Mengungkap Perkembangan Islam di Indonesia

0
629
(sumber: unsplash.com)

Bukan lagi rahasia jika Indonesia memiliki keaneka ragaman budaya, bahasa, dan yang paling signifikan adalah agama. Terlebih, Indonesia merupakan satu dari beberapa negara yang diduduki oleh mayoritas beragama islam. Islam sendiri diperkenalkan di dunia pertama kali sejak zaman Nabi Muhammad SAW hingga wafatnya pada tahun 632M dan penyebarannya terus dilakukan oleh para khalifah dan Dinasti islam lainnya.

Konon awal masuknya islam di Indonesia pertama kali saat Bani Umayyah mendaratkan pangkalan dagangnya di pantai barat Sumatera. Karena Indonesia sendiri merupakan negara yang sejak dahulu dikenal kaya akan rempah-rempah, tak heran jika Indonesia tidak pernah sepi dikunjungi oleh orang asing untuk berdagang. Tidak menutup kemungkinan berbagai pedagang muslim dari berbagai negara pun berbondong-bondong datang ke Indonesia. Diantaranya Arab, Gujarat, dan Persia.

Snouck Hurgronje, seorang penulis sekaligus penasihat colonial era Hindia Belanda mengungkapkan terdapat tiga alasan mengapa Gujarat diyakini menyebarkan ajaran islam ke Indonesia diantaranya, fakta yang membuktikan jika Bangsa Arab memiliki peran penyebaran islam di Indonesia sedikit, kemudian dalam hal perdagangan Indonesia dan India sudah menjalin hubungan erat sejak dulu, terdapat inskripsi tua mengenai islam di tanah Sumatera sehingga memberi bukti kedekatan antara Sumatera dan Gujarat.

Ajaran yang sudah sangat umum oleh sebagian umat islam di Indonesia ini dinyatakan sudah lama ada di Indonesia. Sejarawan Indonesia, Hamka mengungkapkan jika penyebaran islam sudah ada sejak abad ke 7 M sampai 8 M, hal tersebut didukung karena adanya jalur pelayaran yang jauh sebelum abad ke 13 M yaitu melalui jalur Selat Malaka yang menghubungkan Asia Timur, Asia Barat, dan Asia Tenggara. Selain itu, teorinya pun didukung oleh J. C. Van Leur yang mengungkapkan jika di Pantai Barat Sumatera di tahun 674 M ditemukan pemukiman Arab yang diperkirakan telah membangun serta berdagang di Indonesia sejak abad ke 4 M.

Adanya kesamaan budaya islam Indonesia dengan Persia pun merupakan satu teori dari Prof. Dr. Husein Jayadiningrat yang diyakini jika masuknya islam ke Indonesia karena berawal dari perkenalan budaya Persia ke Indonesia.

Terlepas dari berbagai macam teori islam yang telah masuk ke Indonesia sejak dulu, upaya penyebarannya pun beragam. Walaupun upaya penyebaran yang paling dominannya melalui perdagangan, namun ada juga upaya lainnya yang menjadikan Indonesia kini menjadi salah satu negara dengan penduduk beragama islam terbanyak yaitu dengan perkawinan, pendidikan, kesenian, hingga tasawuf. Pedagang muslim yang berdagang di Indonesia pun banyak yang pada akhirnya menetap lalu dibarengi dengan berdakwah dan membangun pemukiman. Selain itu, banyak pula pengusaha muslim yang menikah dengan warga lokal, membuat pondok pesantren, dan berdakwah dengan kesenian asli Indonesia. Sebut saja Sunan Kalijaga, yang berdakwah menggunakan Wayang sebagai media berdakwahnya. Ada pula yang menyebarkan ajaran islam dengan menyebarkan teosofi kepada warga lokal Indonesia.

 

Penulis: Nadia Khalishah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.