Menelusuri Ribuan Mata Air di Kota Air Saijo

0
451
Salah Satu Uchinuki.

Ehime merupakan sebuah prefektur yang terletak di Pulau Shikoku, pulau terkecil dari empat pulau utama Jepang. Sebagai prefektur yang terkenal dengan hasil alamnya, prefektur ini tentu memiliki berbagai wisata alam menarik yang masih tersembunyi dan jarang didatangi, terutama oleh wisatawan mancanegara. Ditambah lagi masyarakat Jepang terkenal dengan kehidupannya yang begitu menjaga alam, baik itu pedesaan maupun perkotaan. Saijo adalah salah satunya.

Kuil ini dulunya ada di pinggir laut, lho!
‘Kota Air’ Saijo

Saijo merupakan sebuah kota di Prefektur Ehime yang terletak sekitar 52 km di sisi timur kota Matsuyama. Kota ini terletak sangat dekat dengan gunung tertinggi di Pulau Shikoku, Gunung Ishizuchi. Menurut data, sebagian besar wilayah Kota Saijo sebenarnya berdiri di atas tanah alluvial yang berasal dari Sungai Kamo (Kamogawa) yang berhulu di Gunung Ishizuchi. Ditambah lagi, sebagian wilayah pesisir Saijo adalah hasil reklamasi. Kota ini jarang menjadi destinasi wisata mancanegara karena letaknya cukup tersembunyi. Padahal, kota yang dikenal oleh masyarakat Jepang dengan industri kertasnya ini memiliki sebuah keistimewaan tersendiri hingga dijuluki sebagai “Kota Air” lho!

Julukan Kota Air yang dimiliki Saijo bukan tanpa alasan. Di balik tanah Saijo yang subur terdapat aliran sungai bawah tanah yang cukup dalam dan mengalir deras. Aliran air yang berasal dari Gunung Ishizuchi ini mengalir cukup deras hingga mampu menyembur di berbagai titik di wilayah kota!

Jangan berjalan-jalan untuk meghitung Uchinuki. Tidak akan ada habisnya!
Uchinuki yang Ada Dimana Saja

Berbagai titik semburan mata air ini oleh penduduk setempat diberi nama Uchinuki. Kamu bisa menjumpai Uchinuki di berbagai lokasi di Kota Saijo, mulai dari stasiun kereta api, taman, perumahan, hingga di pinggir jalan raya! Seluruh Uchinuki ini dirawat dengan baik oleh masyarakat dan pemerintah setempat. Biasanya setiap Uchinuki sudah dibentuk dan dihias hingga seperti air mancur mini. Adapun air dari setiap Uchinuki sudah diatur agar mengalir menuju sungai di sekitarnya. Jangan tanyakan tentang kebersihan sungai di Kota Air ini. Saking jernihnya, beberapa saluran air dan danau di Kota Saijo dijadikan tempat tinggal sekumpulan ikan koi.

Air yang muncul dari Uchinuki ini berasal langsung dari sungai bawah tanah Gunung Ishizuchi, sehingga bisa kamu minum langsung meski tanpa melalui proses desinfeksi. Bahkan air di kota ini merupakan salah satu air yang paling berkualitas di Jepang lho, karena sangat kaya akan mineral dan oksigen. Kalau kamu sedang jalan-jalan di Saijo dan merasa haus, kamu bebas mengambil air dari Uchinuki dengan tumbler-mu. Daripada harus mahal-mahal beli di vending machine kan? Hehehe.

Ssst, meski lokasi mata air ini terlihat acak, namun sebenarnya pemerintah setempat sudah “merelokasi” beberapa mata air agar letaknya lebih rapi lho. Misalnya, ada jalur bernama Aqua Route yang memungkinkanmu untuk berjalan kaki sambil menikmati indahnya pohon ume, sungai yang jernih, dan Uchinuki yang bisa kamu temukan sepanjang perjalanan. Unik ya!

Kalau airnya bersih, saluran air pun bisa dijadikan tempat tinggal ikan koi
Vitalnya Air Bagi Saijo

Keberadaan air yang mengalir di bawah tanah Kota Saijo ini sangat vital bagi masyarakat setempat. Selain dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, air yang jernih di kota ini juga dapat dimanfaatkan untuk industri kertas. Ya, setiap industri kertas memang membutuhkan air bersih untuk membuat kertas berkualitas tinggi. Selain itu pabrik Coca Cola dan Asahi (perusahaan bir yang terkenal di Jepang) juga dibangun di Kota Saijo, memanfaatkan sumber daya air jernihnya yang begitu berlimpah.

Dengan adanya ribuan Uchinuki yang terus memancarkan air jernih, tidak heran jika Saijo dijuluki “Kota Air”. Tertarik untuk mengunjungi kota ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.