Menghabiskan Sore di Pantai Lorena, Paciran, Kabupaten Lamongan

0
683
Senja di Pantai Lorena.

Paciran adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Lamongan yang menjadi pusatnya tempat wisata. Banyak tempat wisata yang bisa kalian kunjungi di sana. Jika kalian butuh tempat wisata edukatif, kalian bisa pergi ke Maharani Goa and Zoo. Jika ingin ke taman rekreasi, kalian bisa ke Wisata Bahari Lamongan. Nah, kali ini saya akan merekomendasikan salah satu wisata alam yang bisa kalian kunjungi di kecamatan Paciran, yaitu Pantai Lorena.

Pantai ini berada di Jalan Raya Paciran, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Satu arah dengan Wisata Bahari Lamongan dan Maharani Goa and Zoo. Nama Lorena sendiri merupakan singkatan dari bahasa jawa Lor e Penanjan yang berarti sebelah utaranya Desa Penanjan. Sangat mudah sekali untuk menemukan pantai ini, karena akan kalian melewati saat berkendara di jalur lintas utara.

Minggu lalu, saat berkunjung ke rumah saudara yang berada di Desa Penanjan, saya diajak jalan-jalan ke pantai ini. Saya ke sana saat hari mulai sore, tepatnya sesudah waktu ashar. Pantai ini memang cocok untuk bersantai dan beristirahat, karena banyak warung di pinggir pantai dengan view pantai yang indah.

Pengunjung Menikmati Sore di Pantai Lorena.

Untuk masuk ke pantai ini tidak dipungut biaya sepeser pun, parkir motor saja gratis, lho! Tidak disediakan parkiran khusus di sana, para pengunjung bebas memarkirkan kendaraan di pinggiran pantai atau di depan warung yang berjajar. Kami memilih untuk berhenti dan memarkir kendaraan di depan sebuah warung yang berjualan bakso, rujak, dan es siwalan.

Bukan tanpa sebab kami memarkir kendaraan di depan warung kecil tersebut, hal itu dikarenakan kami akan mencoba es siwalan, minuman khas Paciran sambil menikmati pemandangan laut. Warung ini memiliki tempat duduk berupa lesehan yang pas menghadap pantai.

Penasaran kan, siwalan itu seperti apa? Siwalan adalah buah yang bentuknya hampir seperti kelapa namun berwarna coklat tua. Merupakan tanaman dari jenis palma, tanaman ini hanya bisa kalian temui di pesisir utara Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Bali. Meski bentuknya besar, nyatanya isi buahnya kecil hanya sebesar bola tenis. Teksur buah lembut dan kenyal seperti jelly, rasanya hampir sama seperti air kelapa. Es Siwalan sendiri disajikan dengan air santan dan gula aren ditambah siwalan yang dipotong kotak-kotak. Rasanya tentu saja sanagt enak dan segar.

Menikmati Es Siwalan.

Setelah menghabiskan satu gelas es siwalan, kami memutuskan turun ke pantai untuk bermain dan menunggu matahari tenggelam. Berbeda dengan pantai pada umumnya, Pantai Lorena ini tidak didominasi oleh pasir pantai yang lembut berwarna putih, namun penuh dengan batu laut. Kami berjalan di atas batu dengan sangat hati-hati, karena ada beberapa batu yang ditumbuhi lumut sehingga menjadi licin.

Memiliki ombak yang sangat tenang, pantai di utara Pulau jawa ini aman untuk berenang dan bermain air. Sehingga tak usah heran bila melihat banyak pengunjung yang asyik menceburkan diri dan bermain air di laut. Selain berenang, hal unik yang bisa dilakukan adalah mencari ikan demgan serok. Kalian dapat meminjam serok yang digantung di pinggir pantai. Berbasis penyewaan dengan sistem kejujuran, jadi tak ada penjaga yang standby di sana.

Penyewaan Serok.

Untuk membayarnya kalian cukup memasukkan uang di kotak yang disediakan. Harga yang dipatok untuk serok besar adalah Rp. 10.000, sedangkan untuk serok kecil Rp. 7.000. Selain itu juga disediakan kantong plastik untuk menaruh ikan buruan kalian dan membawanya pulang. Kami mencari ikan di kumbangan-kumbangan air yang ada di cekungan batu. Banyak sekali ikan kecil yang terjebak di sana.

Setelah menunggu sambil mencari ikan, akhirnya datang juga waktunya matahari untuk tenggelam. Perpaduan warna langit yang selalu dinanti dan bikin kagum. Warna jingga yang keluar dan matahari yang berbentuk bulat. Tak butuh waktu lama untuk kami memgabadikan moment tersebut.

Tak akan pernah bosan memang untuk melewati sore di Pantai, apalagi Pantai Lorena yang manis ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.