Mengabadikan Keunikan Pasar Terapung Siring Kota Banjarmasin

1
365
Senyuman hangat dan bersahabat seperti inilah yang akan menyambut pengunjung Pasar Terapung.

Jalan-jalan ke Kalimantan Selatan, khususnya di Kota Banjarmasin yang dikenal dengan julukannya yang telah mendunia sebagai “Kota 1000 Sungai”, rasanya belum lengkap jika belum mampir untuk menikmati romantika eksotisnya Pasar Terapung berikut pernak-perniknya.

Sejauh ini di Kalimantan Selatan dikenal ada 3 (tiga) destinasi Pasar Terapung yang menawarkan sensasi dan eksotisme yang sedikit berbeda-beda, yaitu Pasar Terapung alami tertua yang berusia ratusan tahun di muara Sungai Kuin di tepian Sungai Barito, Pasar Terapung buatan di sekitar menara Pandang atau Siring Kota Sungai Martapura (keduanya terletak di Kota Banjarmasin) dan yang terakhir adalah Pasar Terapung Lok Baintan, di Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar yang sekarang sedang naik daun.

Pasar Terapung Wisata Banjarmasin
Ulun Himung Pian Datang.

Menikmati keunikan Pasar Terapung di Kalimantan Selatan, sebagai salah satu destinasi petualangan dan budaya terbaik di Indonesia dan dunia, merupakan salah satu moment yang tidak akan pernah terlupakan seumur hidup! Selain bisa menikmati keunikan salah satu produk budaya Sungai khas Suku Banjar yang telah ada sejak ratusan tahun lalu, di Pasar Terapung kita juga bisa menikmati keindahan landscape alam perairan dan hijaunya lingkungan Kalimantan yang memang dikenal sebagai paru-paru dunia.

Selain itu, keunikan proses interaksi dan transaksi didalamnya, ditambah dengan keramahan masyarakat Banjar, khususnya para pedagang yang akan selalu menyapa kita para pengunjung dengan senyuman hangat dan bersahabat khas masyarakat pedesaan di pedalaman Kalimantan, menjadikan Pasar Terapung selalu ngangenin bagi siapapun yang pernah melihat dan mengunjunginya. Nggak Percaya….? Yuk jalan-jalan ke Banjarmasin…

Pasar Terapung Wisata Banjarmasin
Salah satu proses berinteraksi yang unik di Pasar Terapung.

Karena itulah, kalau berkesempatan mengunjungi sekaligus menikmati eksotisnya Pasar Terapung di Kalimantan Selatan, jangan sampai lupa membawa kamera atau alat perekam video! Karena banyak moment-moment special yang hanya bisa di nikmati di Pasar Terapung, menanti anda!

Minggu Pagi di Pasar Terapung Siring Tendean

Bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana Pasar Terapung, pasar rakyat khas Kalimantan Selatan, tapi mempunyai keterbatasan waktu! Jangan kuatir, berbeda dengan Pasar Terapung alami di kawasan Kuin dan Lok Baintan yang jam operasionalnya relatif singkat dan terbatas (harus berangkat pagi buta atau pagi subuh dan biasanya bubar ketika matahari mulai beranjak terang), Pasar Terapung buatan di kawasan Siring Tendean yang berada di tengah Kota Banjarmasin bisa menjadi alternatif pilihan.

Pasar terapung buatan yang digagas oleh Pemerintah Kota Banjarmasin ini, relatif lebih “mudah” untuk dinikmati. Selain berada tepat di tengah Kota Banjarmasin, sehingga mudah untuk dijangkau oleh wisatawan, di kawasan wisata sungai terpadu ini juga terdapat beberapa destinasi lain yang tidak kalah menariknya untuk di eksplorasi, sebut saja menara pandang, yaitu bangunan bertingkat tiga yang telah menjadi salah satu ikon wisata di Kota Banjarmasin. Dari menara yang juga menjadi salah satu pusat aktifitas  seni budaya masyarakat ini kita bisa melihat landscape Kota Banjarmasin dari ketinggian.

Banjarmasin Pasar Apung
Turis asing sedang mengabadikan semarak pagi di Pasar Terapung.

Bagi wisatawan yang penasaran ingin menikmati musik khas masyarakat Banjar, yaitu musik panting. Disini, tiap minggu pagi biasanya akan unjuk kebolehan beberapa grup musik panting yang tampil bergantian tiap minggunya. Disini wisatawan akan disuguhi berbagai lagu daerah khas Banjar, tapi jangan kuatir! selain lagu daerah berbahasa Banjar, wisatawan juga bisa request lagu kok, asal grup pantingnya familiar dan bisa memainkan lagu yang diminta. Tidak hanya itu, wisatawan juga bisa ikut menyumbang suara  alias menyanyi dengan diiringi alunan musik panting lho! Sensasinya pasti asyik dah! Mau coba….?

Pentas seni musik panting, musik khas masyarakat Banjar

Kawasan wisata terpadu di tengah Kota Banjarmasin ini, bisa dibilang lengkap. Selain menyajikan wisata budaya seperti yang saya sebutkan diatas, dari lokasi Pasar Terapung ini jika kita memandang kearah seberang akan tampak Masjid Raya Sabilal Muhtadin yang dikelilingi oleh hutan kota yang hijau menyegarkan. Masjid kebanggaan masyarakat Banjarmasin dan Kalimantan Selatan yang juga menjadi salah satu Masjid tercantik di Indonesia ini mempunyai kubah yang unik,  yaitu mengadopsi bentuk tanggui atau topi khas masyarakat Banjar.

Tidak jauh dari menara pandang, berjarak sekitar 500 meter Kota Banjarmasin juga mempunyai ikon wisata yang juga tidak kalah menariknya, yaitu patung Bekantan raksasa atau si monyet Belanda berhidung mancung, mungkin anda mengenalnya sebagai lambang dari Dufan Jakarta.

Pasar Apung
Warna-warni pasar terapung yang memikat.

Jika masih belum puas, wisatawan bisa juga langsung berinteraksi dengan air Sungai Martapura dengan cara berkeliling Kota melalui jalur sungai dengan menyusuri Sungai Martapura dan ratusan anak sungai yang membelah Kota Banjarmasin. Untuk paket wisata yang satu ini, Pemerintah Kota Banjarmasin telah mempersiapkan sekitar 35 titik destinasi wisata yang bisa dikunjungi, mulai dari wisata kuliner, sejarah, religi, budaya dan tentunya ekosistem alam khas Kalimantan Selatan. Anda penasaran dan tertarik untuk mencoba? Yuk jalan-jalan ke Banjarmasin!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.