Menginap Murah ala Hotel Berbintang di Omah Dieng Malang

Kolam renang yang luas.

Kalau ada acara staycation, saya sangat bersemangat. Walau acara menginap masih di dalam kota, tentu sensasinya berbeda dengan menginap di rumah sendiri. Kesempatan ini saya dapatkan beberapa waktu lalu saat saya mendapatkan voucher menginap gratis di sebuah guest house di Kota Malang.

Guest house tersebut benama Omah Dieng. Dari namanya, saya sudah yakin bahwa penginapan ini berada di daerah Dieng Kota Malang yang memang terkenal dengan kawasan hunian. Tepatnya, berada di Jalan Bukit Dieng Blok MA No. 5 Malang. Dari arah Dieng Plaza, hanya berjarak sekitar 1 km saja. Makanya, penginapan ini tak jauh dari pusat Kota Malang.

Meski tak jauh dari pusat kota, kawasan tempat penginapan ini berada di daerah lembah. Jadi, hawanya cukup sejuk dan cukup jauh dari keramaian. Makanya, saya sungguh senang mendapatkan kesempatan menginap di sini. Tak jauh dari rumah tetapi mendapatkan keheningan sehingga bisa sedikit melepaskan ketegangan akibat rutinitas yang saya lakukan.

Gazebo untuk bersantai.

Saya menginap bersama seorang rekan blogger dari Malang. Saat check in, suasana hening langsung terasa. Maklum, saat itu memang sedang hari libur. Saya disambut oleh seorang resepsionis yang ramah memberikan kunci kamar dan mengantarkan saya. Sembari menunggu sang resepsionis mencatat data diri kami, saya melihat beberapa kamar yang ada di guest house ini.

Ada kamar dengan single bed dan twin bed. Satu kamar dihargai sewa mulai dari 250.000 ribu rupiah. Saat masuk ke dalam kamar, saya langsung merasa nyaman. Kamarnya cukup bersih dengan ornamen lukisan bungan yang cantik. Seperti penginapan lain, tentu peralatan mandi yang lengkap sudah tersedia di atas meja.

Yang bagi saya membuat gembira adalah lemari pakaian yang cukup besar dan lega untuk menampung barang bawaan saya yang banyak. Terlebih, selepas saya menginap semalam di sini, saya harus segera menuju Kota Surabaya dan berlanjut ke Kota Yogyakarta. Jadi, mendapatkan almari dengan ukuran besar adalah suatu kebahagiaan.

Kami sebenarnya akan berenang di sore itu selepas check in. Kebetulan, kolam renang besar berada tepat di depan kamar kami. Sayang, hujan turun dengan deras yang membuat kami akhirnya memutuskan untuk tiduran di dalam kamar sambil memesan makanan dari ojek daring. Sebuah televisi yang berukuran cukup besar menemani kami sembari mengobrol seputar kehidupan sehari-hari.

Kamar single bed.

Selepas mandi dan hari sudah petang, hujan ternyata masih juga turun. Kami pun akhirnya memutuskan untuk duduk di gazebo yang berada di dekat kolam renang. Lampu temaram yang menerangi kami membuat suasana malam itu sangat syahdu. Saya tak mendengar keramaian Kota Malang meski saat itu tepat pada malam Minggu.

Esok harinya, barulah kami mencoba berenang di kolam besar. Ternyata cukup dalam juga. Lantaran saat itu pengunjung masih sepi, kami bisa menggunakan sepuasnya. Selepas berenang, kami pun makan pagi di ruang makan yang juga cukup besar. Pengelola menyediakan peralatan makan yang lengkap dan juga beberapa minuman hangat yang bisa dibuat oleh tamu. Wah saya semakin senang.

Beberapa keluarga yang baru tiba mulai memenuhi ruang makan itu. Dengan harga yang cukup murah, penginapan ini juga cukup terekomendasi terutama bagi keluarga yang akan berlibur ke Malang. Selain tempatnya nyaman, banyak fasilitas penunjang seperti taman bermain dan ruang pertemuan.

Sebelum meninggalkan penginapan, saya menyempatkan berfoto di beberapa taman juga berada di sekitar kolam renang. Suasana masih sangat sejuk. Kalau saja ada waktu, ingin rasanya saya tinggal lebih lama di sini.