Menghabiskan Akhir Pekan di Ancol Jakarta Utara

0
2317
Pantai Karnaval Ancol Jakarta Utara.

Sahabat semuanya kali ini saya akan bahas mengenai apa sih bagus nya Ancol atau dikenal dengan Taman Impian Ancol. Yuk simak berikut ini:

Ancol adalah sebuah kelurahan di kecamatan Pademangan, Jakarta Utara. Kelurahan ini memiliki kode pos 14430. Kelurahan Ancol memiliki penduduk sebesar 18.055 jiwa dan luas 577,28 Ha km2.

Kelurahan ini berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara, Pantai Laut Jawa di sebelah timur, pelabuhan Sunda Kelapa di sebelah barat, dan Sungai Tiram di sebelah selatan.

Ancol mengandung arti tanah mendidih berpaya-paya. Dahulu, bila laut sedang pasang air payau kali Ancol berbalik kedarat menggenangi tanah sekitarnya sehingga terasa asin. Wajarlah bila orang-orang Belanda zaman VOC menyebut kawasan tersebut sebagai Zoutelande. Tanah asin sebutan yang juga diberikan untuk kubu pertahanan yang dibangun di situ pada tahun 1656 (De Haan 1935:103 – 104).

Untuk menghubungkan Kota Batavia yang pada zaman itu berbenteng dengan kubu tersebut, sebelumnya telah dibuat terusan, yaitu Terusan Ancol, yang sampai sekarang masih dapat dilayari perahu. Kemudian dibangun pula jalan yang sejajar dengan terusan.

Pembuatan terusan, jalan dan kubu pertahanan di situ, karena dianggap strategis dalam dalam rangka pertahanan kota Batavia. Sifat strategis kawasan Ancol rupanya sudah dirasakan pada masa agama Islam mulai tersebar didaerah pesisir Kerajaan Sunda. Dalam Koropak 406, Carita Parahiyangan, Ancol disebut-sebut sebagai salah satu medan perang disamping Kalapa Tanjung Wahanten (Banten) dan tempat-tempat lainnya pada masa pemerintahan Surawisesa (1521 – 1535).

Dinosaurus Raksasa dari anyaman daun kelapa kering.

Banyak hal yang perlu sahabat ketahui di Ancol terdapat wahana yang namanya Dufan atau di kenal dengan nama Dunia Fantasi, tidak hanya dikunjungi oleh anak-anak tetapi remaja dan bahkan orang dewasa juga ikut loh keseruan Dufan. Nah kali ini kita bahas mengenai bagian luar nya Dufan alias Ancol ya sahabat.

Siapa yang tidak kenal dengan Ancol, Ancol merupakan tempat wisata yang kerap kali sering dikunjungi wisatawan lokal maupun non lokal dan bahkan sampai ke mancanegara. Tidak hanya di jadikan destinasi wisata akhir pekan keluarga, tempat berkumpul bersama sahabat, rekan kerja ataupun reuni akbar para jombloer sejati. Namun Ancol juga dikunjungi untuk acara Praweeding loh sahabat seperti pada kalangan artis kemarin, sebut saja Mas Vicky Prasetyo. Namun jangan minder orang biasa juga bisa kok merayakan praweeding disini.

Cable Park Ancol Jakarta Utara.

Di Ancol ini, jika sahabat pergi dengan kendaraan pribadi, baik motor atau pun mobil untuk parkir, sahabat pasti bakal ketemu pertama kali nih disini. Yup patung dinosaurus yang dibuat melalui anyaman dari daun kelapa yang kering loh sahabat. Cukup kreatif dan menarik untuk di kunjungi.

Sesampainya di tempat parkiran, sahabat semuanya akan menaiki Bus area dan itu Gratis loh sahabat semuanya, Di Ancol banyak terdapat tempat menarik dan bagus untuk di jadikan spot foto dengan menggunakan background seperti Pantai, Gedung dll.

Masih dalam Kawasan Ancol diluar konteks review Dufan, sahabat semuanya juga bisa menaiki Cabel Park pokoknya seru deh sahabat semuanya.

Harga Tiket Masuk Gerbang Ancol
Pintu Gerbang Ancol

Hari Senin – Jumat

Individu

Rp. 25.000,-

Mobil

Rp. 20.000,-

Motor

Rp. 15.000,-
Pintu Gerbang Ancol

Hari sabtu – Minggu / Libur

Individu

Rp. 25.000,-

Mobil

Rp. 20.000,-

Motor

Rp. 15.000,-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.