Mengintip Istana Gebang, Rumah Presiden Soekarno Sedari Kecil

0
603
Bagian belakang Istana gebang.

Sekitar dua kilometer dari wisata utama Kota Blitar yaitu makam Bung Karno terdapat satu komplek deretan rumah dengan arsitektur lawas yang kini lebih dikenal dengan istilah Istana Gebang. Dari bentuknya yang kuno, jelas bangunan ini menyimpan sejarah yang luar biasa yakni merupakan kediaman Sang Proklamator kita Soekarno ketika masih kecil beserta orang tua beliau. Selain saya ini pecinta hal-hal yang memiliki arsitektur jadul, saya juga penggemar hal-hal heritage dan sejarah! So, ketika ke Blitar Istana Gebang tidak akan saya lewatkan untuk ditelisik.

Setelah parkir, tampak depan berjejer empat bangunan lawas. Dari kiri merupakan semacam sanggar atau balai kesenian, bangunan utama Istana Gebang, dan dua bangunan lawas semacam rumah lainnya. Di sebelah kiri bangunan balai kesenian terdapat jajaran warung-warung yang menjual berbagai makanan dan minuman. Tepat di depan bangunan utama Istana Gebang terdapat patung Sang Proklamator alias Presiden pertama kita Bapak Soekarno.

Nah, bangunan utama bentuknya masih sama seperti dulu yaitu berbilik-bilik dan memiliki fungsi sendiri-sendiri. Awalnya masih kepemilikan ahli waris, namun sejak tahun 2011 sudah diambil alih oleh pemerintahan Blitar dan disulap menjadi kawasan wisata cagar budaya. Termasuk di dalamnya terdapat beberapa pemandu wisata yang menjelaskan seluk beluk bangunan beserta sejarahnya. Memasuki ruangan Istana, pengunjung disambut beberapa pegawai setempat untuk mengisi buku tamu dan segera berkumpul untuk mendengarkan penjelasan terkait bangunan Istana Gebang ini. Kebetulan yang saat itu pemandu wisata yang menjelaskan adalah Mbak Talita.

Suasana ruang depan Istana Gebang.

Kawasan ini merupakan rumah milik Raden Soekemi Sosrodiharjo serta Ida Ayu Nyoman Rai alias orang tua Soekarno. Sedari kecil Soekarno yang merupakan masih keturunan “bangsawan” tinggal di sini bersama orang tua dan kakak perempuannya Raden Soekarmini.

Di ruang utama, dinding setempat penuh dengan lukisan serta foto jaman dulu yanng menggambarkan keluarga Soekarno di masa kecil. Serta terdapat kursi dan meja kayu yang letaknya dibuat sama persis dengan aslinya, perkakas di sini jelas masih asli bukan replika loh travelovers! Memasuki ruang selanjutnya terdapat banyak barang-barang antik dan juga foto-foto Soekarno serta penghargaan-penghargaan beliau. Yang menarik bagi saya adalah terdapat jajaran foto Soekarno beserta para istrinya dalam bingkai yang berbeda-beda maupun foto anak-anak Soekarno.

Ruang tengah Istana Gebang yang sangat fotogenik.

Bagi saya, foto-foto silsilah keluarga Soekarno memang sangat menarik. Di ruang tengah ini adalah spot terbaik untuk travelovers berswafoto, interiornya unik ditambah furnitur yang klasik. Yang membuat saya teramat nyaman adalah bagaimana pemandu wisata setempat sangat tanggap ketika kita bertanya, menjadikan kawasan ini sangat bernilai edukasi tinggi. Kita juga bisa menelisik berbagai bilik-bilik atau kamar yang sudah lengkap dengan furnitur dan keterangannya masing-masing, ada kamar Soekarno penghuni lain rumah ini di masa lalu.

Salah satu bilik di Istana Gebang.

Di bagian belakang area Istana Gebang kita akan menemui bilik-bilik lagi dan juga terdapat kamar mandi juga dapur. Ya terang saja, bentuknya memang seperti rumah pada umumnya, kamar mandi dan dapur masih difungsikan sebagaimana mestinya hingga sekarang. Sebelum memasuki dapur travelovers bisa membeli aneka oleh-oleh yang disediakan oleh pengelola daerah berupa makanan ringan ataupun benda seperti pisau. Di bagian luar bangunan utama terdapat jajaran mobil-mobil kuno yang juga dipamerakan, spot ini juga merupakan area favorit para wisatawan.

Setelah usai berkeliling dan menghayati segala sejarah yang ada di sini, travelovers bisa juga berburu oleh-oleh di pintu masuk bangunan Istana Gebang karena juga menjual pin Bung Karno yang terbuat dari kuningan maupun hiasan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.