Mengintip Isi Molen de Gouden Engel, Kincir Angin Pembuat Tepung di Belanda!

0
768
Kincir Angin di Belanda.

Jam menunjukkan pukul 10 pagi waktu Belanda. Langit kota Alkmaar di hari Minggu ini terlihat sangat cerah, membuat saya bersemangat untuk mengunjungi suatu tempat. Jadilah saya mengambil sepeda dan mengayuhnya pelan menuju Molen de Gouden Engel alias Kincir Angin “The Golden Angel”, Alkmaar.

Belanda dan Kincir Anginnya

Ketika kita berbicara tentang Belanda, pastinya ada 3 hal yang terbayang di dalam pikiran kita: tulip, keju, dan kincir angin. Ya, sejarah telah mencatat bahwa keberadaan kincir angin telah melekat di negara ini sejak zaman dahulu kala sehingga tidak aneh jika Belanda dikenal dengan sebutan negeri kincir angin.

Saat ini, kincir angin memang digunakan sebagai pembangkit listrik. Bentuk bangunannya pun biasanya seperti menara tinggi yang kokoh dengan tiga buah baling-baling. Belanda sebagai negara yang dianugerahi angin yang berhembus cukup kuat memiliki banyak kincir angin sebagai pembangkit listrik yang tersebar di berbagai daerah. Namun tahukah kamu bahwa dulunya bentuk dan fungsi kincir angin di Belanda sangat berbeda dari yang ada sekarang?

Pemandangan dari atas kincir angin.

Dulu, kincir angin di Belanda tidak setinggi sekarang, hanya setinggi rumah tiga tingkat. Fungsi utamanya pun untuk mengangkat air supaya area sekitarnya bisa kering. Harap maklum, Belanda adalah negeri di bawah permukaan laut. Kincir digunakan di lahan persawahan untuk menguras dan membuang air ke kanal dengan tenaga angin. Selain menguras air, kincir angin juga bisa digunakan untuk industri, misalnya untuk menggiling gandum menjadi tepung.

Kincir Angin Pembuat Tepung

Molen de Gouden Engel adalah sebuah kincir angin yang digunakan sebagai tempat penggilingan gandum. Kincir angin ini pertama kali dibangun pada tahun 1866, kemudian direstorasi pada tahun 2008. Kincir angin ini masih beroperasi hingga sekarang lho! Lokasinya berada di Kanaaldijk 235/236 , 1831 BE Koedijk, hanya 13 menit dengan sepeda dari Stasiun Kota Alkmaar. Letaknya persis di sisi kanal Noord-Hollands, tidak jauh dari Jembatan Koedijker.

Lantai Ketiga, Ruang Penggilingan.

Bangunan Molen de Gouden Engel terdiri atas tiga lantai: lantai pertama digunakan sebagai toko, lantai kedua sebagai tempat pengemasan tepung, dan lantai ketiga sebagai tempat penggilingan gandum. Ruangan di dalam kincir angin ini tidak terlalu luas, namun juga tidak tergolong sempit. Pengunjung dapat memasuki bangunan dan mengakses ketiga lantai ini dengan membayar tiket sebesar 5 euro.

Meski ruangan di dalam kincir angin ini cukup luas, namun saya harus berhati-hati dengan tangganya. Untuk mengakses setiap lantai, saya harus melewati barisan tangga yang curam dan kecil sekali. Tangga ini hanya muat untuk satu orang, dan jika ingin turun harus digunakan dengan cara berjalan mundur agar kamu tidak terjatuh.

Mengintip Isi Kincir Angin
Lantai kedua, ruang pengemasan.

Di dalam ruangan di lantai tertinggi, saya bisa melihat susunan berbagai gir yang terbuat dari kayu dan bermuara di batu penggilingan. Berbagai gir ini saling terhubung satu sama lain, menghubungkan kincir di luar bangunan untuk menghasilkan putaran batu penggiling yang optimal untuk menggiling gandum. Kualitas tepung yang dihasilkan sangat bergantung dari konsistensi tekanan batu penggiling. Vitalnya tugas ini membutuhkan staff khusus untuk selalu mengecek kondisi batu penggiling. Sayangnya pada akhir pekan kegiatan penggilingan diliburkan sehingga saya tidak bisa melihat proses penggilingan gandum secara langsung.

Adapun ruangan di lantai kedua adalah ruangan pengemasan. Tepung yang telah selesai digiling akan turun di lantai ini untuk selanjutnya diayak dan disaring sebelum dikemas dalam kemasan berbagai ukuran. Karung dan kemasan berbahan kertas berbagai ukuran tertata rapi di ruangan ini.

Menikmati Produk Lokal
Berbagai produk lokal yang dijual di lantai pertama.

Lantai satu Molen de Gouden Engel diisi oleh sebuah minimarket dan café. Di sini kamu bisa membeli berbagai produk unggulan buatan Molen de Gouden Engel seperti kue kering maupun buah dalam toplesTepung organik yang digiling di kincir angin ini juga bisa kamu beli di sini lho! Kalau saya sih sebenarnya kurang berminat membeli tepung karena saya tidak bisa memasak kue, hehehe. Jadilah saya mengunjungi cafénya untuk membeli sepiring pie sambil menikmati cerahnya langit Alkmaar setelah lelah membedah Molen de Gouden Engel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.