Mengunjungi Berbagai Gili di Lombok

0
200
Aktivitas yoga di Gili Kedis.

Ketika berbicara mengenai wisata pantai di Pulau Lombok pasti yang pertama muncul di pikiran kalian adalah Gili Trawangan. Padahal Lombok tidak hanya soal Gili Trawangan, dan 2 pulau disebelahnya yaitu Gili Meno, dan Gili Air. Lombok juga tidak hanya tentang wisata Lombok Utara saja. Perjalananku kali ini menjelajah Lombok Barat.

Wisata ke Lombok Barat ini bisa aku ketahui karena aku mengenal guide lokal dari perjalananku sebelumnya yaitu ke Rinjani. Nama guide itu adalah Zaini. Aku biasa memanggilnya dengan sebutan Bang Zaini. Tidak berbeda dengan Lombok Utara, wisata di sini juga terdiri dari 3 gili, yaitu Gili Nanggu, Gili Sudak, Gili Kedis. Sebagai tambahan info, arti gili itu sendiri adalah pulau.

Gili Nanggu

Pemberhentian pertamaku di Gili Nanggu. Begitu turun, aku cukup kaget karena aku baru tahu di sini terdapat beberapa bungalow yang disewakan. Benar-benar di luar radarku. Snorkeling yang menjadi aktivitas utama. Ada beberapa gazebo yang bisa dipakai secara umum untuk sekedar duduk-duduk menikmati pemandangan atau untuk meletakan barang. Sungguh indah pemandangan bawah lautnya. Terdapat penangkaran terumbu karang. Jadi, sepanjang kita memandang banyak sekali ikan-ikan karang. Mulai dari yang besar sampai yang kecil. Tentunya juga berwarna-warni.

Snorkling di Gili Nanggu.

Perasaan ini menjadi tidak ingin selesai-selesai. Betah sekali menjelajah meskipun itu berputar mengelilingi daerah yang sama. Betah sekali untuk bermain-main mengejar ikan. Untuk wisatawan di sini masih didominasi oleh wisatawan asing. Seperti biasa, mungkin wisatawan lokal sedang asik duduk bekerja mengumpulkan uang tanpa memberikan arti untuk hidupnya. Atau justru duduk bekerja sudah menjadi wisata dalam hidupnya.

Setelah dirasa cukup, aku kembali ke daratan. Tidak lupa kusempatkan waktu untuk berkeliling sebentar menjelajah sekitar. Di dekat bungalow terdapat jalan yang kalau aku ikuti ujungnya adalah penangkaran penyu. Sungguh terpuji apa yang dilakukan oleh penduduk di sini, menjaga kelestarian alam.

Gili Sudak

Kami menaiki kapal kembali menuju gili kedua. Gili Sudak adalah tempat kedua aku berlabuh. Jadwalku disini untuk makan siang. Tetapi tetap dipersilahkan untuk snorkeling apabila menginginkan. Aku pribadi tidak tertarik karena laut di sini cukup dalam. Aku ada rasa tidak nyaman ketika melihat laut yang dalam dan gelap. Setelah selesai makan siang, ada beberapa spot yang bisa dipakai untuk berfoto. Tidak aku lupa aku mengambil foto di sana.

Pemandangan dari Gili Kedis.
Gili Kedis

Tujuan yang terakhir adalah Gili Kedis. Menurutku ini adalah gili/pulau terkecil dibandingkan dua lainnya. Selain itu, di sini juga lebih terbuka seperti hanya gundukan pasir putih di tengah laut. Meskipun kecil, di sini banyak aktivitas yang dilakukan wisatawan, terutama wisatawan asing. Mereka ada yang melakukan yoga sambil menghadap ke laut, berbaring sambil berjemur, dan tentunya melakukan snorekling. Aku ikut mencoba snorkeling di sini. Menurut pendapat pribadiku, tetap lebih indah di Gili Nanggu. Terumbu karang dan ikan di sini sedikit. Dari sini kita bisa melihat beberapa penginapan yang ada di pulau utama. Penginapan yang sepertinya banyak orang tidak tahu bahkan aku sendiri tidak tahu. Lagi-lagi berada di luar radarku. Setelah dari sini aku perjalanan selesai dan kembali ke pulau utama.

3 Gili ini jauh lebih lestari dibandingkan 3 gili yang ada di Lombok Utara. Tidak ada sampah sedikit pun yang terlihat olehku. Pasir putih juga turut menghiasi dan menambah nilai lestari 3 gili ini. Pengalaman snorkeling di sini juga menambah daftar lokasi snorkling indah menurut pribadiku sendiri.

Mengunjungi 3 gili ini membuatku sadar bahwa banyak sekali keindahan Lombok yang belum terekspos. Mungkin banyak yang terekspos di kalangan wisatawan asing saja. Tetapi tidak untuk kalangan wisatawan lokal. Sehingga ketika aku ke sana yang kulihat wisatawan asing lebih mendominasi. Di manakah kalian wisatawan lokal?

Salam bangga wisata negeri sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.