Mengeksplorasi Air Terjun Fatuklamen Toti di Belu, NTT

1
1084
Mengeksplorasi Air Terjun Fatuklamen Toti.

“I just want to explore & know more about everything around me” 

Isabel Cardoso.

Pada Minggu, 2 Juni 2019, merupakan hari di mana saya dan teman-teman melakukan trip ke salah satu objek daya tarik wisata yang baru-baru ini Viral di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.

Lokasinya berada di Desa Asulait, Tastim, Kabupaten Belu, jaraknya sekitar 8 km dari kota Atambua dan dapat ditempuh sekitar 15 menit. Bersama 3 orang teman saya kami pun menuju lokasi, karena tempatnya yang masih baru dan belum ada campur tangan pihak berwajib, maka tidak ada fasilitas yang tersedia, namun di sekitar daerah Asulait terdapa t rumah dan lahan warga yang dijadikannya tempat parkir dan kita cukup membayar Rp. 5.000 agar motor kita dijaga, selain itu ada juga beberapa warga yang menjual snack serta minuman kemasan bagi pengunjung.

Kami memulai perjalanan kami pada pukul 12:15 setelah menitipkan kendaraan, karena kita harus menyebrangi kali demi kali untuk sampai ke Air Terjun Fatuklamen Toti, bagi pengunjung yang ingin ke sini kami sarankan untuk tidak mengunakan celana panjang dan sepatu, karena volume airnya mencapai betis kaki orang dewasa.

Pemandangan di Sekitar Air Terjun.

Kali pertama berhasil kami lewati, kemudian kami masih harus melewati jalan darat bebatuan dan kembali lagi menyebrangi kali. Ketika memasuki area kali kedua, seketika kami terpesona karena terdapat dua tebing kokoh yang mengapit kali sekilas terlihat seperti gerbang menuju suatu tempat dan bukan itu saja, setelah melewatinya kami lebih dibuat terpesona karena pemandangan alamnya mulai dari air sungai yang berwarna hijau tosca, bebatuan, pohon yang rindang, tebing-tebing kokoh yang entah di mana batasnya dan monyet-monyet yang bersuara dari kejauhan.

Bak surga tersembunyi, keindahannya tiada akhir kami kembali menemukan dua hingga tiga air terjun kecil yang bagus. Bayangkan saja, belum sampai tempat tujuan saja kita sudah terpesona, apalagi ketika sudah sampai di sana? Benar-benar alam ciptaan tuhan ini luar biasa.

Menikmati Keindahan Alam Sekitar.

Sepertinya alam belum puas membuat kami terpesona, buktinya saat hampir mendekati lokasi letaknya air terjun yang akan kami kunjungi, kami menemukan beberapa air terjun kecil yang tak kalah indah. Selain itu, view-nya benar-benar sangat indah, pohon rindang yang menaungi tempat ini membuat air terjun kecil ini sulit terlihat, untung saja saya dan teman-teman menelusurinya, dan di atas air terjun kecil ini kami menemukan lagi air terjun kecil yang lainnya. Dalam hati saya merasa bangga sekaligus terkagum dapat menemukan tempat-tempat semacam ini, setelah mengambil gambar kami pun melanjutkan perjalanan kami menuju tujuan kami, yaitu Air Terjun Fatuklamen Toti.

Setelah hampir 10 menit perjalanan dengan medan yang sama, akhirnya kami sampai juga, dan apa yang kami temukan di sana? Sebuah surga tersembunyi dengan air berwarna hijau tosca dan udara yang sangat dingin. Bukan itu saja, tapi tebing dan pohon di tempat ini makin menambah kesan luar biasa di mata kami. Ada beberapa pengunjung yang sedang berenang disitu dan sekali-kali mereka melakukan atraksi dengan melompat dari titik tertinggi turunnya air.

Kesempatan pun tak kami sia-siakan kami pun langsung ikut berenang, mengambil gambar, dan bermain air. Sungguh pengalaman yang luar biasa dan perjalanan jauh yang menantang semuanya akan terbayarkan saat kalian ke sini.

Sekian cerita trip saya kali ini, see you in next trip!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.