Menelusuri Ratusan Penari di Taman Gandrung Terakota Banyuwangi

0
78
Ratusan penari di taman gandrung terakota.

Taman Gandrung Terakota terletak di Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi. Lokasi taman ini masih satu wilayah dengan Jiwa Jawa Ijen Resort sehingga lokasinya berada di kaki Gunung Ijen. Untuk dapat mencapai ke taman ini Anda dapat  menggunakan kendaraan pribadi dari pusat kota Banyuwangi sekitar 30 menit. Anda dapat mengikuti petunjuk arah menuju Jiwa Jawa Ijen Resort jika sudah mendekati lokasi atau bertanya langsung dengan warga lokal. Lokasi taman ini tidak terlalu jauh dari jalanan raya tetapi harus melewati sebuah desa terlebih dahulu untuk dapat mencapai taman ini.

Menelusuri Ratusan Penari di Taman Gandrung Terakota

Masih ingat dengan cerita KKN desa penari yang selalu dikaitkan dengan kota Banyuwangi? Namun Taman Gandrung Terakota ini bukanlah tempat yang dimaksud dalam cerita itu ya. Nama taman ini diambil dari nama tarian yang sakral di Banyuwangi. Tari tersebut adalah Tari Gandrung yang merupakan tarian tradisional sebagai wujud rasa syukur kepada dewi padi atas hasil panen padi yang melimpah.

Terakota sendiri merupakan nama bahan yang digunakan untuk membuat patung-patung penari ini. Semua penari yang terdapat di taman ini bukanlah penari asli tetapi patung yang terbuat dari tembikar yang merupakan nama lain dari terakota. Patung-patung penari yang berada di Taman Gandrung Terakota memiliki gerakan tari yang berbeda setiap kumpulan patungnya. Anda dapat mulai menemui patung penari gandrung setelah memasuki pintu masuk.

Petunjuk di taman gandrung terakota.

Dari pintu masuk Anda akan diarahkan menuju perswahan di mana patung-patung para penari tersebut berada. Peletakan penari Gandrung berada di area persawahan sebagai simbol bahwa tarian ini merupakan tarian untuk menyambut rasa syukur atas hasil panen padi. Jadi Anda dapat menikmati ratusan penari sembari menikmati pemandangan sawah yang masih asri.

Tidak hanya bisa menikmati para penari saja tetapi Anda juga dapat menikmati fasilitas lain yang disediakan pengelola taman. Di dalam area taman terdapat pendopo utama yang berada di depan pintu masuk. Pendopo utama menyajikan informasi mengenai tarian Gandrung dan peralatan-peralatan yang dibutuhkan petani untuk merawat sawah. Di sini Anda dapat melihat lesung besar yang biasa digunakan untuk menumbuk padi. Taman ini juga dilengkapi dengan amfiteater yang megah yang biasa digunakan untuk menggelar berbagai pertunjukkan. Salah satu pertunjukkan rutin yang sering digelar yaitu Festival Lembah Ijen yang menyuguhkan sendratari Gandrung.

Jadi selain melihat ratusan patung penari, Anda juga dapat melihat langsung sendratari Gandrung ini. Pertunjukan ini tidak digelar setiap hari akan tetapi pada tanggal tertentu yang telah ditetapkan oleh pengelola. Aneka oleh-oleh dengan desain gambar penari serta oleh-oleh lain khas Banyuwangi seperti kopi juga tersedia di sini. Taman ini menyediakan tempat khusus untuk memasang oleh-oleh khas yang dapat dibeli langsung oleh pengunjung. Roemah Tjokelat merupakan tempat yang pas untuk menikmati olahan coklat yang ditawarkan di taman Gandrung Terakota. Taman Gandrung Terakota berada di atas perbukitan sehingga udaranya masih sangat segar.

ratusan penari yang tersebar di sawah.
Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Taman Gandrung Terakota buka setiap jumat sampai minggu dari pukul 8 pagi hingga 10 malam sedangkan hari senin sampai kamis buka dari pukul 8 pagi sampai 7 malam. Harga tiket untuk masuk ke taman ini adalah Rp 10.000.

Ketika Anda ke taman ini jangan lupa untuk sempatkan foto dengan bergaya layaknya seorang penari Gandrung akan tetapi yang perlu diingat jangan sampai menyentuh patungnya langsung dan tidak melewati pagar pembatas ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.