Mengenal Jenis Kartu-Kartu Transportasi Umum di Tokyo

0
262
Stasiun JR Line.

Tokyo merupakan sebuah kota metropolitan besar Jepang. Negara ini terkenal dengan kecanggihan teknologinya yang sudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat di sana. Tak terkecuali, transportasi umum di Tokyo sangatlah populer digunakan bagi seluruh kalangan masyarakat di sana. Beberapa di antaranya yang sangat populer adalah kereta. Lagipula, siapa sih yang tidak tahu shinkansen? Sebuah kereta cepat berbentuk seperti peluru dengan laju kecepatannya tinggi. Iya, itu buatan Jepang.

Shinkansen sendiri dipergunakan untuk perjalanan jarak jauh. Jadi, destinasi yang kelihatannya jauh dapat cepat ditempuh. Shinkansen bisa menembus 300km/jam, jauh lebih cepat dibandingkan dengan kereta di Indonesia yang masih sekitar 80 km/jam, beda bukan? Jika kita pergi dari Jakarta-Surabaya dengan shinkansen, perjalanannya dapat ditempuh dalam kurun waktu sekitar 2,5jam saja.

Kartu Tokyo Subway Free Pass.

Dalam perkotaan sendiri terdapat 2 jenis kereta, yaitu Metro Tokyo dan JR line. Metro Tokyo adalah kereta api jalur bawah tanah (subway), sedangkan JR line adalah kereta api jalur atas. Kedua kereta ini terintegrasi secara baik, jadi banyak jalur yang kita inginkan saat pergi ke suatu tempat. Terdapat banyak jalur dengan warna sebagai tanda pengenalnya. So, pastikan kalian bisa download aplikasi seperti Tokyo Subway Navigation, Tokyo Metro atau Tokyo Travel Guide. Aplikasi tersebut dapat memberi tahu kita jalur-jalur yang harus kita lalui apakah satu jalur, perlu transit dan sebagainya bahkan memberi tahu berapa ongkos yang perlu kita keluarkan.

Nah, berkenaan tentang biaya perjalanan, harga yang diperlukan berbeda-beda tergantung tujuan. Misalnya jika transit sesama jalur metro, kita tidak perlu membayar. Namun jika transit berpindah ke JR line maka dikenakan biaya lebih mahal, lalu masuk lagi ke dalam stasiun. Metro maupun line sebenarnya untuk kisaran harga sama saja, yang berbeda ketika kita melewati jalur line private, harganya lebih mahal.

Kartu SUICA.

Cara pembayarannya kita perlu ke machine yang bisa kita temui sebelum masuk gate pass. Nah kita pilih saja tujuan stasiun, lalu masukan uangnya. Namun tiket ini hanya bisa sekali pakai. Dalam arti lain, jika kita hendak pergi lagi atau arah pulang perlu membeli tiket itu kembali. Maka, ada 2 kartu yang sering dipakai oleh orang-orang sana yaitu SUICA dan PASMO. Kartu ini kerjanya seperti e-money seperti biasanya yang dapat digunakan untuk Metro/JR line, Bus, Vending Machine, atau toko-toko lainnya yang terdapat logo Suica atau Pasmo. Perbedaan dari kedua kartu ini hanya dari perusahaan yang mengeluarkannya saja, Pasmo oleh Tokyo Metro, sedangkan Suica oleh Japan Railway (JR).

Kedua kartu ini bisa kita temui di Bandara atau Counter loket stasiun-stasiun, dan Terminal Bus. Harganya yaitu 2000 yen dengan isi 1500 yen dan 500 yen sebagai deposit. Untuk Top Up bisa kita lakukan di vending machine/counter stasiun terdekat dengan jumlah minimal 1000 yen-20.000 yen. Selain memang untuk kereta, kita bisa juga gunakan untuk tranportasi bus. Memang akan lebih praktis dan wajib mempunyai ini jika tidak ingin repot, ketika kita berada di jalanan pun bisa kita pergunakan untuk beli minuman di vending machine.Tokyo sendiri kita ketahui banyak sekali vending machine berbagai varian minuman di jalanan. Ketika summer, minuman-minuman tersebut sangat laku. Terakhir bisa kita pergunakan untuk berbelanja bagi toko dengan logo kedua kartu ini, namun memang belum banyak.

Kartu PASMO.

Bagi kalian para turis, ingin mengelilingi Tokyo ada kartu lainnya yang rekomendasi untuk dipergunakan yaitu Tokyo Subway free pass. Kartu ini bisa kita pergunakan sepuasnya karena free pass  dan untuk harganya jauh lebih hemat bila. Apalagi jika kita sering berpergian. Harga kartu ini untuk 24 jam sebesar 800 yen, 48 jam 1200 yen dan 72 jam 1500 yen. Hemat bukan? Bila kita beli yang 72 jam berarti rata-rata sehari 500 yen yang seharga sekali perjalanan saja bila kita pulang pergi untuk satu destinasi. Eitsss…tapi perlu di ingat, kartu ini hanya untul jalur Tokyo Metro saja ya.

Terakhir, kartu-kartu tersebut hanya bisa kita gunakan di area Tokyo saja dan juga tidak bisa untuk JR line jarak jauh (Shinkansen). Kota-kota besar lainnya seperti Osaka mempunyai jenis kartu sendiri. Suica dan Pasmo bisa kita gunakan hingga 10 tahun loh! So kalau kita kembali lagi ke Tokyo gak perlu beli-beli lagi! Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.