Mengejar Matahari Sampai Bendung Gerak Waru Turi

0
245
Menunggu matahari tenggelam di Bendung Waru Turi!

Kota Kediri memang memiliki berbagai destinasi wisata yang unik. Mulai dari wisata alam yang indah, taman dan hutan kota yang asri, situs dan candi yang menyimpan banyak sejarah, hingga kuliner penggoyang lidah bisa kamu temukan di Kota Tahu ini. Namun tahukah kamu tentang Bendung Gerak Waru Turi?

Kamu tidak salah baca kok, nama tempatnya memang Bendung Gerak Waru Turi. Bukan bendungan ya!

Istilah bendung ini berbeda dengan bendungan. Kalau kamu belum tahu, bendung atau pintu air adalah pembatas yang dibangun melintasi sungai untuk mengubah karakteristik aliran sungainya, sedangkan bendungan adalah bangunan dam yang didesain untuk membendung secara total aliran sungai hingga jutaan liter volumenya. Keduanya memang bisa difungsikan sebagai pencegah banjir dan pengatur irigasi, namun bendung tidak menampung aliran sungai seperti bendungan. Tapi ya tetap saja masyarakat kadang menyebut bangunan ini Bendungan Gerak Waru Turi.

Selamat datang di Bendung Waru Turi!

Sebagai salah satu kota yang dilintasi Sungai Brantas, pembangunan di Kota Kediri tentu dipengaruhi oleh keberadaan sungai tersebut. Salah satunya adalah Bendung Gerak Waru Turi ini. Dinamakan Bendung Gerak karena tipe bangunannya yang merupakan bendung gerak, sedangkan Waru Turi berasal dari dua wilayah yang irigasinya disuplai oleh bendung ini (Warujayeng dan Turi Tunggorono). Bendung yang memiliki panjang 159,8 meter serta lebar 74,5 meter ini berfungsi sebagai pengendali air Sungai Brantas, pengatur air irigasi, dan tentu saja sebagai tempat wisata!

Bendung Gerak Waru Turi ini sebenarnya terletak di dalam kawasan wisata lho! Tidak hanya Bendung Gerak, di dalam kawasan ini kamu juga bisa menemukan berbagai fasilitas wisata lainnya. Terdapat area pemancingan untuk kamu yang hobi memancing. Ada juga area perahu motor maupun sepeda air untuk kamu yang suka tantangan. Selain itu terdapat juga kolam renang, taman bermain anak, hingga kandang kijang. Tidak perlu khawatir dengan lokasi parkir, karena di dalam kawasan ini sudah tersedia tempat parkir yang cukup luas untuk motor, mobil, hingga bus. Oh ya, untuk memasuki kawasan ini kamu hanya perlu membayar tiket sebesar 5.000 rupiah saja lho!

Kawasan Wisata Bendung Gerak Waru Turi berada di Desa Gampengrejo, Kabupaten Kediri. Letaknya sekitar 10 km di utara dari arah Kota Kediri. Lokasinya cukup mudah dijangkau karena bisa diakses melalui jalan raya Kediri-Kertosono. Bila kamu datang dari arah Kota Kediri, bendung ini terletak di sebelah kiri.

Derasnya aliran Sungai Brantas.

Sebagai lokasi wisata alternatif, kawasan Bendung Gerak Waru Turi sangat cocok untuk dijadikan lokasi piknik bersama teman maupun keluarga. Ini terlihat dari banyaknya masyarakat sekitar yang datang pada hari libur maupun hari biasa untuk sekedar beristirahat menikmati megahnya pemandangan bendung gerak dan derasnya gemericik suara Sungai Brantas.

Kalau kamu ingin berkunjung ke kawasan ini sambil menikmati kuliner khas setempat, datanglah ketika ritual tahunan ikan mabuk sedang diadakan. Ritual ikan mabuk adalah suatu acara dimana pintu waduk–waduk yang membendung sungai Brantas (terutama di wilayah Blitar dan Tulungagung) sedang dibuka, sehingga ikan-ikan di sungai Brantas sedang melimpah-melimpahnya. Ketika acara tahunan ini berlangsung kamu bisa menemukan berbagai penjual ikan segar di kawasan ini. Mereka biasanya menjual ikan sungai dengan harga yang sangat murah, baik yang masih hidup hingga yang sudah siap untuk kamu santap!

Ssst, kalau kamu ingin mengambil foto yang paling bagus, ambillah foto ketika matahari terbenam. Kamu akan menemukan indahnya suasana mentari tenggelam di antara Bendung Gerak Waru Turi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.