukup kentara. Biasanya, jika kita menggunakan chemical sunscreen tekstur yang terasa begitu lembut, tidak terasa tebal, mudah menyerap di kulit dan tidak meninggalkan whitecast. Sementara sunblock bertekstur tebal, lebih kental, dan kadang menimbulkan whitecast.

Namun deskripsi tekstur dari kedua sunscreen ini tidak paten ya! Karena sekarang di pasaran pun sudah banyak chemical dan physical sunscreen yang diformulasi agar teksturnya nyaman di kulit. Jika kulitmu berkondisi pori-pori rapat dan jarang bereaksi berlebihan saat menggunakan produk untuk kulit, chemical sunscreen sangat cocok untukmu. Namun, jika kulitmu berpori-pori besar, bermasalah, dan sering bereaksi saat menggunakan produk untuk kulit. Physical sunscreen sangat cocok untukmu. Walaupun umumnya physical sunscreen terasa greasy, kulit menjadi tebal dan meninggalkan whitecast. Jangan sampai berhenti menggunakan sunscreen! Kini sudah banyak physical sunscreen yang nyaman digunakan untuk kulitmu tanpa terasa berat.

 

Penulis: Nadia Khalishah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.