Mengenali Berbagai Macam Takjil Di Indonesia

0
1170
(sumber: sajiansedap.grid.id)

Takjil atau makanan pembuka saat buka puasa ramadhan merupakan hal yang perlu bagi sebagian Muslim, khususnya di Indonesia. Biasanya, beberapa jam sebelum buka, di sepanjang jalan terdapat banyak lapak yang menyediakan berbagai macam takjil, mulai dari kolak, bubur sumsum, gorengan, hingga berbagai kudapan manis lainnya. Takjil yang disunnahkan rasul dan para sahabatnya adalah kurma, bahkan disarankan saat berbuka, kita sebaiknya memakan sekitar 3 buah kurma.

Takjil pun di Indonesia eksistensinya tetap dilirik, dengan ragamnya jenis makanan di Indonesia, maka jangan terheran juga jika takjil di Indonesia tidak melulu kolak ataupun kurma. Takjil pun tidak melulu harus manis, karena banyak pula panganan buka puasa yang asin atau gurih. Berikut beberapa macam takjil di Indonesia.

Lapek Bugih – Riau

(sumber: okezone.com)

Kudapan buka puasa khas Riau ini sekilas akan tampak seperti kue Bugis. Lapek Bugih ini terbuat dari tepung ketan putih atau hitam yang kemudian diisi dengan kelapa parut dan gula merah yang biasanya disebut dengan unti. Rasa yang dihasilkan pun begitu manis serta teksturnya lengket. Konon, kudapan ini memang berasal dari tanah Bugis yang kemudian dikenalkan ke Riau oleh seorang pelayar.

Bubur Pedas – Medan

(sumber: arah.com/Nugie)

Bubur unik ini hanya ada saat bulan Ramadhan di Medan sebagai takjil. Rasanya yang unik mulai dari asin gurih saat menyentuh lidah dan kemudian ada sensasi pedas dari rempah-rempah, membuat bubur ini diincar setiap menjelang buka puasa. Penampilan dari bubur pedas ini memang sekilas tidak ada bedanya dengan bubur pada umumnya, yaitu bubur beras berwarna coklat yang samar, dilengkapi dengan taburan daging dan sayuran.

Bubur Kampiun – Padang

(sumber: sajiansedap.grid.id)

Takjil dari tanah Minang ini menjadi primadonanya takjil manis. Bisa dibayangkan manisnya kolak pisang atau candil, dipadukan dengan bubur sumsum, bubur kacang hijau, dan masih banyak lagi campuran lainnya. Kemudian dinikmati secara bersamaan. Bukan rasa yang ramai lagi bila dirasakan, namun rasa manis dan nikmat dari bubur kampiun ini begitu istimewa bisa dirasakan dalam satu sendok. Walaupun nampak mudah untuk dibuat, namun untuk memadukan seluruh ragam kudapan bubur kampiun ini tidak mudah, karena saat prosesnya, seluruh ragamnya harus dimasak secara bersamaan.

Jejongko – Bandar Lampung

(sumber: brilicious.brilio.net)

Di Bandar Lampung, Jejongko ini adalah resep warisan dari etnis Tionghoa yang pada akhirnya menjadi takjil favorit khas Bandar Lampung. Rahasia nikmatnya kue Jejongko ini kamu akan mendapatkan kue hijau Jejongko yang dibuat dengan alami, dimulai dari bahan dasarnya yang terbuat dari tepung sagu dan pewarna hijaunya dapat dari daun suji.

Bongko Kopyor – Gresik

(sumber: resepasik.com)


Buka puasa memang lebih segar jika makan es kopyor. Namun, di gresik, Bongko Kopyor memiliki bentuk yang berubah. Tidak lagi kopyor menggunakan gelas namun memakai daun pisang sebagai bungkus dari kopyor tersebut. Tak jarang beberapa Bongko Kopyor menggunakan roti sebagai pengganti karbohidrat.

 

Penulis: Nadia Khalishah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.