Menelusuri Keindahan Terasering Panyaweuyan, Majalengka

0
1822
Terasering Panyeweuyan.

Majalengka? Mungkin daerah ini tidak seterkenal Cirebon atau Bandung, tapi bukan berarti Majalengka tidak memiliki tempat wisata yang indah, lho! Ada sangat banyak objek wisata yang keren di Majalengka, salah satunya adalah Terasering Panyaweuyan. Orang-orang menyebutnya Panyaweuyan, ada juga yang menyebutnya Panyaweungan. Apa itu Terasering Panyaweuyan?

Terasering Panyaweuyan adalah sebuah objek wisata yang bercorak agrowisata, objek ini populer di kalangan warga dan traveller sekitar Majalengka. Agrowisata di objek ini sangat terasa, karena perkebunan dan aktivitas warga lokal yang sebagian besar petani. Sehingga, di sini kalian bisa menikmati landscape pemandangan yang indah sampai belajar mengelola tanaman dari warga lokal. Tertarik berwisata ke Panyaweuyan?

Pada hari Selasa, 7 Mei 2019, saya menjelajahi area sekitar Majalengka dan berkunjung ke Terasering Panyaweuyan. Berangkat dari arah Cirebon sekitar pukul 05:00, menembus jalanan pedesaan dan udara dingin, saya berangkat menggunakan sepeda motor. Walaupun begitu, suasana dan mood perjalanan menjadi lebih menyenangkan! Terasa sekali suasana Majalengka.

Pemandangan Terasering Panyaweuyan.

Setelah melewati jalan yang menanjak terjal dan jarak yang cukup panjang, saya akhirnya sampai di area Panyaweuyan. Pada pukul 06:00, udara pegunungan terasa masih dingin. Saya memarkirkan motor di area parkir, lalu berjalan ke arah terasering. Pagi itu, loket dan petugas yang menjual tiket masih belum datang, jadi saya langsung menuju sebuah bukit terasering.

Pengunjung harus berjalan kaki sekitar 5 menit dengan jalur yang lumayan menanjak. Lalu sampailah di tempat tinggi, tempat di mana view Panyaweuyan bisa terlihat secara penuh! Spot ini cocok sekali untuk menikmati matahari pagi yang baru saja terbit. Sekitar pukul 06:30, matahari mulai muncul secara penuh dari balik bukit. Momen pagi yang indah dan berharga! Nikmatnya lagi, pagi itu tidak ada wisatawan lain, sehingga suasana asri dan tenang benar-benar terasa.

Aktivitas Warga Lokal di Terasering Panyaweuyan.

Hamparan tanaman, bentuk jajaran tanaman yang simetris, matahari yang menyinari pedesaan, sangat banyak pemandangan unik di sini yang menurut saya paling unik adalah kita bisa mengamati kegiatan warga lokal. Di sepanjang area Panyaweuyan, kita bisa mengobrol atau sekedar memperhatikan petani yang sedang bercocok tanam.

Hal yang membuat terasering ini istimewa adalah view-nya yang terasa alami, udara yang jernih, dan kesan pedesaan yang masih benar-benar asli. Jika objek agrowisata lain memiliki kesan uang “dibuat-buat”, maka Terasering Panyaweuyan menawarkan kesan lain. Bahkan, semenjak kita melangkah pertama ke area ini. Jadi, untuk kalian yang tertarik mengeksplorasi area Majalengka, jangan lupa mampir ke Terasering Panyaweuyan!

Akses, Fasiitas, dan Momentum.

Terasering Panyeweuyan.

Akses menuju Terasering Panyaweuyan lumayan sulit. Walaupun begitu, pada beberapa aplikasi navigasi sudah tersedia dengan akurat. Tetapi, fasilitas jalan dan medan yang terjal memang lumayan menantang. Jadi, coba cek kembali kendaraanmu sebelum berwisata ke Panyaweuyan. Lalu, untuk fasilitasnya lumayan baik, walaupun masih cukup sederhana. Ada toilet, mushola, dan tempat parkir baik untuk mobil maupun motor. Memang, karena letaknya di pedesaan, maka infrastuktur dan fasilitas untuk wisatawan masih sederhana. Tetapi, sudah cukup baik dan cukup terawat. Harga tiket masuknya sendiri sebesar Rp. 5.000 per orang.

Momentum yang paling cocok untuk mengunjungi Panyaweuyan adalah ketika matahari terbit. Sekitar pukul 05:00-08:00, karena udara menjadi terik pada pukul 08:00 sampai siang. Lalu, waktu kedua adalah ketika matahari terbenam, yaitu sekitar pukul 17:00-18:00. Nah, momentum tersebut juga cocok banget buat kalian yang hobi fotografi, karena waktu yang tepat akan menghasilkan foto yang berkualitas.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo ke Terasering Panyaweuyan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.