Menginap Murah Meriah di Teduh Hostel Kota Tua Jakarta

Suasana lobi hostel.

Jalan-jalan ke Kota Jakarta pasti butuh penginapan yang murah meriah tetapi nyaman untuk ditempati. Tak hanya itu, letak yang tak begitu jauh dari kawasan wisata dan jalan raya membuat pilihan menginap harus benar-benar dipertimbangkan dengan matang.

Salah satu tempat menginap yang bisa dijadikan rujukan saat ke Jakarta adalah Teduh Hostel Kota Tua. Dari namanya saja, sudah tentu letaknya berada tak jauh dari kawasan wisata kota tua. Tepatnya, berada di Jalan Pintu Besar Selatan no. 82M Kota Administrasi Jakarta Barat. Hanya berjalan sekitar 5 menit, kita sudah sampai di kawasan kota tua, Halte Trans Jakarta Kota, dan Stasiun Jakarta Kota dari hostel ini. Saya saja hanya perlu menyeberang jalan dan melewati deretan ruko untuk sampai di penginapan ini. Teduh hostel Kota Tua berada di dalam area ruko tersebut.

Saya disambut oleh petugas hostel yang sangat ramah. Seorang pemuda berusia sekitar 20 tahunan yang langsung menanyakan apakah saya sudah booking atau belum. Saya pun lantas menyerahkan kertas booking-an saya beserta identitas diri seperti pada penginapan lain yang pernah saya inapi sebelumnya.

Kasur tidur yang nyaman lengkap dengan selimut.

Sambil menunggu, saya dipersilakan untuk duduk di sebuah kursi panjang yang berada di depan sebuah TV di lobi hostel itu. Ternyata, waktu check in saya masih sekitar 2 jam lagi. Jadi, saya merebahkan diri dulu di kursi panjang itu. Ada juga beberapa tamu dari Amerika Serikat yang juga tiduran di sana. Saya mengobrol dengan mereka dan sangat senang bisa menginap di hostel yang berharga hanya sekitar Rp 60.000 per malamnya ini.

Tak lama, saya pun dipersilakan masuk ke kamar saya di lantai 2. Sembari naik melalui tangga, saya melihat grafiti bertuliskan semangat untuk menjalankan hidup. Cukup unik. Saya lantas meletakkan tas dan sepatu saya di loker yang telah disediakan. Masing-masing kamar terdiri dari sekitar 30 bed susun. Saya kebetulan mendapatkan di bed atas.

Tak masalah saya mendapatkannya. Yang penting saya bisa tidur nyaman dan tenang. Saya lihat kasurnya sangat bersih dengan sprei putih dan cukup empuk. Lampu baca dan tempat untuk charger ponsel juga tersedia. Ada pula tirai penutup pada bed yang saya tempati. Kamar pun juga dillengkapi pendingin ruangan. Letaknya yang berada di dalam kompleks ruko membuat suasana hening sangat terasa. Padahal, tak jauh dari ruko ini membentang jalan protokol Jakarta yakni Jalan Pintu Besar Selatan yang mengarah ke kawasan Glodok dan Olimo.

Kamar mandi yang bersih.

Selepas merapikan barang, saya memutuskan mandi sore karena akan melihat sebuah konser mini di kawasan FX Sudirman. Saat saya menengok kamar mandinya, wah saya cukup terkesima. Bersih dan lengkap seperti penginapan dengan harga mahal. Bau harum semerbak dan bisa dibilang dibersihkan hampir setiap hari. Saya tak perlu lagi menggunakan sabun dan sampo pribadi karena telah tersedia di sana. Masing-masing lantai ada sekitar 3 buah kamar mandi yang digunakan secara bergantian. Kamar mandi ini terletak di bagian luar dari kamar yang dekat dengan tangga menuju lantai 2 dan 3.

Setelah puas melihat konser, sekitar jam 10 malam saya pun pulang. Rupanya, suasana masih ramai oleh tamu yang kebanyakan dari luar negeri. Mereka banyak menghabiskan waktu dengan mengobrol atau bermain aneka permainan yang telah disediakan. Ada ular tangga, uno, dan tentunya kartu remi. Ada pula di antara mereka yang membaca buku di perpustakaan mini yang ada di lobby hostel ini.

Oh ya, pengelola hostel ini juga menyediakan air panas, kopi, teh, susu, dan gula, yang bisa digunakan tamu untuk membuat minuman. Asal, mereka mencuci dan mengembalikan lagi peralatan makan dan minum di tempat yang telah disediakan. Pantry yang mereka sediakan bisa digunakan 24 jam penuh. Jadi, jika berkunjung ke Jakarta, rasanya hostel ini sangat cocok digunakan terlebih jika ingin berhemat.